Ide Desain Barbershop dan Modal yang Dibutuhkan

Author -  Nidaur Rahmah

Usaha barbershop atau pangkas rambut kini tengah digandrungi oleh pengusaha dari berbagai kalangan. Meskipun membangun usaha ini tergolong sederhana dan tidak membutuhkan modal besar ada berbagai hal yang perlu diperhatikan salah satunya adalah desain barbershop yang diinginkan.

Di era sosial media seperti saat ini, konsumen tidak hanya membeli jasa tetapi juga suasana dan atmosfer. Jadi tidak ada salahnya jika Anda membuat barbershop dengan desain yang menarik dan Instagrammable sehingga pengunjung tidak segan-segan untuk kembali di lain waktu.





Hal yang Wajib Diperhatikan dalam Desain Barbershop


Ada banyak sekali ide desain interior yang bisa digunakan untuk barbershop Anda. Kendati demikian, tidak semua desain bisa diterapkan. Lantas, apa saja hal yang perlu diperhatikan ketika mendesain sebuah barbershop? Simak poin-poin di bawah ini.


1. Konsep

Hal paling pertama yang harus dilakukan ketika mendesain barbershop adalah menentukan konsep. Pastikan Anda sudah memiliki konsep yang matang mengenai tempat pangkas rambut tersebut. Jangan sampai konsumen justru merasa kebingungan karena konsep yang tidak jelas.

Dengan menentukan konsep yang tepat, Anda bisa lebih mudah dalam menghias interior. Misalnya saja Anda tertarik untuk mengusung konsep industrial klasik. Dengan berpatokan pada konsep tersebut, Anda bisa lebih mudah dalam memilih elemen interior yang sesuai.


2. Fasilitas

Selain konsep, hal lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah mengenai fasilitas. Tentukan fasilitas apa saja yang ingin Anda berikan agar pengunjung merasa nyaman selama menunggu giliran atau selama proses penanganan.

Fasilitas standar yang biasa ditemukan di barbershop antara lain TV, AC / kipas angin, WiFi, hingga kafe. Pastikan fasilitas tersebut sesuai dengan target konsumen serta budget yang Anda punya.

3. Ukuran

Ukuran menjadi salah satu hal penting yang wajib untuk dipertimbangkan ketika mendesain interior barbershop. Anda harus benar-benar memperhitungkan berapa target pengunjung yang datang setiap harinya.

Salah satu tujuan mempertimbangkan ukuran adalah agar pengunjung tetap merasa nyaman saat menunggu giliran. Jangan sampai Anda membuat ruangan yang terlalu sempit sehingga pengunjung harus berdesak-desakan saat mengantre.

Ide Desain Barbershop

Kini Anda telah mengetahui beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mendesain barbershop. Selanjutnya Anda perlu mencari ide desain interior barbershop yang kreatif sehingga pengunjung merasa betah berlama-lama di tempat tersebut.

Berikut ini beberapa ide menarik yang sayang untuk dilewatkan:

1. Desain Barbershop Klasik Industrial


Via antdisplay.com

Industrial merupakan salah satu konsep yang cukup populer beberapa tahun belakangan. Jika Anda menyukai konsep dan nuansa yang ditawarkan, tidak ada salahnya mengadopsi tema industrial untuk usaha barbershop Anda.

Tempat pangkas rambut ini menggabungkan nuansa klasik dan industrial yang kental dengan pemilihan lampu serta elemen lain seperti tembok, lantai, dan langit-langit. Tidak lupa fasilitas salon seperti kursi dan cermin juga disesuaikan dengan tema tersebut.


2. Desain Gothic pada Barbershop

Via appointfix.com

Dengan dominasi warna hitam, konsep yang satu ini sangat cocok untuk tempat pangkas rambut pria. Nuansa gothic terasa begitu kental dengan tembok berwarna hitam yang dipadukan dengan lantai bernuansa putih sehingga menimbulkan kesan monokrom.

Mengadopsi konsep yang satu ini tidak terlalu sulit. Anda bisa menggunakan cermin, set meja, dan kursi dengan warna hitam. Jangan lupa untuk menggunakan aksesoris lain seperti rak dinding dengan warna serupa.


3. Desain Interior Barbershop Bergaya Rustic

Via headcurve.com

Konsep rustic cukup banyak diminati karena memberikan kesan hangat dan klasik. Bagi Anda yang ingin membuat barbershop dengan desain unik, konsep rustic sayang untuk dilewatkan.

Dengan menggabungkan lantai kayu dan tembok batu bata, desain interior barbershop yang satu ini terlihat sangat menarik. Wajar jika pengunjung betah untuk berlama-lama di tempat ini. Anda juga bisa menambahkan elemen lain seperti cermin besar dan lampu.

4. Desain Barbershop Bergaya Kontemporer

Via essenziale-hd.com

Desain interior tempat pangkas rambut ini mengusung tema kontemporer yang sederhana namun tetap menarik. Dengan pemilihan warna netral dan tanpa dekorasi berlebihan, dijamin pengunjung akan merasa dimanjakan selama berada di dalam ruangan.

Untuk melengkapi interior ruangan, Anda bisa menambahkan berbagai fasilitas seperti kursi pangkas rambut, cermin besar, dan lampu hiasan. Pemasangan rak dengan konsep serupa tidak hanya menambah fungsi tetapi juga keindahan interior. 


5. Desain Babershop Bergaya Futuristic


Via aliexpress

Di era modern yang begitu dinamis seperti saat ini, banyak sekali interior-interior ruangan, termasuk barbershop, yang tertarik untuk mengaplikasikan konsep futuristik dan minimalis. Pilihan ini karena desain futuristik tidak hanya dapat menciptakan atmosfer barbershop yang modern tetapi juga membuat pelanggan maupun hairstylist ataupun karyawan lainnya merasa trendi.

Desain interior barbershop futuristik tentunya dapat dilakukan dengan berbagai macam cara seperti pilihan bentuk dan warna furnitur, aksesoris ruangan hingga font design logo barbershop.

Tampil kesan minimalis pada bagian depan dan juga interior barbershop tampak pada kursi ergonomis berdesain modern dengan pilihan warna netral, putih, dan sejenisnya. Tidak hanya itu, tambahan warna gold pada bagian cermin memberikan kesan modern dan futuristik yang semakin kuat. Apalagi, ditambahkan lampu pada bagian cermin sehingga ketika pelanggan duduk semakin dimanjakan dan dengan jelas melihat proses potong rambutnya.

Perhatikan juga warna cat dinding dan juga lantainya. Pilih warna yang serasi seperti warna lantai abu-abu dan dindingnya berwarna putih. Harmoni dan gradasi warna tersebut akan menampilkan kesan minimalis dan futuristik.

Penggunaan teknologi terbaru juga perlu dipertimbangkan sebagai upaya untuk menciptakan kesan futuristik seperti pengaplikasiannya pada pencahayaan, material, struktur, sistem pembayaran, layanan member card, utilitas ruang, dan lain sebagainya.


Perkiraan Modal yang Diperlukan untuk Membuka Usaha Barbershop

Tertarik untuk membuka usaha barbershop? Selain desain, faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah modal awal. Kebutuhan modal awal sangat bergantung pada konsep dan fasilitas barbershop yang ingin Anda bangun.

Bagi Anda yang ingin mengetahui perkiraan modal yang dibutuhkan, perhatikan tabel modal usaha untuk barbershop minimalis di bawah ini.


Peralatan / Kebutuhan

Jumlah

Harga Satuan (Rp)

Harga Total (Rp)

Kursi pangkas rambut

2

1.000.000

2.000.000

Meja dan cermin besar

2

1.500.000

3.000.000

Cermin kecil

2

25.000

50.000

Mesin cukur

2

350.000

700.000

Sisir rambut

2

10.000

20.000

Gunting sasak

2

75.000

150.000

Gunting potong rambut

2

50.000

50.000

Pisau cukur

2

15.000

30.000

Silet

20

2.500

50.000

Handuk kecil

12

15.000

180.000

Kap penutup badan

2

45.000

90.000

Botol semprot

2

15.000

30.000

Jepit buaya besar

10

1.500

15.000

Jepit buaya kecil

10

1.000

10.000

Mangkok sabun

2

5.000

10.000

Sikat bulu

1

25.000

25.000

TOTAL

6.460.000



Perkiraan modal di atas belum termasuk biaya sewa tempat serta pembelian fasilitas tambahan seperti TV, kipas angin / AC, rak, dan berbagai fasilitas lainnya. Jumlah modal yang Anda butuhkan mungkin lebih besar dari perkiraan tersebut.

Dengan mengetahui desain barbershop serta perkiraan modal awal yang dibutuhkan, Anda bisa membuat persiapan yang matang sebelum membuka usaha pangkas rambut. Dengan demikian, diharapkan usaha yang Anda bangun bisa berjalan dengan baik.

0 komentar

Post a Comment