2022-12-12

Ini Lho Standar Ukuran Septictank Yang Ideal Dan Aman

Author -  Lubis Muzaki

Septic tank adalah salah satu fasilitas yang harus ada dalam lingkup sebuah bangunan. Karena fungsi septictank ini adalah untuk tempat membuang, menampung dan menghancurkan kotoran/tinja manusia, maka ukuran septictank haruslah diperhatikan. 

Terdapat aturan khusus yang harus diperhatikan saat proses pembuatan septictank agar lingkungan sekitarnya tidak tercemar. Salah satunya adalah dengan memperhatikan kualitas bahan yang kedap air dan memastikan ukuran septictank sesuai dengan standar. Selengkapnya mengenai spesifikasi dan standar ukuran septictank bisa dibaca pada penjelasan di bawah ini.



Spesifikasi dan Jenis-Jenis Septictank


Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 3 Tahun 2014 disebutkan bahwa septictank merupakan fasilitas berupa jamban yang wajib ada untuk setiap bangunan.

Adapun syarat dan spesifikasi septictank menurut Standar Nasional Indonesia (SNI) 2398:2017 adalah:

  • Kedap air;
  • Memiliki lubang kontrol;
  • Memiliki ventilasi;
  • Terdapat pipa keluar masuk; 
  • Dilengkapi penampuangan dan pengolahan air limbah dengan kecepatan aliran lambat; dan
  • Dikuras/disedot secara regular.


Di dalam SNI 2398:2017 juga diatur mengenai jarak minimal yang ideal dan aman antara lokasi tempat pengolahan limbah/kotoran di septic tank dengan sumur dan bangunan. Detail ketentuannya adalah sebagai berikut: 

  1. Jarak minimal 10 meter untuk sumur resapan septic tank dengan sumur air bersih;
  2. Jarak minimal 1,5 meter untuk septictank dengan bangunan atau rumah;
  3. Jarak minimal 5 meter untuk septictank dengan sumur resapan air.


Sementara itu, terdapat dua jenis septictank yang biasa digunakan oleh masyarakat:



  1. Beton, yaitu septictank yang terbuat dari cor beton. Septictank ini memiliki kualitas dan daya tahan yang kuat.
  2. Fiberglass, yaitu septctank yang terbuat dari fiberglass sehingga ringan dan mudah dipasang. Selain itu, jenis septictank ini memiliki daya tahan kuat.



Standar Ukuran Septictank Sesuai SNI



Berdasarkan SNI 2398:2017, standar ukuran septictank adalah:


1. Ukuran septictank yang berbentuk persegi panjang adalah panjang dan lebar 2:1 sampai 3:1. Dengan minimal panjang 1,5 meter; lebar 0,75 meter, panjang 1,5 meter, dan tinggi 1,5 meter, termasuk ambang batas 0,3 meter. 

2. Volume atau standar ukuran septictank harus disesuaikan dengan jumlah pengguna pada bangunan tersebut.

3. Ketentuan ukuran septictank:


a. Jenis tercampur, yaitu limbah tinja bercampur dengan limbah rumah tangga, maka ketentuan ukurannya adalah sebagai berikut:

  • Jumlah pengguna sebanyak 50 orang, maka volume septictank minimal 19,4 meter kubik (dengan ukuran septictank memiliki panjang 4,4 m, lebar 2,2 m dan tinggi 2 m)
  • Jumlah pengguna sebanyak 20 orang, maka volume septictank minimal 7,8 meter kubik (dengan ukuran septictank memiliki panjang 2,8 m, lebar 1,4 m dan tinggi 2 m) 
  • Jumlah pengguna sebanyak 15 orang, maka volume septictank minimal 5,8 meter kubik (dengan ukuran septictank memiliki panjang 2,5 m, lebar 1,3 m dan tinggi 1,8 m) 
  • Jumlah pengguna sebanyak10 orang, maka volume septictank minimal 3,9 meter kubik (dengan ukuran septictank memiliki panjang 2,1 m, lebar 1,0 m dan tinggi 1,8 m)
  • Jumlah pengguna sebanyak 5 orang, maka volume septictank minimal 2,1 meter kubik (dengan ukuran septictank memiliki panjang 1,6 m, lebar 0,8 m dan tinggi 1,6 m) 

b. Jenis terpisah, yaitu khusus tinja dan urin, berdasarkan jumlah pemakai: 

  • Jumlah pengguna 50 orang, maka volume septictank 5,2 meter kubik (dengan ukuran septictank memiliki panjang 3,2 m, lebar 1,6 m dan tinggi 1,7 m)
  • Jumlah pengguna 20 orang, maka volume septictank 2,9 meter kubik (dengan ukuran septictank memiliki panjang 2,1 m, lebar 1,0 m dan tinggi 1,4 m) 
  • Jumlah pengguna sebanyak 15 orang, maka volume septictank 2,5 meter kubik (dengan ukuran septictank memiliki panjang 1,8 m, lebar 1,0 m dan tinggi 1,4 m) 
  • Jumlah pengguna sebanyak 10 orang, maka volume septictank 1,66 meter kubik (dengan ukuran septictank memiliki panjang 1,6 m, lebar 0,8 m dan tinggi 1,3 m) 

Itulah standar ukuran septictank. Ukuran dan jarak minimal septictank harus diperhatikan untuk memastikan lingkungan agar tidak mudah tercemar.

0 komentar

Post a Comment