Bingung Buat Proposal Riset? Ini Contoh Proposal Penelitian dan Teknik Menulisnya

Author -  Nidaur Rahmah

Dalam dunia akademisi baik dosen maupun mahasiswa seringkali disibukkan dengan proposal penelitian. Proposal penelitian adalah sebuah dokumen perencanaan yang berisi tentang usulan sebuah penelitian. Nah, untuk membantumu dalam membuat proposal penelitian, MinPBJ akan bagikan contoh proposal penelitian di bawah ini!

Dibuatnya proposal penelitian memiliki tujuan yaitu untuk mendapatkan dana yang nantinya dipergunakan untuk membantu kesuksesan praktik sebuah penelitian. Kamu bisa memahami teknik penulisan proposal penelitian dengan melihat contoh proposal penelitian yang nanti akan MinPBJ bagikan.




Format Proposal Penelitian


Meskipun proposal penelitian ditulis secara singkat, penulisannya tetap harus disusun secara sistematis, menggunakan kalimat baku, dan ditulis dengan kalimat yang jelas. Format penulisan proposal penelitian yang sistematis adalah sebagai berikut:

1. Judul Proposal

Judul proposal penelitian merupakan hal pertama yang harus disiapkan dan juga nantinya dituliskan dalam proposal penelitian. Buatlah judul yang singkat, menarik, tidak multi tafsir, serta dapat menggambarkan isi kegiatan secara utuh. Hal lain yang perlu diperhatikan terkait judul riset adalah mengenai kebaharuan ide dan kesesuaiannya dengan kondisi saat ini dan juga masa depan.


2. Pendahuluan / Latar Belakang

Bagian selanjutnya adalah latar belakang. Latar belakang ditulis untuk mendeskripsikan seperti apa topik dan isu yang akan kamu teliti. 

Jelaskan latar belakang pentingnya penelitian tersebut, signifikansi serta pentingnya produk/teknologi yang akan dihasilkanbagi lingkungan, masyarakat, bangsa dan negara. Cantumkan juga sasaran yang ingin dicapai serta lokasi pelaksanaan kegiatan riset.

3. Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian berisikan mengenai apa yang hendak kamu capai melalui penelitian ini. Tentunya tujuan tersebut harus sejalan dengan latar belakang yang telah kamu singgung dalam poin sebelumnya. Jadi, jangan sampai kamu menuliskan tujuan penelitian yang tidak sesuai atau bertentangan dengan latar belakang diperlukannya kegiatan riset.


4. Manfaat Penelitian

Signifikansi atau manfaat merupakan dampak positif yang dihasilkan dari kegiatan riset. Jabarkan secara umum seperti apa saja manfaat yang akan didapatkan jika melakukan kegiatan penelitian tersebut baik manfaat secara teoritisnya maupun dari segi praktisnya dalam berkehidupan masyarakat, bangsa, dan negara.

5. Metode Penelitian

Metode penelitian merupakan penjabaran  mengenai teknik yang akan kamu gunakan dalam proses pengumpulan data. Hal ini bertujuan untuk membuktikan hipotesis yang ada. 

Metode penelitian harus sinkron dengan usulan dana dan jadwal kegiatan riset yang telah dibuat. Kamu sebaiknya juga mencantumkan prasarana yang tersedia sehingga kegiatan dapat terlaksana dengan baik dan efisien.


6. Jadwal Penelitian

Uraiakan rencana jadwal pelaksanaan kegiatan riset yang akan dilakukan beserta hasil yang ingin dicapai. Gambarkan jadwal kegiatan riset dengan memperhatikan durasi (mono atau multiyears). Selain itu, jadwal harus logis yang disesuaikan dengan metode yang akan digunakan, alokasi waktu dan dana yang ada.

7. Detail Biaya yang diperlukan

Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang akan dikeluarkan selama proses penelitian


Contoh Proposal Penelitian



Berikut ini adalah contoh proposal penelitian singkat yang dapat kamu kembangkan nantinya dalam menulis sebuah proposal riset, inovatif, dan produktif (RISPRO) guna untuk mendapatkan pedanaan riset.

Judul Proposal

"Penanganan Limbah B3 Pada Perusahaan XYZ dengan Menggunakan Teknik Pengelolaan Limbah ABC"

Latar Belakang

Banyaknya limbah B3 yang dihasilkan perusahaan XYZ telah menyebabkan sebuah permasalahan baru, khususnya masalah kesehatan lingkungan di sekitara daerah perusahaan XYZ. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya masyarakat yang mengeluhkan penyakit kulit. gangguan pernapasan, dan juga banyaknya tumbuhan yang tidak bisa tumbuh dengan baik di lingkungan sekitar.

Dengan adanya limbah B3 tersebut ini menyebabkan kegiatan karyawan dan juga masyarakat sekitar terganggu. Oleh sebab itu, peneliti ingin mencari sebuah penyelesaian terhadap masalah ini dengan menggunakan teknik pengelolaan limbah ABC.

Tujuan Penelitian

Peneliti bertujuan untuk menciptakan sebuah metode baru yang efektif, dan efisien untuk membersihkan limbah B3.

Manfaat Penelitian

Manfaat dari penelitian ini adalah agar penelitian ini berguna untuk membantu kehidupan masyarakat di sekitar perusahaan XYZ yang tercemar limbah B3.

Metode Penelitian

Pengumpulan data akan dilakukan dengan metode wawancara, dan pengambilan sampel limbah B3 yang telah mencemari tanah dan air.

Jadwal penelitian

Penelitian akan berlangsung selama 9 bulan. Selama 9 bulan, peneliti bekerja sama dengan 4 anggota lainnya dalam proses pengumpulan data, dan praktik.

Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang Diperlukan

Biaya yang diperlukan untuk praktik, dan pengumpulan data yang dibutuhkan adalah sebesar Rp60.000.000 dengan rincian sebagai berikut:

Biaya praktikum         :   Rp 25.000.000

Biaya sewa alat           :   Rp 20.000.000

Biaya transportasi       :   Rp 6.000.000

Biaya publikasi           :   Rp 5.000.000

Biaya tidak langsung  :   Rp 4.000.000


Itulah ulasan mengenai apa itu proposal penelitian dan juga contoh yang bisa digunakan sebagai panduan dalam menulis proposal. Penelitian dalah salah satu cara yang sistematik yang bertujuan untuk meningkatkan, memodifikasi dan mengembangkan produk/teknologi sehingga dapat bermanfaat bagi lingkungan, masyarakat, bangsa dan juga negara.

0 komentar

Post a Comment