Ini 13 Daftar Jurusan SMK yang Mudah Mendapatkan Pekerjaan

Author -  Nidaur Rahmah

SMK merupakan sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) yang jenjang pendidikannya difokuskan pada ilmu kejuruan. Dengan kurikulum seperti ini, siswa-siswa lulusan SMK dipersiapkan untuk masuk dunia kerja dan dunia industri. Oleh karenanya, jurusan-jurusan yang ada di SMK banyak yang lebih untuk mendapatkan pekerjaan nantinya.

Dengan keahlian terapan yang dimilikinya, lulusan SMK dapat memiliki pekerjaan yang telah diidam-idamkannya sejak lama. Berikut ini informasi tentang jurusan SMK yang mudah mendapatkan pekerjaan bagi luluasannya. Dengan demikian, kamu bisa menjadikannya sebagai pertimbangan ketika ingin memilih jurusan mana yang sesuai dengan minat dan bakat kalian.



1. Bangunan

Secara umum jurusan ini masuk ke dalam program keahlian konstruksi dan properti. Siswa di jurusan ini akan mempelajari ilmu tentang konstruksi bangunan, mulai dari perencanaan, termasuk juga di dalamnya rencana anggaran biaya (RAB) konstruksi bangunan, pelaksanaan, hingga perbaikan (renovasi) bangunan. 

Lulusan dari SMK jurusan bangunan mumnya banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan konstruksi, developer, dan real estate. Selain itu, instansi pemerintah seperti Kementerian PU PR juga sangat membutuhkanmu. Jadi, ada banyak peluang karir jika merupakan alumnus SMK jurusan bangunan.

2. Broadcasting

SMK jurusan broadcasting merupakan sebuah program keahlian di SMK yang mempelajari bagaimana teori, keterampilan, dan praktik dalam menciptakan program sehingga dapat disiarkan melalui media massa seperti televisi dan radio. 

Ilmu broadcasting sendiri memiliki banyak fungsi, yaitu bagaimana seseorang dapat menyampaikan informasi kepada penonton sehingga menjadi sebuah tontonan yang informatif dan sekaligus menghibur.

Lulusan jurusan SMK broadcasting ini memiliki prospek kerja yang cukup luas karena memiliki kemampuan untuk bekerja di industri televisi atau radio. Selain itu, para lulusan ini juga banyak dicari oleh production house.

Pekembangan media sosial yang begitu pesat turut menyediakan peluang lulusan broadcasting yang semakin luas. Sebagai contoh, saat ini masyarakat sudah sangat akrab dengan kegiatan menonton video di YouTube dan  Instagram TV (IG TV), dengan demikian lulusan broadcasting dapat memanfaatkan ilmunya untuk membuat content yang menarik dan dinikmati oleh masyarakat di dunia maya.

2. Mesin

Jurusan teknik mesin sejak dulu selalu banyak diminati oleh siswa-siswa lulusan SMP yang mau melanjutkan ke SMK ataupun siswa-siswa SMA/Sederajat yang ingin melanjutkan perkuliahan.

Lulusan SMK jurusan ini juga dinilai mudah bagi lulusannya untuk nanti mendapatkan pekerjaan karena banyak sekali dunia industri dan dunia kerja yang membutuhkan para ahli atau teknisi mesin. Sebagai contoh, sejumlah dealer kendaraan akan membutuhkan lulusan SMK teknik mesin yang akan dipekerjakan di bengkel otomotifnya.

Namun berbeda ketika kamu adalah lulusan universitas jurusan teknik mesin, kamu akan bekerja sebagai teknisi pemeliharaan mesin, system analyst, teknisi struktural, inspektor teknik, konsultan mekanik, teknisi modelling/drafting, dan sebagainya.

3. Agribisnis

Jurusan SMK agribisnis merupakan program keahlian yang menggabungkan ilmu ekonomi dengan pertanian atau bidang lain yang mendukungnya, baik di sektor hulu maupun di hilir. 

Dengan kata lain, agribisnis ini akan mempersiapkan siswa-siswanya untuk mampu menggabungkan ilmu ekonomi dan pertanian untuk kemudian digunakan dalam perjuangan penyediaan pangan. 

Prospek kerja lulusannya bisa memproduksi bawang, sayur, buah, olahan pangan, baik berupa makanan siap saji maupun makanan ringan. Selain itu, lulusan SMK jurusan agribisnis juga dapat dengan mudah mendapatkan pekerjaan seperti menjadi gardener tanaman hias, dan lain sebagainya. 

4. Kecantikan

Kamu seorang perempuan dan memiliki minat dalam merias wajah? Tidak ada salahnya untuk masuk di SMK jurusan kecantikan. Prospek lulusan jurusan ini juga banyak, bahkan kamu bisa mendirikan usaha sendiri dalam bidang kecantikan.

Lulusan ini mempunyai peluang kerja yang cukup luas mulai dari menjadi beautypreneur, beauty advisor, makeup artist (MUA), beauty content creator, dropshipper produk kecantikan, dan lain sebagainya.

5. Tata Busana

Selain jurusan kecantikan, tata busana juga banyak diminati oleh kaum perempuan. Kamu yang bersekolah di jurusan ini akan mudah mendapatkan pekerjaan karena industri fashion yang kian tumbuh subur di Indonesia.

Ada banyak profesi yang bisa kamu tekuni jika kamu adalah lulusan SMK jurusan tata busana, yaitu seperti menjadi perancang busana (desainer), pattern maker, fashion stylist, dan content creator dalam dunia fashion

6. Akuntansi

Jurusan akuntansi selalu ramai peminatnya karena memang para alumnus jurusan SMK ini mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Para lulusan SMK jurusan akuntansi dapat menduduki sebagai junior akuntan yang banyak dibutuhkan di dunia perbankan, asuransi, dan perpajakan.

Di sini kamu memiliki job desc ntuk mengelola keuangan perusahaan tersebut. Jadi, jika kamu sudah masuk menjadi siswa SMK jurusan akuntansi kuasai benar-benar ilmu-ilmu akuntansi ya!

7. Teknik Komputer Dan Jaringan (TKJ)

Jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) memang tidak pernah sepi peminatnya, baik SMK yang ada di perkotaan maupun SMK yang berdiri di daerah-daerah. Memang jurusan ini sedang banyak-banyaknya dibutuhkan oleh dunia industri dan dunia kerja. 

Para lulusan ini dapat bekerja sebagai desainer grafis maupun teknisi jaringan. Jika kamu ingin menjadi desainer grafis, kamu dituntut untuk memiliki kemampuan membuat desain visual yang menarik dari sebuah konten. 

Sedangkan jika menjadi seorang teknisi jaringan, kamu akan bertugas untuk mengelola segala hal yang berkaitan dengan jaringan atau network, seperti WiFi, printer sharing, kabel telepon, atau instalasi jaringan lainnya.

8. Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO)

Teknik Kendaraan Ringan dulunya dikenal dengan nama jurusan teknik otomotif. Para siswa pada jurusan ini akan dibekali tentang ilmu kendaraan ringan sehingga ketika terjun di dunia pekerjaan mereka akan mampu melaksanakan perawatan dan perbaikan komponen-komponen kendaraan bermotor secara mandiri.

Prospek kerja lulusan SMK ini cukup lebar peluanganya, mereka akan bekerja sesuai standar yang ditentukan oleh pabrik, merawat dan memperbaiki mobil pada bengkel atau perusahaan dimana tempat ia bekerja, dan bahkan lulusan ini dapat juga menciptakan lapangan kerja baru bagi dirinya dan orang lain.

9. Tata Boga

Jurusan tata boga merupakan salah satu program keahlian di SMK yang akan membekali siswanya tentang keterampilan dalam dunia kuliner.

Lulusan jurusan ini akan mempersiapkanmu untuk menjadi seorang chef. Dengan semakin berkembangnya dunia kuliner di Indonesia, jurusan ini sangat mudah untuk bisa diserap dalam dunia kerja seperti di perhotelan, restaurant dan cafe, dan lain  sebagainya. 


10. Administrasi Perkantoran


Para lulusan SMK jurusan Administrasi Perkantoran ini bisa bekerja di berbagai perusahaan maupun industri. Mereka memiliki kesempatan untuk menempati lowongan pekerjaan seperti menjadi staff administrasi, resepsionis, staf personalia, dan sekretaris di berbagai lembaga atau organisasi baik milik pemerintah maupun swasta.

Setiap dunia industri pasti akan selalu membutuhkan admin untuk mengurus segala macam tugas administrasi.

11. Pariwisata

Jurusan SMK yang mudah mendapatkan pekerjaan selanjutnya adalah program keahlian pariwisata. Lulusan pariwisata ini akan mudah mendapat pekerjaan mengingat perkembangan dunia pariwisata yang semakin pesat. Terlebih, ketika nanti pandemi Covid-19 sudah selesai pasti banyak rekruitmen pegawai perhotelan, kawasan wisata, kebun binatang, kapal pesiar, dan lain sebagainya. 

Dengan keilmuan yang dimilikinya, seorang lulusan SMK jurusan pariwisata memiliki kesempatan untuk menjadi seorang barista, bartender, tour leader, travel agent, event organizer (EO), dan pengelola tempat pariwisata, lho!

12. Teknik Tenaga Listrik

Jurusan Teknik Tenaga Listrik adalah program keahlian di SMK yang membekali siswanya untuk menguasai kemampuan di bidang ilmu mekanikal elektrikal (ME).

Karena keilmuannya banyak dibutuhkan dunia industri tentu saja para lulusan jurusan SMK ini sangat mudah untuk mendapatkan pekerjaan. 

Para siswa akan dituntut untuk menguasai bidang kelistrikan, dengan begitu mereka akan mampu menangani berbagai permasalahan dalam pengelolaan listrik maupun research and development (RnD) tentang dunia kelistrikan.

Prospek kerja untuk para lulusan SMK Jurusan Teknik Tenaga Listrik pun juga sangat beragam, yaitu mereka dapat bekerja sebagai:

  • Teknisi Produksi Manufaktur
  • Analis Kontrol Kualitas
  • Ahli Listrik
  • Ahli Teknik Sistem Panel Surya
  • Auditor Energi


13. Multimedia

Jurusan multimedia juga merupakan salah satu jurusan SMK yang bakal mudah mendapatkan pekerjaan bagi para lulusannya. Mereka di sekolah akan mempelajari tentang penggunaan dan pemanfaatan komputer untuk menyajikan data teks, suara (audio), gambar, animasi, sehingga tercipta video yang menarik bagi penontonnya.

Prospek kerja jurusan Multimedia sendiri cukuo banyak, mereka para lulusan multimedia ini akan memiliki kesempatan untuk menjadi:

  • Graphic Designer 
  • Video Editor
  • Web Designer
  • Animator/ Ilustrator
  • Game Maker/Modeling


Itulah 13 jurusan SMK yang mudah mendapatkan pekerjaan. Semoga bisa menjadi referensi bagi adik-adik yang mau masuk ke jenjang SMA/Sederajat.

0 komentar

Post a Comment