5 Cara Bisnis Kos Kosan Tanpa Modal, Mental Pengusahamu Akan Terbentuk!

Author -  Nidaur Rahmah

Bisnis kos-kosan merupakan salah satu dari jenis usaha yang bergerak di bidang properti. Selain mengandung bisnis, usaha ini juga masuk ke dalam klasifikasi investasi. Kamu dapat memulai bisnis kos-kosan bahkan dengan modal 0 rupiah sekalipun.

Biasanya yang membidik bisnis kos-kosan ini kebanyakan para pensiunan, namun kamu tanpa modal pun juga bisa menjadi "pemilik kos" lho.

Apa iya bisa bisnis kos-kosan tanpa modal? Lalu, untuk membeli bahan material bangunan, membayar gaji tukang dan kuli, atau membeli lahannya tidak menggunakan uang? Nah, jika kamu semakin penasaran yuk simak cara bisnis kos-kosan tanpa modal seperti yang akan dijelaskan pada artikel di bawah ini.



Keuntungan Bisnis Kos Kosan Tanpa Modal

Bisnis apa pun yang tanpa modal namun memberikan revenue tentu saja sudah merupakan sebuah keuntungan tersendiri, termauk bisnis kos-kosan tanpa modal ini. 

Bisnis kos-kosan tanpa modal sangatlah menguntungkan karena hanya perlu bermodalkan ide dan juga kemampuan berbicara, kamu akan mendapatkan penghasilan tetap yang terus mengalir ke rekeningmu.

Adapun keuntungan bisnis kos-kosan tanpa modal adalah sebagai berikut:


1. Peluang target pasar yang luas

Tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi masyarakat, terutama bagi mereka yang sudah berkeluarga. Salah satu jenis tempat tinggal yang setiap tahunnya mengalami peningkatan permintaan adalah kos-kosan. 

Kos-kosan banyak dibutuhkan oleh mereka yang berstatus mahasiswa ataupun karyawan, khususnya di kawasan kampus dan perkotaan.

Setiap tahunnya akan terus ada penyewa baru yang berasal dari luar kota. Nah, bisnis kos-kosan ini sangat bagus dan menguntungkan apabila bangunan tersebut berdiri di kawasan yang strategis, seperti daerah kampus dan kota-kota besar.

2. Pendapatan per tahun atau per bulan secara rutin

Dengan memilih bisnis kos-kosan ini, kamu akan mendapatkan pendapatan rutin dari para penyewa kos. Bahkan, dengan seiringnya waktu biaya sewa kos akan mengalami peningkatan terus-menerus. Hal ini berarti pendapatanmu juga akan semakin naik dari tahun ke tahun.

3. Kos-kosan merupakan instrumen investasi properti yang bernilai tinggi dan terus naik

Sebagaimana di singgung di atas, kos-kosan merupakan salah satu jenis investasi di dunia properti. Bisnis properti sendiri ditujukan untuk mendapatkan return of investment (ROI) yang nilainya terus meningkat seiring waktu. Dengan demikian, kekayaan bersih atas kepemilikan kos-kosan akan bertambah juga.



5 Cara Bisnis Kos Kosan Tanpa Modal



Berikut ini beberapa 5 cara yang dapat kamu lakukan jika ingin memulai bisnis kos-kosan namun terkendala dengan modal:


1. Menjadi agen pemasaran kos-kosan

Menjasi agen pemasaran rumah kos bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan bagi kamu yang masih kuliah bisa terjun ke bisnis ini. Hal ini dikarenakan ide usaha ini bisa dilakukan tanpa modal, yaitu dengan cara menawarkan diri kepada pemilik kos bahwa kamu siap menjadi makelar yang mencarikan calon penyewa kos. 

Kamu dapat memulainya dengan menawarkan kepada teman kuliah atau teman kerja. Selain itu, juga bisa memasang iklan di situs iklan kos dan media sosial.

Untuk kaitannya dengan fee atau komisi yang bisa kamu peroleh, kamu bisa mendiskusikannya dengan pemilik kos.

2. Menjadi pengelola kos

Selanjutnya cara bisnis kos-kosan tanpa modal adalah dengan menjadi pengelola kos-kosan. Kamu dapat menawarkan diri kepada pemilik kos untuk mengelola kos yang ia miliki. Kamu akan mengerjakan berbagai tugas seperti membersihkan halaman kosan, mengumpulkan sampah para penyewa kos, dan lain sebagainya terkait dengan kenyamanan dan ketertiban kos.

Jasa ini biasanya dibutuhkan pemilik kos yang tempat tinggalnya dari usaha kos-kosannya. Kamu bisa meminta gaji bulanan atau komisi dari penghasilan kos sebagai imbalan atas jasa yang telah kamu berikan dalam mengelola kos.

Tidak hanya mengelola kos-kosan, bahkan di rumah kos ini kamu bisa juga membuka usaha jenis lain, seperti menjual pulsa, air minum, snack, mie instan, sabun, dan keperluan sehari-hari.


3. Punya kamar kosong yang tidak terpakai? Sewakan saja sebagai kosan

Jika di rumah kamu terdapat kamar yang layak huni namun jarang ditempati, misalnya kamar tamu, kamu dapat memulai bisnis kos tanpa modal dengan menyewakan kamar tersebut.

Pada masa-masa awal mungkin akan muncul perasaan tidak nyaman karena ada orang asing yang tinggal di dalam rumah kamu, namun selanjutnya kamu akan terbiasa.


4. Buat startup atau aplikasi kos-kosan online

Membuat aplikasi yang menghubungkan antara pemilik kos dengan mereka yang mencari kos-kosan mungkin bisa kamu jadikan ide peluang usaha kos-kosan tanpa modal. 

Layanan online ini menyajikan data informasi kos dan detail fasilitasnya. Oleh karenanya, jika kamu mendirikan jenis startup ini kamu juga perlu terjun langsung ke lokasi kosan untuk memastikan apa yang diiklankan sesuai dengan yang ada di lapangan. 

Kamu bisa mengambil untung dari setiap transaksi yang dilakukan melalui aplikasi. Semakin banyak yang menggunakan aplikasi kamu, semakin besar jumlah pendapatan yang akan kamu peroleh.

5. Mengajukan Pembiayaan ke Bank

Nah, ide terakhir cara bisnis kos-kosan tanpa modal adalah dengan mengajukan pembiayaan ke bank. Buatlah rencana bisnis (business plan) yang berisi tentang pembangunan rumah kos. Bank biasanya akan mempelajari dahulu business plan tersebut dan juga akan melakukan survei ke lokasi pendirian rumah kos. 

Nah, jika disetujui kamu dapat menggunakan kredit pembiayaan tersebut untuk membangun rumah kos. Dan selanjutnya, kamu dapat mengangsur cicilan kredit tersebut dari pendapatan sewa kos. Namun ide usaha dengan pembiayaan bank ini harus diperhitungkan secara matang, karena jika kos-kosan tidak kunjung laku maka kamu akan bingung bagaimana melunasi cicilan dari bank tersebut yang semakin lama mendekati jatuh tempo.


Usaha kos-kosan dengan cara di atas tidak boleh dipandang sebelah mata. Meskipun hasilnya terlihat kecil, namun akan mampu memberikan penghasilan tambahan. Usaha tanpa modal ini juga bisa menjadi pengalaman berbisnis yang akan menempa mental kamu untuk menjadi entrepreneur yang sukses.

0 komentar

Post a Comment