Ini Jenis-Jenis Loster Minimalis yang Cocok untuk Bangunan Rumahmu!

Author -  Nidaur Rahmah

Desain rumah yang indah tentu menjadi idaman bagi semua orang. Selain penggunaan warna cat yang tepat, kamu juga harus pintar dalam memilih jenis material tertentu sehingga tampilan estetika pada sebuah ruangan akan menarik, homey, dan nyaman. Salah satu yang dapat kamu lakukan adalah dengan memilih loster minimalis pada ruang atau area tertentu.

Selain sebagai ventilasi dan juga sumber cahaya, loster juga dapat meningkatkan penampilan desain sebuah rumah. Apalagi untuk saat ini semakin banyak desain loster yang unik dan menarik di pasaran. Kamu dapat menyesuaikannya dengan tema desain rumah. Sebagai contoh, jika kamu mengusung tema alam, maka kamu dapat mengaplikasikan loster yang terbuat dari batu alam atau juga dapat memilih loster kayu untuk tampilan rumah-rumah minimalis.



Deskripsi tentang Loster

Loster atau roster adalah sebuah material bangunan yang berbentuk persegi atau persegi panjang dengan disertai motif berlubang yang berfungsi sebagai ventilasi pada dinding bangunan.

Dengan perkembangan dunia konstruksi yang semakin pesat saat ini loster bisa terbuat dari berbagai bahan seperti kayu, batu alam, semen, keramik, GRC board, dan fiber. 

Banyak bangunan, termasuk rumah, yang memilih untuk menggunakan loster minimalis. Kamu bisa memilih beragam jenis loster dengan berbagai bentuk dan ukurannya.

Loster tidak hanya dipasang di ruang utama sebuah bangunan rumah, namun biasanya juga dipasang di beberapa ruangan seperti kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan sudut-sudut ruangan lainnya. 


Fungsi Loster



Dulu loster hanya diaplikasikan pada area sekitar pagar atau bagian atas jendela sebuah rumah. Akan tetapi, seiring dengan fungsinya yang semakin berkembang mengikuti tren desain sebuah hunian, saat ini loster banyak digunakan pula sebagai aksen dekorasi baik pada bagian eksterior maupun interior sebuah bangunan. 

Nah, berikut ini adalah fungsi loster yang mungkin jarang diketahui oleh kebanyakan orang, yaitu sebagai berikut:

1. Sebagai ventilasi

Fungsi pertama dari sebuah loster minimalis adalah sebagai ventilasi atau angin-angin rumah. Keberadaan ventilasi pada sebuah bangunan sangatlah penting karena udara yang ada di dalamnya harus mengalir dan berganti. 

Hal ini penting agar kesehatan penghuni rumah terus tetap terjaga. Dinding beton dapat membuat udara di dalam rumah pengap dan panas, itulah mengapa sebaiknya sediakan beberapa space untuk pemasangan ventilasi loster minimalis pada rumahmu.

2. Sebagai partisi antar ruangan

Apakah beberapa ruangan yang ada di dalam rumah kamu memiliki ukuran yang besar, dan berencana untuk dijadikan beberapa fungsi ruangan yang berbeda? Nah, solusinya adalah kamu dapat menggunakan loster minimalis ini sebagai partisi untuk membatasi kedua ruangan yang akan dibentuk tersebut. 

Kamu dapat memilih loster yang terbuat dari kayu, GRC board, dan bahan lainnya yang ukurannya tidak terlalu tebal.

3. Sebagai Tata Pencahayaan Interior Ruangan

Loster juga bisa difungsikan sebagai sumber cahaya alami. Penempatan loster pada posisi yang tepat dengan arah datangnya sinar matahari dapat meneruskan cahaya alami tersebut pada waktu tertentu. Jika kamu menginginkan agar sinar matahari banyak masuk ke dalam rumah saat pagi hari, maka ventilasi loster bisa diaplikasikan pada dinding bagian timur rumah.

Rumah dengan desain minimalis, peran pencahayaan sangatlah penting. Terutama untuk membuat suasana ruang keluarga dan tempat makan terasa lebih nyaman dan santai. Baik sumber cahaya alami maupun buatan memiliki fungsi sangat penting sehingga perlu diperhitungkan dengan baik agar menghasilkan desain rumah minimalis yang homey.

4. Sebagai ornamen dekoratif dinding

Loster Belakang Rumah dekat Kolam Renang

Fungsi selanjutnya dari loster minimalis adalah dapat digunakan sebagai ornamen dekoratif pada dinding ruangan. Kamu dapat mengaplikasikannya pada halaman depan, belakang ataupun samping rumah, yang mana secara langsung akan memberikan menjadi point of interest tersendiri bagi yang memasuki ruang tersebut.

Jangan lupa untuk memilih motif dan warna yang sesuai dengan gaya desain rumah kamu.

5. Sebagai pembatas balkon

Jika kamu merencanakan untuk membangun rumah dua lantai, maka kamu dapat mengaplikasikan loster ini untuk dipasang pada teralis balkon yang berfungsi sebagai pengaman. Untuk memberikan tampilan yang berbeda dan nampak indah, gunakanlah loster minimalis untuk memagari area balkon tersebut.


Jenis-Jenis Loster Minimalis Hasil Pabrikan



Seperti yang telah disinggung pada paragraf sebelumnya, loster dapat dibuat dari berbagai bahan. Nah, berikut ini adalah jenis-jenis loster bedasarkan bahan material yang digunakan yang ada di Indonesia:


1. Loster kayu




Loster kayu merupakan lubang angin yang terbuat dari bahan kayu. Kelebihan loster kayu adalah bahannya lunak sehingga mudah untuk diolah menjadi berbagai motif ukiran yang indah dan detail. 

Untukmu yang menyukai rumah dengan gaya tradisional, loster kayu ini sangat cocok dijadikan pilihan.

Sementara itu kekurangan dari loster kayu adalah sangat rentan terhadap cuaca dan pembusukan. Apalagi serangan rayap membuat loster kayu cepat rusak. Untuk mencegahnya, kamu dapat memilih loster kayu yang sudah dilapisi dengan finishing. Dan jangan lupa, untuk memilih loster kayu yang terbuat dari bahan yang kuat, seperti kayu jati misalnya.


2. Loster bata tanah liat




Loster bata adalah lubang angin yang terbuat dari bata atau tanah liat. Untuk kamu yang menyukai tampilan khas klasik, dapat memilih loster jenis ini.

Loster bata ini sedikit lebih kuat dari batako namun masih rentan terhadap cuaca dan lumut.

Karena tempilannya yang klasik, loster ini cocok dipasang pada sebuah aula atau ruang utama sebuah bangunan. Sebagai contoh, ruang keluarga yang menghadap ke taman dan juga cafe yang bergaya retro.


3. Loster batako




Loster batoko ini merupakan loster yang paling laris di pasaran Indonesia. Hal ini dikarenakan harganya yang lebih terjangkau dibandingkan jenis loster yang lainnya. Rumah-rumah bergaya minimalis banyak yang memilih untuk menggunakan jenis loster yang satu ini. 

Loster batako ini biasanya memiliki bentuk dan ukiran bergaya mandala dan berwarna abu-abu. Kesan dingin dan unfinished yang ditimbulkan oleh loster batako ini cocok untuk desain rumah bergaya urban dan retro yang dipadukan dengan dinding bata ekspos.


4. Loster GRC


Loster GRC adalah salah satu jenis bahan lubang angin yang menggunakan bahan material konstruksi modern. Beragam ukuran dan bentuk motifnya dapat dibuat secara massal karena didukung dengan mesin cetak yang handal. Ukurannya pun sangat presisi.

Keunggulan loster GRC ini adalah bobotnya yang ringan, namun memiliki kekuatan yang bagus.

5. Loster keramik


Loster keramik memiliki permukaan yang licin dan mengkilap. Loster jenis ini memberikan kesan elegan dan mewah. Meskipun demikian loster keramik memiliki harga yang relatif mahal.

Jika kamu memilih untuk menggunakan loster keramik, maka dibutuhkan perawatan yang ekstra untuk menjaga agar tetap terlihat bersih dari kotoran sehingga tampilannya tetap menarik. Selain itu, untuk pemasangannya pun harus lebih berhati-hati karena lubang angin ini mudah tergores dan pecah.

6. Loster batu alam



Batu alam selain untuk bahan lantai dan tempelan dinding juga bisa dibentuk untuk loster dengan berbagai motif dan corak. Loster batu alam akan memberikan sentuhan alami sehingga sangat cocok baik untuk rumah bergaya modern maupun rumah bergaya tradisional.

Namun harga loster minimalis batu alam ini relatif mahal karena proses pembuatannya yang cukup rumit, selain bahan bakunya yang juga terbatas.

Loster batu alam ini rentan terhadap cuaca, terutama mudah ditumbuhi lumut saat musim hujan datang. Oleh karenanya, untuk mencegah hal tersebut kamu dapat melapisinya dengan lapisan coating agar lebih awet.


Berbagai bentuk dan jenis loster minimalis ini membuat kamu dihadapkan dengan berbagai pilihan untuk mendesain rumah. Yang tadinya hanya dinding monoton, saat ini kamu dapat menperindah tampilan rumah dengan estetika yang menarik.

0 komentar

Post a Comment