8 Rekomendasi Konsultan Hukum Online Terpercaya di Indonesia

Author -  Nidaur Rahmah

Perkembangan teknologi yang sangat pesat menghadirkan beragam kemudahan di berbagai sendi kehidupan. Salah satu jenis kemudahan yang bisa Anda dapatkan adalah tersedianya sejumlah konsultan hukum online yang memudahkan Anda untuk berkonsultasi dengan ahli hukum.

Melalui situs konsultasi hukum online, Anda bisa mendapatkan informasi tidak hanya mengenai aturan hukum tetapi juga beragam informasi penting lain yang dibutuhkan selama proses hukum. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan solusi atas masalah yang tengah dihadapi.





Pengertian dan Cara Kerja Konsultan Hukum Online


Konsultan hukum daring (online) merupakan layanan konsultasi hukum secara online yang tersedia melalui berbagai platform. Melalui situs dan platform tertentu, konsumen bisa berkonsultasi dan tanya- jawab terkait hukum dan peraturan yang berlaku di Indonesia.

Konsumen yang membutuhkan literasi hukum dapat memanfaatkan media yang satu ini untuk mengetahui lebih banyak mengenai hukum. Didukung oleh ahli hukum berpengalaman, tidak heran jika layanan ini cukup diminati oleh masyarakat.

Lantas, seperti apa cara kerja konsultasi hukum online? Pada dasarnya cara kerja konsultan hukum daring tergantung pada perusahaan penyedia layanan. Namun secara garis besar situs atau platform penyedia akan menghubungkan konsumen dengan advokat dari perusahaan tersebut.

Konsumen atau klien dapat menanyakan berbagai hal terkait masalah hukum yang tengah dihadapi. Di sisi lain, advokat menjawab pertanyaan secara spesifik sesuai dengan kebutuhan klien. Konsultasi ini dapat dilakukan melalui chat maupun telepon.

Dewasa ini, Anda bisa memilih layanan konsultasi hukum online gratis dan berbayar. Beberapa platform konsultasi disediakan secara gratis oleh pemerintah. Namun jika Anda tidak keberatan untuk merogoh kocek, tidak ada salahnya menggunakan layanan konsultasi hukum profesional.


8 Rekomendasi Konsultan Hukum Online Terpercaya di Indonesia




Ada sejumlah situs konsultasi hukum online terpercaya yang bisa Anda temukan di Indonesia. Beberapa situs tersebut disediakan oleh pemerintah dan dapat diakses secara gratis, namun ada pula situs yang mengenakan tarif tertentu bagi konsumen.

Berikut ini rekomendasi situs konsultasi hukum online di Indonesia:

1. Justika

Justika merupakan salah satu anak perusahaan hukumonline.com, salah satu pionir layanan konsultasi hukum di Indonesia. Melalui situsnya, Justika menawarkan jasa konsultasi berbayar yang bisa dilakukan via telepon maupun chat. 

Untuk dapat terhubung dan berkonsultasi dengan pakar hukum berpengalaman, Anda hanya perlu mengunjungi situs resmi Justika. Selanjutnya Anda bisa memilih metode konsultasi, yaitu via telepon, via chat, ataupun bertatap muka secara langsung.

Justika menawarkan berbagai kelebihan, salah satunya adalah biaya konsultasi yang cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp 30.000. Meskipun tergolong murah, Anda akan mendapatkan pelayanan yang baik. Pertanyaan Anda biasanya akan dijawab dalam waktu 5 menit saja.

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh Justika adalah kemampuannya menangani berbagai macam kasus, mulai dari masalah keluarga, pidana, hingga properti. Didukung oleh konsultan hukum berpengalaman, wajar jika Justika menjadi salah satu pelopor konsultasi hukum online terpercaya.

2. LHS & Partners

Konsultan hukum LHS & Partners menawarkan jasa konsultasi hukum online secara gratis dan berbayar. Melalui situs resminya, kantor advokat ini memberikan kemudahan bagi para konsumen untuk menanyakan berbagai hal seputar hukum.

LHS & Partners meliputi berbagai wilayah di Indonesia, seperti Aceh, Palembang, Yogyakarta, hingga Sumbawa. Untuk dapat berkonsultasi mengenai masalah hukum yang tengah dihadapi, Anda dapat terhubung dengan advokat yang bertugas melalui WhatsApp, Telegram, maupun FB Messenger.

Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh konsultan hukum ini adalah kemudahan berkonsultasi. Hanya dengan mengunjungi situs resminya, Anda bisa langsung berkonsultasi baik secara gratis maupun berbayar dengan tarif mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung perkara.

3. Legal Smart Channel

Legal Smart Channel merupakan situs layanan konsultasi hukum online yang diluncurkan oleh pemerintah. Selain tersedia dalam bentuk website, Anda juga bisa mengunduh aplikasi ini di smartphone berbasis Android maupun iOS.

Melalui platform resmi pemerintah ini Anda bisa mengajukan berbagai pertanyaan terkait permasalahan hukum. Tersedia berbagai jenis pilihan kasus, mulai dari hak paten, jual beli, KDRT, penipuan, warisan, dan masih banyak lagi.

Situs yang dinaungi oleh Kementerian Hukum dan HAM ini memberikan layanan konsultasi secara gratis sehingga diharapkan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Dengan demikian, semua orang bisa mendapatkan pelayanan hukum secara adil dan merata.

Ada berbagai kelebihan yang dimiliki oleh situs konsultasi hukum online ini. Beberapa di antaranya adalah kemudahan akses serta banyaknya pilihan kasus yang bisa dikonsultasikan.

4. Bantuanhukum.or.id

Terakhir, bantuanhukum.or.id adalah salah satu situs konsultasi hukum terpercaya di Indonesia. Diprakarsai oleh LBH Jakarta, Anda bisa mendapatkan bantuan hukum secara online melalui email dan telepon secara gratis.

Layanan ini ditujukan khusus untuk warga DKI dan sekitarnya yang berasal dari golongan miskin. Agar memperoleh layanan konsultasi secara gratis, terlebih dahulu Anda harus mendaftar dengan mengisi formulir yang telah disediakan.

Ada berbagai syarat yang diperlukan, seperti Surat Keterangan Tidak Mampu dan kartu identitas diri. Pendaftaran hanya dilayani mulai hari Senin hingga Kamis.

Kendati gratis, biaya yang dikeluarkan untuk pengurusan di suatu instansi ditanggung oleh konsumen sedangkan LBH Jakarta menanggung biaya transportasi dan biaya resmi. Lembaga advokat ini tidak meminta biaya untuk pekerja maupun staf.

Salah satu kelebihan dari situs ini adalah pelayanan bebas biaya dan kemudahan akses. Dengan demikian, setiap lapisan masyarakat bisa mendapatkan layanan hukum yang dibutuhkan.


Klien sedang berkonsultasi dengan pihak penyedia layanan konsultan hukum secara online


5. Fuadabdullahlawoffice.com

Fuad Abdullah & Partners merupakan tim praktisi hukum berpengalaman yang menyediakan layanan konsultasi hukum baik offline maupun online. Situs resminya beralamatkan fuadabdullahlawoffice.com.

Konsultan hukum ini menyediakan layanan hukum lengkap di bidang litigasi dan non-litigasi. Layanan hukum yang diberikan sangatlah efektif karena mengadopsi layanan profesional berstandar tinggi dengan menjunjung kode etik.


6. Ylbhi.or.id

Layanan konsultasi hukum ternama di Indonesia ini merupakan besutan dari alm. Dr. Adnan Buyung Nasution, S. H yang berdiri sejak tahun 1970. Dikenal dengan nama Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia, ylbhi.or.id memberikan layanan bantuan hukum bagi orang miskin, mereka yang buta hukum, dan juga para korban pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia).

Saat ini YLBHI memiliki beberapa kantor cabang LBH (Lembaga Bantuan Hukum) di beberapa daerah di Indonesia, seperti ada di Papua, Manado, Banda Aceh, Padang, Medan, Bandung, Yogyakarta, Bandar Lampung, Palembang, Semarang, Bali, Surabaya, Makassar, dan Pekanbaru.

Jika Anda membutuhkan bantuan hukum silahkan kunjungi situsnya dan dapatkan alamat kantor cabang yang paling dekat dengan rumah Anda jika ingin berkonsultasi secara langsung. Melalui layanan YLBHI ini, Anda akan mendapatkan layanan konsultasi terkait cara mengatasi masalah hukum yang sedang Anda alami.

7. Fh.unpad.ac.id

Selanjutnya penyedia layanan konsultas hukum online di Indonesia ada fh.unpad.ac.id. Situs ini sudah dibangun sejak tahun 1969 yang mana memberikan layanan konsultasi hukum, baik pidana, perdata, atau pun tata usaha negara.

Layanan diberikan khususnya untuk membantu masyarakat miskin yang membutuhkan bantuan hukum. Layanan ini merupakan sebagai wujud dari program Tri Darma Perguruan Tinggi.

Dalam menangani kasusnya, fh.unpad.ac.id melakukan kerjasama dengan para advokat mitra terbaik dan berpengalaman di bidangnya.

8. LBH Nurani

Terakhir ada LBH Nurani yang merupakan lembaga bantuan hukum yang berfokus membantu masyarakat tidak mampu, di mana mereka sedang menghadapi masalah hukum, khususnya masalah hukum pidana di wilayah Surabaya dan sekitarnya. 

Sudah banyak klien yang telah ditanganinya. Tak hanya masalah hukum pidana, LBH Nurani juga akan membantu jika ada client yang menghadapi masalah perdata semampunya, misalnya permasalahan  perceraian, pertanahan, bahkan hukum hubungan industrial.

LBH Nurani melayani konsultasi via online melalui Whatsapp, yang mana akan dibantu oleh rekan-rekan pengacara di bidangnya masing-masing.

Bagi masyarakat awam, tersandung kasus hukum bisa jadi momok yang mengerikan. Konsultan hukum online hadir untuk mendampingi masyarakat yang minim literasi hukum agar dapat menyelesaikan suatu perkara sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.

0 komentar

Post a Comment