Mengenal Simbol Warna Pada Peta, Tujuan, Lengkap dengan Artinya

Author -  Nidaur Rahmah

Dalam ilmu teknik sipil, perencanaan dan kebumian, peta merupakan sebuah instrumen yang tidak bisa dipisahkan dalam mempelajari tentang bumi. Untuk mempermudah pembacaannya peta dibuat dengan gambar dengan simbol warna-warna tertentu pada peta yang mempresentasikan kenampakan bumi dengan lebih akurat.

Simbol-simbol tersebut bisa berupa simbol gambar maupun simbol warna. Kali ini akan dibahas tentang simbol warna pada peta untuk memudahkan teman-teman dalam membaca sebuah peta.

Via Shopee

Apa itu Simbol Peta?


Sebelum memahami apa itu simbol peta, terlebih dahulu sebaiknya kita pahami definisi peta itu sendiri. Peta adalah sebuah gambaran dari permukaan bumi yang digambarkan dengan skala tertentu pada sebuah media datar. Peta ini dapat dipresentasikan baik dalam berupa gambar dua dimensi maupun tiga dimensi.

Simbol peta adalah perangkat grafis yang digunakan untuk untuk memvisualisasikan dunia nyata ke dalam beberapa fitur tertentu pada sebuah peta.

Simbol peta dapat mencakup penanda titik, garis, wilayah, bidang kontinu, atau teks; ini dapat dirancang secara visual dalam bentuk, ukuran, warna, pola, dan variabel grafis lainnya untuk mewakili berbagai informasi tentang setiap fenomena yang diwakili.

Tujuan Penggunaan Simbol Warna Pada Peta


Karena keterbatasan peta yang hanya mampu menggambarkan permukaan bumi dalam bentuk media datar, maka dibuatlah simbol warna dengan tujuan untuk:
  • Membuat pembacanya mudah dalam memahami kenampakan bumi.
  • Menambkan kesan estetika pada gambaran permukaan bumi.


Sejumlah Tingkatan Simbol Warna pada Peta Lengkap dengan Artinya


Simbol warna pada peta menambahkan detail unik yang membuatnya berguna secara teknik pada sebuah peta topografi. 

Warna yang menonjol pada peta ini memberikan identifikasi untuk banyak fitur seperti vegetasi dan air. Sejumlah warna ini mewakili fitur alami dan buatan manusia di bumi sehingga memudahkanmu untuk membaca peta dengan baik. Simbol warna itu merepresentasikan kenampakan alam yang berbeda-beda, yaitu seperti yang dijelaskan di bawah ini:

1. Hijau

Salah satu simbol warna pada peta yang paling sering kita temukan adalah warna hijau. Warna hijau pada peta ini bisa disebut sebagai warna utama yang menggambarkan bukit, hutan dan vegeatasi pada daerah kepulauan tertentu. 

Terdapat dua jenis warna hijau pada peta yang digunakan untuk mempresentasikan suatu wilayah, yaitu hijau muda dan hijau tua. 

  • Hijau muda merepresentasikan dataran rendah dengan ketinggian 100-500 MDPL.
  • Hijau tua merepresentasikan dataran rendah dengan ketinggian 0-100 MDPL.

2. Biru

Selanjutnya simbol warna pada peta yang banyak digunakan juga ada warna biru. Warna biru ini merepresentasikan wilayah perairan yang ada di bumi, seperti sungai, danau, laut, ladang salju permanen, dan gletser. 

Simbol warna biru pada peta ini juga dibagi lagi menjadi beberapa tingkat kecerahan yang menandakan seberapa kedalaman dari wilayah perairan tersebut. Warna biru yang semakin gelap (tua) menggambarkan sebuah wilayah perairan yang semakin dalam.

3. Coklat, Orange dan Kuning

Jika dataran rendah dipresentasikan dengan warna hijau, dataran tinggi pada sebuah peta disimbolkan dengan warna coklat, orange dan kuning. Daerah dataran tinggi ini secara umum berisikan  pegunungan. 

Ketinggian wilayah tersebut digambarkan juga dalam tingkatan warna. Warna coklat tua menunjukkan daerah pegunungan yang tertinggi, jadi semakin gelap warna yang ditunjukkan maka semakin tinggi pula wilayah yang disimbolkan.

Ketiga warna tersebut dibagi menjadi beberapa tingkatan sebagai berikut:

  • Warna kuning muda memvisualisasikan suatu daerah yang memiliki ketinggian 500 sd 1000 mdpl. 
  • Warna kuning cerah memvisualisasikan suatu wilayah daerah yang memiliki ketinggian antara 1.000 sd 1.500 mdpl.
  • Warna kuning pekat memvisualisasikan suatu wilayah daerah yang memiliki ketinggian 1.500 sd 2.000 mdpl.
  • Warna orange muda memvisualisasikan suatu wilayah daerah yang memiliki ketinggian 2.000 sd 2.500 mdpl.
  • Warna orange tua memvisualisasikan suatu wilayah daerah yang memiliki ketinggian 2.500 sd 3.000 mdpl.
  • Warna coklat muda memvisualisasikan suatu wilayah daerah yang memiliki ketinggian 3.000 sd 3.500 mdpl.
  • Warna coklat tua memvisualisasikan suatu wilayah daerah yang memiliki ketinggian 3.500 sd 4.000 mdpl



4. Putih

Warna putih dalam sebuah peta ini merepresentasikan kenampakan alam berupa salju, dengan lapisan es atau gletser yang sangat kurang vegetasi.

Bagian permukaan bumi yang tertutup es biasanya terletak pada wilayah dengan ketinggian di atas 4000 mdpl. Nah, jika kamu melihat peta pada puncak gunung yang tinggi, seperti Gunung Himalaya, akan ditemukan gambaran peta dengan warna putih.

Tak hanya itu, bagian bumi dengan lapisan es sebagian besar terletak pada kutub utara dan kutub selatan.

5. Hitam

Simbol warna hitam pada sebuah peta digunakan untuk memvisualisasikan garis batas jalan, kota dan administrasi. Biasanya untuk menggambarkan sebuah kota digunakan simbol titik berwarna hitam, sedangkan untuk menggambarkan batas wilayah administrasi digunakan simbol garis hitam.

6. Merah

Warna simbol merah ini umumnya dipakai untuk menampilkan navigasi pada peta online seperti Google Map. Simbol warna merah pada peta ini memvisualisasikan jalan raya dan jalan utama, informasi township, dan lain sebagainya. Sebagai contoh, ibu kota yang aktif digambarkan dengan simbol titik berwarna merah dan daerah perkotaan disimbolkan dengan warna merah muda.

Itulah ulasan mengenai beberapa simbol warna dan artinya yang digunakan pada peta. Simbol-simbol tersebut telah secara internasional untuk menggambarkan kenampakan-kenampakan atau kountur alam di bumi baik yang terjadi secara alami maupun diubah oleh manusia.

0 komentar

Post a Comment