Ide Usaha Kreatif di Luar Negeri Yang Belum Ada di Indonesia

Author -  Nidaur Rahmah

Sejatinya ada banyak bisnis di luar negeri sana yang belum ada di Indonesia—dan, berpeluang mendatangan keuntungan yang banyak. Mungkin beberapa dari ide usaha ini membuat kamu menggelengkan kepala, tidak percaya, sementara yang lain membuat kamu takjub, dan berkata "Hei! Kenapa aku tidak memikirkannya?"

Ide usaha yang berasal dari luar negeri ini ini berkisar dari mulai berurusan dengan kutu rambut hingga yang berususan dengan orang tua, tetapi semua ide tersebut memiliki satu kesamaan, yaitu semuanya adalah bisnis nyata dan menghasilkan uang.



Contoh Ide Usaha Kreatif di Luar Negeri Yang Belum Ada di Indonesia


"Jika di luar negeri tidak ada usaha jasa tembel ban, maka kira-kira usaha apa yang di luar negeri ada dan sukses, namun belum ada di Indonesia".

Mungkin pertanyaan atau pikiran tersebut sering kali muncul sebagai bentuk kreativitas dari otak kita, karena secara langsung kita ingin menampilkan jenis usaha yang berbeda dengan yang lainnya, bukan?

Kabar baiknya, kami telah mengumpulkan begitu banyak peluang usaha yang inovatif dan unik yang terinpirasi dari negara luar.

Penasaran apa saja ide bisnis di luar negeri yang belum ada di Indonesia seperti yang dimaksud? Yuk, langsung simak di sini!


1. "Rumah Sakit" Boneka

Via abc.net.au

Bagi sebagian orang boneka merupakan barang kesayangan yang harus terus terlihat bagus dan baik. Namun, terkadang salah satu bagian dari boneka mengalami kerusakan sehingga memerlukan perbaikan untuk mengembalikan boneka tersebut ke kondisi yang baik.

Nah, di sinilah peluang yang bisa kamu ambil untuk membuka usaha "Rumah Sakit Boneka". Jika di luar negeri usaha ini sudah banyak yang menjalankannya, di Indonesia masih jarang dan pangsa pasarnya cukup besar lho.

Sebagai jasa reparasi boneka, "Rumah Sakit Boneka" ini dapat kamu jalankan dengan menawarkan tarif reparasi boneka yang beragam. Hal ini disesuaikan dengan level kerusakan boneka yang ingin diperbaiki.

Selain itu, kamu juga bisa jasa laundry boneka. Kamu juga perlu telihat berbeda dengan kompetitor jasa laundry lainnya, misalnya dengan tagline "Bonek Bersih Sampai Ke Akar-Akarnya", yaitu jasa yang diberikan berupa sebelum dicuci bahan isian bonekanya dikeluarkan terlebih dahulu sehingga boneka akan menjadi lebih bersih.


2. Peluang Usaha Anger Room

Vice.com


Ada banyak sekali ide bisnis unik yang ada di luar negeri, akan tetapi belum populer di Indonesia. Salah satunya adalah ada Anger Room, yaitu ruangan yang dihadirkan untuk konsumen yang sedang mengalami stress, depresi, atau esmosi yang meletup-letup sehingga membutuhkan cara untuk melampiaskannya.

Perusahaan pertama yang hadir dengan konsep ini adalah Rage Ground, yang berlokasi di Los Angeles, Amerika Serikat. Perusahaan ini menyediakan sistem pemesanan jasa "Anger Room" tersebut via website di https://rageground.com/.

Para pelanggan ini bisa mengekspresikan esmosinya dengan berteriak, membanting barang atau memukul properti yang memang sengaja disediakan. Mereka diperbolehkan untuk menghancurkannya sampai berkeping-keping.

Adapun barang-barang yang disediakan di dalam anger room tersebut merupakan barang-barang yang sudah rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi, misalnya televisi LED, komputer, AC, dan lain sebagainya.

Selain itu, setiap pelanggan akan dibekali dengan set baju "Alat Pelindung Diri" yang digunakan supaya tubuh mereka tidak terluka terkena pecahan benda tajam selama berada di Anger Room.


3. Penghilang Kutu Rambut

Via urgentliceremoval.com



Kutu rambut tidak hanya menyerang orang tua, namun ada kemungkinan besar beberapa di antaranya akan berakhir di kepala anak kamu. 

Nah, untungnya ada bisnis yang menyediakan layanan penghilang kutu rambut. Yang paling terkenal adalah The Texas Lice Squad (sekarang The Lice Place), yang memiliki beberapa franchise di Texas, Tennessee, dan Alabama.

Kamu dapat memulai usaha ini dengan mendirikan website layanan penghilang kutu rumbut. Misalnya seperti heliceplace.com, myhairhelpers.com, atau urgentliceremoval.com yang merupakan lice clinic (klinik kutu).


4. Makanan Bayi Organik

Usaha makanan bayi organik ini termasuk bisnis yang belum banyak orang menggeluti ya, terlebih di Indonesia. Usaha yang satu ini juga sangat laris manis di luar negeri karena kedua orang tuanya sibuk bekerja, sementara itu bayinya harus terpenuhi kebutuhan gizinya.

Jika kamu ingin menjalankan usaha ini, salah satu hal paling penting dalam bisnis makanan bayi adalah mengutamakan kualitas gizi dan juga bahan baku yang aman dikonsumsi oleh bayi. 

Sebenanya caranya cukup mudah untuk memastikan suplai bahan baku yang diterima apakah berkualitas atau tidak. Kamu cukup melakukan pengecekan terhadap produk bahan baku tersebut apakah bahan-bahan tersebut sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan juga sudah memiliki sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) ataukah belum.

Selain itu, hal lain yang perlu diperhatikan dalam bisnis kuliner, termasuk makanan bayi, adalah kemasannya. Packaging yang menarik dan aman bagi makanan itu sendiri akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. 

Gunakan kemasan paper bowl atau mangkok plastik dan jangan lupa untuk menempelkan merek maupun logo bisnis dan nomor kontak yang bisa dihubungi. Hal ini perlu dilakukan sebagai bentuk promosi dan juga meningkatkan brand awareness dari bisnis yang kamu jalani.



5. Cafe Khusus Kucing

Via manchestereveningnews.co.uk



Kita semua tahu bahwa menghabiskan waktu dengan hewan itu sangatlah menenangkan. Ide bisnis ini bukanlah kafe yang menjual kucing, akan tetapi merupakan sebuah kafe dimana para pelanggannya dapat bebas bermain bersama kucing sambil minum atau makan.

Ide usaha ini sudah ada di beberapa negara seperti Jepang. Nah, di Indonesia masih sedikit padahal pecinta hewan ini sangatlah banyak. Peluang kamu untuk membuka usaha ini sangatlah terbuka lebar.

Jika berniat untuk membuka usaha ini, pastikan bahwa tempat bermain kucing dibuat dan didesain khusus oleh pakar hewan. Kamu juga perlu menghadirkan dokter hewan untuk memastikan bahwa kucing-kucing tersebut terawat dengan benar dan kondisinya baik. Dengan demikian, pengunjung tidak perlu khawatir untuk bermain dengan kucing yang ada cafe kamu.


6. Usaha Cuci Motor Panggilan

Usaha jasa cuci motor panggilan ini belum ada di Indonesia, padahal di beberapa negara di luar sana sudah cukup banyak membuka bisnis ini. Salah satunya ada aplikasi mo-clean yang menyediakan jasa cuci dan semir sepeda dan sepeda motor, di London, Inggris.


7. Usaha Jasa Potong Rambut Panggilan

Semenjak pandemi Covid-19 menyerang seluruh dunia, beberapa pelaku usaha semakin merugi. Hal ini seperti yang dialami oleh banyak tukang cukur atau barber shop.

Meskipun demikian, beberapa barbershop di luar negeri tidaklah berdiam diri. Mereka juga menyediakan jasa potong rambut ke rumah. Nah, ide tersebut sangat cocok jika diadopsi di Indonesia. 

Selain karena pandemi, ternyata banyak juga masyarakat, khususnya di kawasan perkotaan yang malas untuk keluar rumah untuk hanya sekedar potong rambut. Nah, jika mereka menginginkan jasa ini maka hanya melakukan pemesan lewat aplikasi, maka ada orang yang akan datang untuk memotong rambut kamu di rumah/apartemen.

8. Hotel untuk Hewan Peliharaan atau Pet Hotel

Via Petbacker.com



Jika ada cafe untuk kucing dan hewan peliharaan lainnya, maka tidak mengherankan jika kamu membuka bisnis hotel untuk hewan peliharaan. 

Pet hotel ini memberikan solusi bagi mereka yang tidak memiliki asisten rumah tangga (ART) atau kerabat yang bisa mengurus hewan miliknya ketika sedang bepergian dalam waktu yang cukup lama. 

Selain menyediakan fasilitas penitipan, kamu juga bisa menyediakan fasilitas untuk memanjakan hewan. Karena sejatinya hewan peliharaan seperti anjing atau kucing juga membutuhkan kehidupan yang menyenangkan seperti layaknya manusia. Tak hanya sekedar diberi makan, hewan kesayangan juga perlu untuk diajak bermain agar tidak mengalami kebosanan atau stress.

Nah, kamu bisa memberikan tarif setiap layanan tersebut sesuai dengan paket apa yang dipilih oleh pemiliknya.

Seperti hotel biasa, untuk membuka usaha ini kamu perlu untuk membuat situs web yang terlihat profesional.



9. Adult Day Care

Via Caring.com

Ide usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia selanjutnya adalah day care for adult. Jika secara umum kita mengenal day care untuk penitipan anak, namun kali ini ide bisnisnya berupa day care untuk para lansia.

Ya, pada umumnya para lansia kebanyakan hanya tinggal di rumah saja yang mungkin saja membuat mereka mudah stress dan merasa bosan.

Mengapa kamu tidak mencoba untuk mengadopdi usaha ini di kotamu? Memang, budaya di Indonesia masih menganggap tabu dengan menitipkan orang tua di day care. Namun, day care for adult ini bisa menjadi solusi bagi mereka yang disibukkan dengan pekerjaan, sementara juga harus merawat orang tuanya dan tidak tega jika orang tuanya dititipkan di panti jompo.

Jika kamu ingin membuka usaha day care for adult ini maka harus menyediakan sarana rekreasi baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Sarana rekreasi tersebut dapat berupa kegiatan mewarnai, merajut, membuat kerajinan simpe, dan aktivitas lain yang mampu mengasah intelektualnya.

Selain itu, kamu juga dapat menyediakan assesment fisik yang bekerja sama dengan fisioterapis. Nah, di sini para orang tua tersebut juga diajak berolahraga, relaksasi pijat kaki, dan lain sebagainya.

Tidak sedikit orang yang ingin menjalankan sebuah usaha, akan tetapi masih bingung untuk menemukan ide usaha yang cocok baginya, padahal modalnya sudah siap. Jadi sebenarnya sebuah ide bisa muncul tidak hanya dari lingkungan sekitar kita, akan tetapi bisa saja muncul dari ide usaha yang sudah berjalan di luar negeri sana.

0 komentar

Post a Comment