8 Manfaat Emas bagi Individu, Kesehatan, Industri, dan Pemerintah

Author -  Nidaur Rahmah

Sifat emas yang tidak dimiliki oleh jenis logam lainnya membuat logam mulia ini banyak manfaatnya dalam kehidupan manusia. Emas memiliki sifat seperti mudah dibentuk, konduktor yang baik, berkilau alami, dan mudah dikombinasikan dengan jenis logam lainnya. 

Sejak zaman dahulu emas merupakan jenis logam mulia yang sudah banyak dimanfaatkan dalam berkehidupan masyarakat. Sebagai contoh, digunakan sebagai alat pembayaran, komponen pembuat arca, candi, mahkota, dan lain sebagainya. Karena itulah seiring berjalannya waktu, emas menjadi satu-satunya jenis logam mulia yang memiliki nilai tinggi dan paling diterima masyarakat di seluruh dunia.


8 Manfaat Emas dalam Berbagai Bidang Kehidupan


Mungkin dari sebagian kita mengenal pemanfaatan emas hanya sebagai perhiasan atau alat investasi. Jika, kamu tahu emas banyak sekali lho kegunaannya, yaitu seperti yang disebutkan di bawah ini:

1. Sebagai Perhiasan

Emas merupakan logam mulia yang memiliki keindahan dan mampu meningkatkan prestige bagi pemiliknya. Maka tak heran jika emas banyak digunakan sebagai bahan perhiasan dengan nilai jual yang sangat tinggi.

 Karena keindahan dan kemewahannya, maka emas dipilih untuk perhiasan. Bahkan setiap tahunnya sekitar 78% persen dari total penggunaan emas dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat berbagai perhiasan cantik.



2. Emas Sebagai Cadangan devisa negara

Jauh sebelum dibuat menjadi perhiasan, fungsi emas adalah sebagai alat pembayaran. Seiring berjalannya waktu karena emas termasuk salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, akhirnya uang emas diganti dengan uang kertas atau koin yang terbuat dari selain emas.

Emas kemudian digunakan sebagai salah satu bentuk cadangan devisa negara. Hal ini disebabkan emas adalah logam mulia yang bersifat convertible (yang mudah dikonversi) karena seluruh negara dapat menerima emas sebagai alat pembayaran yang sah. 

3. Investasi

Nilainya yang tinggi dan cenderung meningkat setiap tahunnya membuat emas sangat cocok untuk dijadikan salah satu aset investasi. Investasi emas mmumnya tersedia dalam dua bentuk, yaitu emas batangan dan koin emas.

4. Manfaat Emas dalam Bidang Kesehatan/Kedokteran Gigi

Selain sebagai bahan untuk membuat perhiasan dan sebagai aset investasi emas juga memiliki peran penting di dunia kesehatan. Emas merupakan logam mulia yang hingga saat ini paling cocok untuk mengatasi masalah gigi seperti digunakan untuk menambal gigi yang berlubang atau rusak. Selain itu, kegunaan emas lainnya adalah untuk crown gigi karena ketika emas digunakan sebagai peralatan ortodontik tidak dapat menimbulkan reaksi kimia, alergi, maupun tidak bereaksi pada oksidasi yang dapat menimbulkan karat.

Sejak tahun 700 SM emas sudah banyak digunakan dalam dunia kesehatan karena keunggulannya tersebut.

5. Manfaat Emas sebagai Kompenen Elektronik

Emas merupakan salah satu jenis konduktor yang sangat baik dengan kemampuannya menghantarkan muatan listrik kecil. Selain itu, emas juga bersifat anti korosif. Oleh karenanya, emas sangat cocok apabila digunakan sebagai komponen-komponen elektronik yang ada pada alat elektronik seperti USB connector, prosessor komputer, televisi, radio, dan lain sebagainya.

Karena harganya yang mahal, akhirnya emas digantikan oleh logam lainnya seperti tembaga yang harganya jauh lebih murah, namun memiliki sifat yang sama seperti halnya emas.

6. Manfaat Emas dalam Bidang Perlombaan sebagai Trofi dan Medali

Dalam bidang perlombaan, seperti olahrga, pemanfaatan emas banyak digunakan sebagai bahan pembuat medali. Pada sebuah ajang kejuaraan, misalnya seperti Olimpiade dan Academy Awards, emas adalah medali tertinggi yang diberikan kepada para peserta yang menjadi juara pertama.

Medali tersebut tidak seutuhnya terbuat dari emas, namun dilapisi dengan emas. Sebagai logam mulia yang bernilai tinggi maka sangat layak jika dijadikan sebagai lambang penghargaan untuk sebuah ajang perlombaan.

7. Manfaat Emas dalam Bidang Industri Konstruksi dan Penerbangan

Sifatnya yang mudah dibentuk dan ditempa, mewah, serta berkilau membuat industri melirik emas sebagai bahan bangunan, seperti pembuatan kaca khusus, hingga pelindung helm astronot dan juga pelumas untuk kendaraan luar angkasa. Emas dipilih untuk kedua produk tersebut disebabkan fungsinya yang mampu memantulkan radiasi sinar matahari dan juga karena sifatnya yang anti karat dan konduktor yang baik.

8. Manfaat Emas dalam Bidang Kecantikan

Selain manfaat emas dalam bidang kedokteran juga ada manfaatnya dalam bidang kecantikan. Saat ini emas banyak digunakan sebagai bahan untuk skin care (perawatan kulit), khususnya perawatan wajah. Kandungan emas diyakini mampu mencegah terjadinya pembengkakan, iritasi, kemerahan, dan dapat menghilangkan lingkaran hitam.

Emas mampu meremajakan kulit, mengurangi kerutan, garis halus, dan mampu menghilangkan noda hitam pada muka, sehingga seseorang akan nampak lebih muda.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat emas bagi individu maupun bagi industri dan/atau pemerintah. Sebagai negara penghasil emas terbesar, Indonesia memiliki cadangan devisa yang besar pula. Yuk, kepoin daerah mana saja yang merupakan wilayah penghasil emas terbesar di Indonesia. Kamu dapat membaca artikelnya berikut ini:

Baca juga: 7 Daerah Penghasil Emas dengan Perusahaan yang Mengelola

0 komentar

Post a Comment