Peran Penting Beauty Advisor: Tugas dan Syarat Kualifikasinya

Kemunculan produk makeup yang semakin berkembang menuntut adanya kehadiran seorang beauty advisor. Beauty advisor tidak hanya bertugas sebagai seorang sales force, tetapi juga akan menjalankan perannya untuk menyampaikan informasi mengenai produk atau product knowledge dari produk makeup yang ia pasarkan. Mulai dari memberikan saran kepada konsumen mengenai bagaimana cara penggunaan produk makeup, hingga pemilihan varian produk yang disesuaikan dengan kulit konsumen.

Via www.walgreens.com


Apa itu Produk Kosmetik?

Produk kosmetik atau makeup adalah produk yang digunakan pada bagian luar tubuh guna memperbaiki, merapikan, dan mengoreksi penampilan si pengguna (konsumen) produk tersebut. 

Makeup saat ini telah menjadi salah satu produk pendukung dalam kegiatan sehari-hari baik untuk kepentingan pribadi sebagai bentuk hobi maupun untuk kebutuhan profesi.

Dalam kegiatan profesional, penggunaan makeup sendiri pada beberapa bidang profesi pekerjaan tertentu sangat dibutuhkan, bahkan telah menjadi salah satu standar operasional prosedur (SOP), seperti untuk pegawai bank, pegawai pusat perbelanjaan (mall), pegawai pelayanan hingga tenaga pemasaran. 

Tak ayal, penggunaan produk kosmetik saat ini semakin luas menyasar seluruh elemen masyarakat. 

Pentingnya Kehadiran Beauty Advisor


Hadirnya seorang beauty advisor baik pada store resmi maupun konter-konter produk makeup yang ada di departement store dan pusat-pusat perbelanjaan, semakin memudahkan konsumen dalam menentukan pilihan produk makeup apa yang dibutuhkan dan sesuai dengan keinginan konsumen. Mengapa hal ini penting? Karena produk makeup atau kosmetik masing-masing memiliki beragam tingkatan warna, beragam jenis, kandungan dan tekstur yang berbeda-beda. 

Produk makeup sendiri juga merupakan produk yang berbasis kimia dan berkaitan dengan kegiatan farmasi, sehingga dalam penggunaannya diperlukan seorang educator yang mampu menyampaikan informasi terkait produk kepada konsumen dengan baik. Hal ini semakin menunjukan bahwa kehadiran seorang beauty advisor dalam produk makeup merupakan salah satu bagian yang penting dari perusahaan produk makeup. 

Dan bahkan, seorang beauty advisor ini mampu meningkatkan brand equity dari sebuah produk kecantikan. Oleh karenanya, perusahaan harus menetapkan beberapa syarat kualifikasi yang harus penuhi jika ingin menjadi seoarang beauty advsior. 

    Seorang beauty advisor berperan sebagai bagian dari sebuah kegiatan pemasaran yang secara umum disebut sales force. Hal ini sebagaimana deskripsi kerja yang seorang beauty advisor, yaitu sebagai tenaga penjualan dari sebuah perusahaan kosmetik.

    Peran dari seorang beauty advisor sangatlah penting bagi sebuah perusahaan. Hal ini dikarenakan bagaimana sebuah perusahaan berupaya dalam merepresentasikan produknya kepada konsumen, serta melakukan pelayanan terhadap kebutuhan konsumen.


    Tugas Beauty Advisor


    Dalam menjalankan tugasnya, seorang beauty advisor akan berinteraksi secara langsung dengan konsumennya. Selain itu, seorang beauty advisor juga menjadi bagian terdepan dari sebuah perusahaan, di mana ia menjadi penghubung antara perusahaan yang dalam hal ini merupakan perusahaan makeup dengan konsumennya secara langsung. Berikut di bawah ini tugas dari seorang beauty advisor:


    • Mendampingi dan meningkatkan pelayanan bagi seorang konsumen produk kecantikan;
    • Melakukan promotional set atau kegiatan promosi kepada konsumen;
    • Menjelaskan jenis produk atau layanan kecantikan yang diproduksi dan ditawarkan oleh perusahaan;
    • Memberikan rekomendasi produk yang cocok bagi konsumen produk kecantikan;
    • Membantu konsumen untuk membuat perencanaan penggunaan jasa layanan kecantikan dalam jangka pendek dan juga jangka panjang.


    Tanggung Jawab Beauty Advisor


    Seorang beauty advisor bertanggung jawab langsung kepada beauty departements atau Departemen Kecantikan. Dan adapun tanggung jawabnya adalah sebagai berikut:

    • Menyampaikan informasi terkait tata cara penggunaan dan kandungan dalam produk makeup kepada konsumen. 
    • Berusaha untuk mencapai target penjualan yang telah ditetapkan oleh beauty departements.
    • Memiliki tanggung jawab terhadap performance atau perannya sebagai sales force.

    Syarat Kualifikasi untuk Menjadi Beauty Advisor


    Berikut ini adalah syarat kualifikasi yang harus dipenuhi apabila kamu ingin menjadi seorang beauty advisor:

    • Pendidikan minimal Diploma 3.
    • Memiliki kemampuan atau skill komunikasi yang baik. Beauty advisor berperan untuk menjalin komunikasi dengan konsumen serta melakukan edukasi mengenai product knowledge. Sehingga seorang beauty advisor diharuskan memiliki kemampuan komunikasi yang dapat diterima oleh konsumen. 
    • Berpenampilan menarik dan mampu meningkatkan citra perusahaan. 
    • Cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Seorang beauty advisor perlu menyesuaikan diri dan mampu bersikap sesuai dengan karakter konsumen yang berbeda-beda.

    Itulah ulasan mengenai beauty advisor. Produk makeup memiliki beragam kegunaan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen, sehingga untuk menyampaikan informasi terkait produk atau product knowledge dibutuhkan seorang beauty advisor. Dengan hadirnya beauty advisor, konsumen akan mendapatkan informasi penting tentang produk makeup yang diinginkan.

    0 komentar

    Post a comment