Apa itu Rencana Pemasaran? Ini Cara Membuatnya Sesuai Tren Yang Berkembang

Author -  Nidaur Rahmah

Rencana pemasaran merupakan bagian dari sebuah rencana bisnis (business plan). Dan pemasaran ini merupakan salah satu unjung tombak dari sebuah kesuksesan bisnis selain daripada produk yang berkualitas. 

Tanpa adanya aktivitas pemasaran, masyarakat tidak akan mengetahui produk barang/jasa yang kamu jalankan. Oleh sebab itu, mengetahui cara membuat rencana pemasaran yang baik sangatlah penting agar bisnis kamu bisa sukses kedepannya. Untuk itu, yuk ketahui ilmu ter-update mengenai rencana pemasaran seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.


Apa itu Rencana Pemasaran?


Rencana pemasaran adalah dokumen bisnis yang dibuat untuk menciptakan strategi dan taktik pemasaran yang cocok untuk bisnis yang sedang dikembangkan. Rencana pemasaran ini dibuat untuk periode waktu tertentu, biasanya untuk periode 1 tahun ke depan mau ngapain aja.

Dalam membuat rencana pemasaran, kamu perlu menuliskan berbagai detail terkait pemasaran, seperti biaya, sasaran, dan langkah tindakan.

Rencana pemasaran bukanlah sebuah dokumen statis. Perencanaan ini bisa berubah menyesuaikan dengan tren pemasaran terbaru. Kamu harus terus belajar untuk dapat menjangkau pasar dengan penyesuaian pada produk dan juga metode pemasaran yang paling sesuai dan beragam.


Tujuan Rencana Pemasaran

Banyak pelaku usaha yang sudah merancang dan membuat rencana pemasaran, namun kemudian tidak menjalankan planning tersebut. Padahal sebenarnya tujuan dari rencana pemasaran adalah untuk membantu kamu dalam menentukan arah bisnis kamu agar lebih dekat menuju kesuksesan.


Manfaat Rencana Pemasaran

Adapun manfaat dari rencana pemasaran bagi para pelaku usaha adalah sebagai berikut:

  1. Memetakan target pasar sehingga pelaku bisnis mengetahui siapa saja klien dan pelanggannya, apakah untuk semua umur atau golongan umur tertentu, apakah untuk masyarakat kelas menengah ke atas ataukah mencakup masyarakat luas, dan lain sebagainya.
  2. Membantu pemilik bisnis dalam menyusun copywriting untuk iklan marketingnya.
  3. Memberikan panduan bagi pelaku bisnis agar lebih fokus dalam menentukan tindakan yang tepat untuk marketing bisnis


Baca juga: Contoh Iklan Jasa yang akan Membantu Copywriting-mu!


Perhatikan 6 Hal Berikut ini, Sebelum Membuat Rencana Pemasaran Bisnis!

Untuk membuat rencana pemasaran ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, yang meliputi deskripsi pesaing, permintaan pasar, dam keunggulan dan kekurangan produk.

Rencana pemasaran adalah sebuah alat yang perlu dipersiapkan pelaku bisnis untuk membantu dalam pencapaian break event point (BEP) untuk usaha yang baru memulai dan return on investment (ROI) untuk usaha yang sudah lama beroperasi.

Ketika kamu membuat rencana pemasaran, sebaiknya perhatikan enam hal berikut ini agar rencana pemasaranmu bisa fokus untuk menjangkau pasar:


1. Detail tentang kondisi dan situasi bisnis

Beberapa hal untuk mem-breakdown detail kondisi bisnis kamu dapat mengajukan pertanyaaan berikut kepada diri kamu sendiri, yaitu:

  • Apa produk atau layanan yang kamu tawarkan ke pasar? 
  • Apa yang berhasil dan tantangan apa yang saat ini kamu hadapi dalam menghasilkan klien dan pelanggan baru? 
  • Masalah apa yang mungkin bakal kamu hadapi dalam beberapa tahun kedepan?
  • Apakah ada kebijakan pemerintah terbaru yang mungkin memengaruhi cara kamu menjalankan opersional bisnis?


2. Siapa target pasar kamu?

Setelah mempelajari detail kondisi usaha kamu, saatnya kamu menentukan siapa target pasarmu. Meskipun target pasar kamu untuk masyarakat luas, hindari sasaran pasar untuk semua orang. Kamu tetap perlu menentukan target pasar sehingga kamu dapat mendefinisikan pasar dan kemudian mencari tahu siapa saja yang membutuhkan produkmu.

Segmentasi pasar ini sangat penting dilakukan sehingga produk kamu akan tepat sasaran.

Sebagai contoh, jika bisnis kamu membantu orang-orang yang ingin menaikkan kelas sosial dalam bermasyarakat, target pasar kamu mungkin para ibu-ibu sosialita dengan menawarkan barang-barang atau aksesoris branded.

Dengan mengetahui pasar, kamu dapat dengan mudah menyusun pesan marketing yang hendak disampaikan sehingga lebih efektif untuk mencapat target pasar.

3. Apa rencana dan tujuan dalam waktu tertentu

Buatlah rencana kegiatan pemasaran dalam waktu tertentu atau ketika ada event tertentu. Buat rencana pemasaran dengan tujuan yang jelas dan dapat diukur. 

Misalnya, di hari pahlawan, kamu dapat membuat event running virtual dan juga offline sekaligus. Para peserta yang dapat mengikuti running adalah masyarakat seluruh wilayah di Indonesia. Mereka dapat mendaftar secara online untuk mengikuti event running tersebut. Dan mereka akan mendapatkan jersey yang dipakai untuk running. Dengan demikian, event tersebut secara tidak langsung menjadi alat pemasaran yang sangat efektif karena para peserta akan memakai jersey yang berdesain brand kamu.


4. Buat strategi pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai laba yang diinginkan

Dalam membuat strategi pemasaran sebaiknya ketahui dulu tempat atau layanan apa yang digunakan oleh mereka para calon pelanggan. 

Sebagai contoh, jika tagert pasar kamu berdasarkan data analytic menghabiskan banyak waktu di aplikasi TikTok dan Instagram, kamu dapat mempertimbangkan untuk beriklan di TikTok atau Instagram.


5. Buat rencana budget marketing

Langkah selanjutnya adalam membuat anggaran untuk rencana pemasaran kamu. Biaya iklan biasanya akan cenderung naik seiring dengan kenaikan target pasar yang hendak ingin kamu capai.

6. Terakhir, action untuk menjalankan rencana pemasaran yang telah dibuat

Membuat perencanaan bisnis itu memanglah mudah, namun menjalankannya yang sulit. Kamu perlu melakukan kegiatan bisnis secara reguler sehingga progress bisnis kamu akan mudah terlihat.


Rencana Pemasaran yang Cocok di Era Digital



Seperti rencana bisnis, rencana pemasaran adalah dokumen yang harus menyesuaikan dengan perkembangan dan tren teknologi di masa kini. Misalnya, jika dahulu iklan marketing hanya berupa media cetak, namun saat ini para pelaku usaha harus dituntut untuk mampu memanfaatkan media elektronik dan juga internet untuk memasarkan produknya.

Menganalisis dan kemudian menyesuaikan dengan perkembangan dunia marketing merupakan tugas penting dalam menjaga agar rencana pemasaran tetap mutakhir dan membuatnya memenuhi tujuannya dalam membantu mencapai tujuan bisnis.

Penting bagi kamu untuk tetap menyadari semua ini dan menyesuaikan rencana pemasaran dengan kondisi pasar, permintaan, dan metode pemasaran terbaru.

Kenali pasar dengan bantuan data analytic, yang dapat kamu lakukan dengan cara menganalisis dan mengaudit situs web, angka penjualan, dan tren yang sedang berkembang.

0 komentar

Post a Comment