2022-12-20

8 Gambar Peta Jawa Timur, Fungsi, Dan Cara Membuatnya

Author -  Lubis Muzaki

Peta Jawa Timur adalah sebuah peta yang menunjukkan provinsi Jawa Timur di Indonesia. Jawa Timur terletak di pulau Jawa, yang merupakan pulau terpadat di kepulauan Indonesia. Provinsi ini berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah utara, Samudera Hindia di sebelah selatan, Jawa Tengah di sebelah barat, dan Bali di sebelah timur. 




Ibu kota Jawa Timur adalah Surabaya, yang merupakan kota kedua terbesar di Indonesia. Kabupaten paling timur di provinsi Jawa Timur adalah Banyuwangi. Sementara itu bagian paling barat dari provinsi ini adalah kabupaten/kota seperti Pacitan, Ponorogo, Magetan, Ngawi, Bojonegoro, dan Tuban.

Selangkapnya terkait dengan detail wilayah provinsi ini, bisa dilihat pada gambar peta Jawa Timur di bawah ini:


1. Peta Jawa Timur Lengkap dengan Nama Kabupaten/Kota




2. Peta Jawa Timur Warna Warni Polosan Tanpa Nama Kabupaten/Kota




3. Peta Jawa Timur Polosan Tanpa Nama Kabupaten/Kota PNG Siap Edit



4. East Java Map Official


5. Peta Administrasi Provinsi Jawa Timur



6. Peta Jawa Timur dan Perbatasannya Polosan Tanpa Nama


7. Pemetaan Wilayah Jawa Timur





Selengkapnya mengenai daftar kabupaten/kota di Jawa Timur adalah:


  1. Kabupaten/Kota Banyuwangi
  2. Kabupaten/Kota Bondowoso
  3. Kabupaten/Kota Bojonegoro
  4. Kabupaten/Kota Jember
  5. Kabupaten/Kota Lumajang
  6. Kabupaten/Kota Madiun
  7. Kabupaten/Kota Malang
  8. Kabupaten/Kota Mojokerto
  9. Kabupaten/Kota Pasuruan
  10. Kabupaten/Kota Probolinggo
  11. Kabupaten/Kota Sampang
  12. Kabupaten/Kota Sidoarjo
  13. Kabupaten/Kota Situbondo
  14. Kabupaten/Kota Sumenep
  15. Kabupaten/Kota Trenggalek
  16. Kabupaten/Kota Tuban
  17. Kabupaten/Kota Tulungagung
  18. Kota Batu
  19. Kota Blitar
  20. Kota Kediri
  21. Kota Madiun
  22. Kota Malang
  23. Kota Mojokerto
  24. Kota Pasuruan
  25. Kota Probolinggo
  26. Kota Surabaya


Fungsi Peta Jawa Timur



Peta Jawa Timur memiliki beberapa fungsi utama, yaitu:


1. Sebagai alat navigasi

Peta Jawa Timur dapat digunakan sebagai alat navigasi untuk mengetahui lokasi dan jarak antara dua tempat di Jawa Timur. Peta juga dapat memberikan informasi tentang jalur transportasi yang tersedia, seperti jalur kereta api, jalan tol, atau jalur udara.


2. Sebagai alat perencanaan

Peta Jawa Timur dapat digunakan oleh pemerintah atau perusahaan untuk merencanakan pembangunan infrastruktur, seperti jalan, jembatan, atau pembangunan perumahan. Peta juga dapat digunakan oleh perusahaan untuk menentukan lokasi yang tepat untuk menjalankan bisnisnya.


3. Sebagai alat penelitian

Peta Jawa Timur dapat digunakan oleh peneliti untuk meneliti tentang geografi, demografi, atau fenomena alam di Jawa Timur. Peta juga dapat memberikan informasi tentang topografi, hidrografi, atau kondisi iklim di Jawa Timur.


4. Sebagai alat promosi

Peta Jawa Timur dapat digunakan oleh pemerintah atau perusahaan pariwisata untuk mempromosikan destinasi wisata yang ada di Jawa Timur kepada wisatawan lokal maupun mancanegara.


5. Sebagai alat pembelajaran

Peta Jawa Timur dapat digunakan oleh siswa atau mahasiswa sebagai alat pembelajaran tentang geografi, sejarah, atau budaya di Jawa Timur. Peta juga dapat membantu siswa atau mahasiswa memahami struktur administratif dan wilayah-wilayah di Jawa Timur.


Cara Membuat Peta Jawa Timur



Untuk membuat peta Jawa Timur, Anda dapat menggunakan beberapa cara berikut:


1. Menggunakan software pemetaan

Anda dapat menggunakan software seperti ArcGIS, QGIS, atau Google Maps untuk membuat peta Jawa Timur. Anda dapat menambahkan informasi geografis seperti batas wilayah, nama kota dan desa, serta simbol-simbol yang menunjukkan lokasi-lokasi tertentu seperti pusat perbelanjaan atau tempat wisata.


2. Menggunakan template peta

Anda juga dapat mencari template peta Jawa Timur yang sudah tersedia seperti pada gambar-gambar di atas. Kemudian, Anda bisa mengeditnya sesuai kebutuhan. Anda dapat menambahkan informasi tambahan ke dalam peta tersebut, atau mengubah warna dan desain peta sesuai keinginan.


3. Membuat peta secara manual

Jika Anda tidak memiliki akses ke software pemetaan atau template peta, Anda dapat membuat peta Jawa Timur secara manual dengan menggunakan alat seperti penggaris, penghitung jarak, dan peta dasar. Anda dapat menggambar batas wilayah, nama kota dan desa, serta simbol-simbol yang menunjukkan lokasi-lokasi tertentu dengan menggunakan pena atau spidol.


Semua metode di atas membutuhkan sedikit ketekunan dan keterampilan, jadi pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum memulai proses pembuatan peta. Selamat mencoba!


Jawa Timur merupakan rumah bagi beragam penduduk dan terkenal dengan pantai-pantai yang indah, pegunungan, dan warisan budayanya. Beberapa destinasi wisata populer di Jawa Timur meliputi Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru, yang merupakan rumah bagi gunung Bromo yang masih aktif, dan kota Malang, yang terkenal dengan iklim pegunungan yang sejuk dan pemandangan yang indah. Sementara di paling ujung timur, Anda bisa menemukan Gunung Ijen yang merupakan gunung berapi dengan blue fire (api biru) yang sangat cantik dan hanya ada satu di dunia.

0 komentar

Post a Comment