20+ Ide Nama Usaha Makanan Pedas Kekinian

Author -  Nidaur Rahmah

Indonesia termasuk negara dengan sebagian besar rakyatnya suka makanan-makanan pedas. Tentu saja, hal ini bisa kamu manfaatkan untuk membuka usaha makanan pedas. Sebelum membuka usaha, kamu harus menentukan dulu makanan pedas apa yang hendak dijual, kemudian memberikan nama yang pas dan cocok sehingga mudah diingat oleh konsumen.

Banyak jenis makanan pedas yang bisa dijual mulai dari camilan atau makanan ringan hingga makanan berat, seperti mie pedas dan ayam geprek. Banyak orang yang menggemari makanan-makanan pedas kekinian ini, terlebih makanan ringan pedas. Nah, nggak ada salahnya jika kamu yang hobi jajanan pedas bisa memanfaatkannya sebagai peluang usaha. Yuk, simak dulu ide usaha makanan pedas dan nama yang cocok untuknya!





20+ Ide Nama Usaha Makanan Pedas

Sama halnya seperti nama orang, nama usaha makanan pun merupakan sebuah doa. Jadi, menurut pribadi penulis sebenarnya kurang cocok jika menamakan nama usaha makanan dengan nama-nama yang buruk, seperti ada tambahan kata setan atau gila, contohnya mie setan atau pentol gila untuk menggambarkan level kepedasannya. 

Masih banyak nama-nama yang bagus untuk menggambarkan bahwa makanan yang dijual adalah makanan-makanan pedas, yaitu seperti ide di bawah ini:


1. Geprek Tonjok Ayam



Banyak dari pelaku usaha kuliner memulai bisnisnya dari hasil keisengan dan coba-coba. Salah satunya adalah usaha makanan ayam geprek. Kamu tak harus selalu menciptakan kuliner baru, tetapi kamu bisa menambahkan sesuatu pada yang sudah ada dan memberikan nama yang unik agar semakin spesial. Misalnya, Geprek Tonjok Ayam ini.

Agar terlihat unik sesuai dengan namanya, kamu bisa menambahkan keju mozzarella pada ayam geprek ini sehingga akan banyak orang-orang yang makin penasaran ingin mencicipinya.

2. Rujak Buah Huahhh!


Ide jualan rujak buah dapat kamu pilih untuk jenis usaha makanan-makanan pedas. Peluang usaha ini sangatlah besar karena banyak orang yang menyukainya, terlebih di kota-kota besar.

Dengan nama "Rujak Buah Huaah!" peluang usaha ini cukup dengan bermodalkan kecil. Siapkan bahan isiannya seperti buah buahan yang disesuaikan variasinya berdasarkan musim. 

Kekhasan dari rujak buah agar berbeda dengan usaha rujak buah lainnya adalah terletak pada bumbu kacangnya. Buatlah bumbu yang enak dan bervariasi dari segi rasa agar mendapatkan tempat di hati para pelanggan.


3. Healthy Hot Siomay (H2S)


Makanan ini merupakan makanan sehat karena siomay sendiri terbuat dari bahan-bahan seperti ikan tenggiri, udang cincang, dan bumbu-bumbu khas nusantara. Meskipun tergolong jajanan para pelanggan pastinya tidak perlu meragukan lagi kandungan gizinya.

Nah, dari situ kamu dapat memberikan nama usaha makanan pedas ini dengan nama misalnya Healthy Hot Siomay (H2S). Menarik, bukan? Untuk memberikan rasa pedasnya kamu dapat menambahkannya dengan saus sambal dan saus mayo yang membuat siomay ini semakin lezat dan nikmat.


4. Kentang-Kentang Huhah



Nama usaha makanan pedas ini menggambarkan bahwa yang dijual merupakan aneka camilan kentang, seperti kentang goreng sambal saos keju pedas.

Camilan ini banyak disukai oleh masyarakat karena rasanya yang renyah dan gurih. Buatlah yang unik dari mulai kemasan (packaging) hingga soal rasa variannya sehingga usaha mu ini akan semakin populer.

5. Kebab Blingsatan



Selanjutnya usaha makanan yang banyak diminati banyak orang adalah kebab. Salah satu ciri khas dan paten yang diperlukan dalam usaha kuliner ini adalah soal varian rasa. 

Kamu dapat menambahkan varian rasa pedas pada usaha kebab ini mengingat cukup banyak orang yang tidak bisa makan jika makanannnya tidak mengandung cabe atau rasa pedas.

Salah satu nama yang unik dari usaha kuliner ini kamu dapat menamainya dengan "Kebab Blingsatan". Cakep, bukan?


6. Spicy Spaghetti (Spispa)



Siapa yang tidak suka makanan khas Italia ini? Makanan ini sebetulnya identik tanpa rasa pedas sama sekali, namun tidak ada salahnya jika kamu mengkombinasikan spaghetti ini dengan saos sambal yang pedas.

Berikan nama usaha makanan ini dengan nama yang unik, misalnya SpiSpa yang merupakan singkatan dari Spicy Spaghetti.


7. Har Chicken Wings



Har berasal dari bahasa Arab, berarti pedas. Paduan bahasa Arab dan bahasa Inggris pada nama usaha makanan pedas ini sangatlah cocok untuk menggambarkan konsep bisnis sayap ayam ini.

Dalam memulai bisnis chicken wings, ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar bisnis kamu ini sukses, yaitu:

  • Dapatkan suplai bahan baku yang berkualitas. Karena bahan baku berkualitas tentu saja akan menghasilkan chicken wings yang enak dan berkualitas pula. 
  • Lakukan promosi melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok, dan lain sebagainya. Buatlah cerita dan promo yang menarik pada event-event tertentu. 
  • Buat kemasan yang menarik dan kekinia. Tidak hanya itu, packaging haruslah aman dan juga mudah dibawa ke-mana-mana.


8. Pentol Keringetan



Pentol keringetan adalah sebutan lain untuk pentol yang disirami saus cabe dan dikelilingi oleh spaghetti. Bukan saus sambal biasa, tetapi usaha kuliner pentol keringetan ini menggunakan sambal asli dengan biji cabai yang benar-benar melumuri permukaan pentol dan siap diaduk dengan spaghetti yang ada di sekelilingnya.

Selain pentol rasa pedas keringetan, ada pula pilihan varian saos spaghetti yang ditambahkan dengan saus mayonnaise agar rasanya lebih ramah di lidah.

9. Bebek Tsurai



Tsurai yang merupakan bahasa Jepang dari kata pedas sangatlah cocok untuk disandingkan dengan sajian masakan bebek.

Bebek goreng atau ungkep ditambah dengan sambal khasnya ini memiliki rasa yang spesial. Sediakan berbagai macam varian sambalnya sehingga membuat pelanggan memiliki banyak pilihan untuk aktivitas makan lebih lahap. 

Kamu bisa menentukkan varian sambal tertentu yang menjadi favorit pelanggan untuk ditampilan pada plamfet, brosur promosi. Misalnya, sambal pencit favorit yang memiliki rasa asam dan pedasnya yang sedap.

Varian sambal tersebut dipadu dengan daging bebek yang gurih dan lalapan segar tentu saja sangatlah menggoda bagi para penikmat kuliner.


10. Ceker Cobek



Tak hanya bebek dan pentol, ceker adalah salah satu bahan makanan yang cocok jika disajikan dengan rasa pedas. Tentu saja usaha ini bakal menjadi menu favorit di resto kamu.

Kamu bisa menamakan usaha kuliner pedas ini dengan nama "Ceker Cobek". 

Proses masaknya adalah ceker ayam dimasak hingga matang dengan bumbu khusus untuk menghilangkan bau amisnya. Jika sudah, masukkan ke dalam cobek dan siram dengan bumbu cabai yang tak tanggung-tanggung.


11. Sego Tempong Nampol



Nasi tempong alias sego tempong merupakan makanan khas Banyuwangi. Usaha kuliner ini menjual jenis makanan pedas dengan bahan dasar lauk-pauk berupa tahu, tempe, ikan asin, cumi, dan sayuran yang sudah direbus. Kemudian, disiram dengan sambal di atasnya. 

Nah, asal kata “tempong” itu diambil dari bahasa Osing (bahasa suku Osing Banyuwagi) yang berarti ditampar karena sambalnya yang pedas seakan-akan menggambarkan orang yang makan terasa ditampar karena sangking pedasnya.

Agar unik, kamu dapat menambahkan kata "Nampol" sehingga nama usaha makanan pedas ini menjadi "Sambal Tempong Nampol".

Selain dari segi nama, kamu juga bisa berinovasi agar rasa kuliner sego tempong ini semakin menjadi primadona.


12. Penyetan War


Penyetan merupakan kuliner yang tidak asing lagi di telinga. Agar terlihat khas dan unik, kamu bisa menyediakan berbagai lauk seafood, jadi tidak hanya sebatas penyetan lele, ayam, dan bebek.

Penyetan War merupakan ide nama yang cocok untuk usaha makanan pedas yang satu ini. Sajikan pada wadah satu cobek besar untuk memberikan kesan resto kekinian, dengan isian lauk berupa ikan, udang, timun, tomat, kol, dan lalapan lainnya yang disiram sambal.


13. BanPres Ludes (Bandeng Presto Lunak Pedes)



Dengan daging bandeng yang lembut dan sambal yang pedas, rasanya lidah pun tak bisa menolak kenikmatannya.

Aromanya sudah mengundang para pecinta masakan pedas untuk mampir dan menguji nyali dengan rasa pedas bandeng presto ini. 

Daging bandengnya dijamin tak amis, benar-benar empuk, serta sedap. Sajikan dengan nasi panas yang pastinya para pelanggan tidak cukup jika hanya datang satu kali.

Berikan nama yang unik pada olahan ikan pedas ini, misalnya "BanPres Ludes" yang merupakan kependekan dari Bandeng Presto Lunak Pedes.

14. Pecel Lele Geplak Kemringet



Pecel lele merupakan salah satu hidangan pedas yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Pastinya kamu seringkali menemukan warung pecel lele di sekitar rumah kamu.

Seiring berjalannya waktu, pecel lele semakin menjamur dan tentu saja jika kamu ingin membuka usaha ini haruslah berinovasi agar unik dan menarik. Misalnya, dengen pemberian nama usaha yang mudah diingat seperti "Pecel Lele Geplak Kemringet".

Selain nama dan inovasi rasa, hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah metode pengelolaan keuangannya. Agar usaha yang kamu jalankan bisa berkembang atau bahkan bisa membuka cabang, maka kelola dengan baik keuangan usaha kuliner pecel lele ini. 

Ada beberapa panduan pengelolaan keuangan usaha kuliner pecel lele bagi para pemula, yaitu seperti berikut ini:

  • Pisahkan uang pribadi dan usang usaha
  • Pastikan modal dan laba dari hasil usaha kuliner pecel lele ini digunakan untuk mengembangkan usaha, bukan untuk kebutuhan lainnya
  • Awasi arus kas dengan baik, termasuk mencatat arus kas masuk dan keluar keuangan dengan rinci dan mendetail
  • Pastikan untuk selalu membayar semua tagihan atau invoice dengan tepat waktu, baik tagihan bulanan maupun tagihan yang bersifat tahunan

Jika pengelolaan keuangan bagus dan omset usaha bisa berjalan baik, bukan tidak mungkin kamu bisa membuka cabang di tempat lain.


15. Pasta Cumi Celebes



Pasta cumi memang kini banyak sekali difavoritkan masyarakat luas. Pasta cumi dibuat menggunakan cumi-cumi yang dipadukan dengan bumbu-bumbu pilihan, mislanya rasa pedas dengan cita rasa enak dan menyehatkan. 

Rasanya memang pedas, gurih dan begitu lezat, sehingga pasta cumi ini tidak hanya bisa dijual untuk makan pagi saja, melainkan juga pas jika dijual pada siang ataupun malam hari. 

Peluang usaha pasta cumi ini masih terbuka lebar bagi siapapun yang ingin terjun di dalam usaha kulinr. Kamu dapat menamai usaha kuliner ini dengan nama "Pasta Cumi Celebes" ataupun yang lainnya.


16. Seuhah Seblak



Seuhah merupakan kata yang berasal dari Bahasa Sunda berartikan sangat pedas. Jika disandingkan untuk pemberian nama usaha kuliner seblak pastilah sangat cocok, seperti Seblak Seuhah.

Bisnis kuliner seblak ini tak pernah lekang oleh zaman. Jajanan ini masih mampu bertahan dan tetap eksis hingga sekarang. Cita rasa seblak yang pedas gurih membuat para pelanggan kaamu selalu kangen untuk datang kembali dan menjajal kudapan ini.


17. Habanero Tahu Walik

Via masakapahariini.com


Habanero merupakan salah satu jenis cabai paling pedas di dunia. Kata ini sangat cocok disandingkan pada kuliner pedas untuk menggambarkan kepedasan menu makanannya. Salah satunya adalah Tahu Walik Habanero.

Tahu walik memiliki tekstrur, rasa, serta varian sambalnya yang menggugah selera. Kamu dapat membuka usaha tahu walik ini dengan modal yang minim karena pada dasarnya bahan baku tahu yang memang sangat terjangkau. 

Paduan rasa tahu yang netral dengan isian daging atau aci merupakan keunikan yang tidak dimiliki oleh jenis camilan lainnya. Apalagi, ditambah dengan beragam saus atau varian rasa mulai dari pedas, asin, hingga manis yang tentu saja membuat penikmat tahu ingin menyantap kudapan ini lagi dan lagi. 

18. Basreng Kemringet Sundul Langit



Basreng merupakan bakso yang digoreng yang kemudian dilumuri bumbu pedas sehingga membuat cita rasanya semakin lebih enak dan nagih.

Kelezatan rasa basreng ini sangat cocok bagi para penikmat pedas. Tingginya minat masyarakat dari semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menjadikan bisnis ini cocok untuk kamu coba.

Berilah nama usaha kuliner camilan pedas ini dengan nama yang unik, misalnya "Basreng Kemringet Sundul Langit".


19. Speziato Makaroni




Camilan yang terbuat dari makaroni yang satu ini memiliki jumlah peminat yang cukup banyak. Rasanya yang pedas, gurih, dan renyah membuat masyarakat ketagihan untuk ngemil lagi dan lagi. 

Camilan ini sangat cocok untuk menemani waktu bersantai. Jadi, tak heran jika peluang usaha camilan pedas makaroni ini sangatlah menjanjikan.

Kamu dapat menamai makanan ini dengan nama dari luar negeri, misalnya Speziato yang diambil dari bahasa Italia berarti sangat pedas.


20. Ikan Patin Tempoyak Spicy 

Via galerijambi.com


Usaha kuliner dari bahan baku ikan patin ini memang tidak pernah surut dan terus diminati oleh banyak kalangan. 

Bahan baku yang mudah didapat dan juga peminat olahan ini yang semakin banyak membuat peluang usaha ini semakin luas. 

Ikan patin ini dimasak dengan dilumuri tempoyak yang merupakan daging buah durian yang sudah difermentasikan. Perpaduan rasa antara ikan patin dan tempoyak ini sangat nikmat dan sedap, ditambah dengan rasa pedas yang menjadi ciri khasnya.

Kamu dapat memberikan nama usaha kuliner pedas ini dengan nama Ikan Patin Tempoyak Spicy.


Bisnis usaha makanan memang tidak ada matinya, ada banyak makanan pedas yang bisa dijadikan suatu bisnis. Untuk membuka usaha makanan pedas seperti di atas sebenarnya tidak memerlukan keahlian khusus, yang kamu butuhkan mungkin adalah trial and error. Di zaman sekarang, berilah nama yang unik untuk usaha makanan pedas agar menarik banyak orang.

0 komentar

Post a Comment