6 Manfaat Musyawarah dan Solusi untuk Mencapai Mufakat

Musyawarah atau dalam bahasa modern disebut meeting merupakan pembahasan bersama dengan maksud mencapai keputusan atas penyelesaian masalah bersama. Terdapat banyak sekali manfaat musyawarah baik bagi anggota musyawarah maupun bagi keberlangsungan hidup organisasi/perusahaan yang menyelenggarakan musyawarah. 

Salah satu fungsi musyawarah adalah untuk mengimplemantasikan nilai-nilai demokratis. Sehingga anggota musyawarah nantinya akan mendapatkan berbagai manfaat seperti saling menghargai dan menghormati pendapat orang lain, melatih anggota untuk berani menyampaikan pendapat, taat terhadap hasil keputusan bersama dan lain sebagainya.

Rapat Presiden, wujud Negara Demokrasi Via Setkab.go.id


Pengertian Musyawarah



Musyawarah berasal dari kata bahasa Arab "syawara" yang secara bahasa mempunyai arti berunding, urun rembug, mengatakan atau menyampaikan sesuatu. 

Sedangkan secara istilah, musyawarah adalah suatu proses membicarakan suatu persoalan dan menyelesaikannya secara bersama, dengan maksud mencapai kesepakatan bersama.

Kesepakatan yang telah disetujui semua anggota di dalan forum musyawarah disebut mufakat. Dalam prosesnya, biasanya untuk mengambil mufakat dilakukan voting, yaitu pengambilan keputusan bersama dengan cara menghitung suara terbanyak. 

Pendapat yang disetujui oleh mayoritas anggota musyawarah tersebut nantinya akan ditetapkan sebagai keputusan bersama dan harus ditaati oleh semua yang bersangkutan.

Tujuan Musyawarah untuk mufakat


Tujuan tersendiri adanya musyawarah untuk mufakat adalah membentuk hubungan yang harmonis, erat akan kekeluargaan, dan semangat kebersamaan dalam lingkung bernegara, berorganisasi, dan bakan di lingkup terkecil, yaitu keluarga. 

Apabila musyawarah sudah tidak ada lagi dalam menyelesaikan masalah, maka dapat dikatakan bahwa salah satu ciri khas masyarakat Indonesia telah mengalami pemudaran.


Sejumlah Manfaat Musyawarah


Dengan prinsip musyawarah untuk mufakat yang mengedepankan kekeluargaan, kebersamaan, kesabaran dan kejujuan tersebut, maka akan didapatkan sejumlah manfaat musyawarah, yaitu antara lain:

  1. Musyawarah dapat menyelesaikan sutau permasalahan lebih mudah.
  2. Musyawarah mengajari anggotanya untuk berani menyampaikan pendapat, bersikap tegas dan bijak, serta taat terhadap peraturan yang ada dalam musyawarah.
  3. Musyawarah dapat memperkokoh kerukunan.
  4. Musyawarah dapat mempererat kerja sama.
  5. Musyawarah mengajari anggota rapat untuk dapat menghormati dan menghargai orang lain.
  6. Anggota musyawarah akan saling memberi atau menerima masukan sehingga dalam kehidupan sehari-hari juga akan terbiasa untuk melakukan hal yang demikian.


Solusi Untuk Mencapai Musyawarah Mufakat


Microphone, salah satu fasilitas rapat/musyawarah


Agar dalam rapat menghasilkan sejumlah manfaat musyawarah yang telah disebutkan di atas dan juga untuk mencapai mufakat, maka anggota dan pimpinan rapat haruslah memperhatikan hal-hal berikut ini:
 

  1. Anggota rapat harus terus menjalin keakraban, khususnya di luar forum rapat.
  2. Anggota rapat harus selalu melakukan instropeksi diri, termasuk memperbaiki sikap apabila terjadi perselisihan.
  3. Anggota rapat harus saling memberi kritik atau masukan yang membangun, agar saling mewujudkan rasa kekeluargaan.
  4. Anggota rapat harus bisa memisahkan permasalahan pribadi, sehingga tidak dibawa dalam forum rapat.
  5. Ketua atau pimpinan rapat harus aktif dalam mengatur jalannya musyawarah untuk mencegah terjadinya perdebatan kusir.
  6. Anggota rapat yang senior perlu memberikan bimbingan kepada yang lebih junior, terutama dalam bertutur kata yang baik dalam rmusyawarah untuk mufakat.
  7. Anggota rapat perlu diberikan sanksi bagi yang tidak disiplin dalam mengikuti musyawarah untuk mufakat.
  8. Anggota rapat perlu membuat desain acara musyawarah yang menarik agar suasana bisa menyenangkan.
  9. Pengaturan posisi tempat duduk anggota rapat ketika musyawarah untuk mufakat perlu ditata secara rapi.
  10. Perlu adanya peraturan tata tertib dalam pelaksanaan forum musyawarah seperti pembatasan penggunaan handphone dalam rapat.
  11. Jika forum musyawarah merupakan forum yang besar, sebaiknya gunakan mic meeting. Seperti rapat anggota DPR, rapat forum kampus, dan sebagainya.

Itulah ulasan mengenai pengertian dan manfaat musyawarah. Masyarakat secara tidak langsung seharusnya sudah terbiasa untuk melaksanakan musyawarah ketika terdapat permasalahan yang harus ditangani secara bersama-sama. Karena pada dasarnya musyawarah untuk mufakat merupakan salah satu ciri khas dari bangsa Indonesia yang terkandung dalam sila keempat Pancasila, yaitu “kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan”.

0 komentar

Post a Comment