2022-12-28

√9 Contoh Reklame Non Komersial Dan Jenisnya

Author -  Lubis Muzaki

Reklame non komersial adalah promosi yang dilakukan oleh organisasi nirlaba atau yang tidak bertujuan untuk menghasilkan keuntungan. Ini biasanya dilakukan untuk tujuan sosial atau politik. 

Contoh reklame non komersial dipasang untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah yang sedang terjadi atau mengajak orang untuk mendukung suatu gerakan. Sebagai contohnya, gerakan hidup bersih dan sehat, taat berkendara di jalan raya, dan lain sebagainya.


Ulasan lebih jelasnya, bisa dibaca pada postingan artikel di bawah ini ya.






Perbedaan Reklame Komersial dan Reklame Non Komersial


Perbedaan utama antara reklame komersial dan non komersial adalah tujuan yang ingin dicapai. Reklame komersial bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa dan menghasilkan keuntungan bagi perusahaan yang bersangkutan. Sementara itu, reklame non komersial bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah sosial atau politik, mengajak orang untuk mendukung suatu gerakan, atau memberikan informasi yang berguna bagi masyarakat.


Selain itu, reklame komersial biasanya dipromosikan oleh perusahaan atau organisasi yang berorientasi pada keuntungan, sedangkan reklame non komersial biasanya dipromosikan oleh organisasi nirlaba atau pemerintah. Reklame komersial juga biasanya menggunakan media massa seperti televisi, radio, surat kabar, dan majalah untuk mencapai audiens yang lebih luas, sementara reklame non komersial mungkin lebih terfokus pada promosi melalui media sosial atau iklan di lokasi tertentu.


Jenis Reklame Non Komersial



Ada beberapa jenis reklame non komersial yang dapat Anda temui, di antaranya:


1. Iklan sosial

Iklan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang masalah sosial, seperti kekerasan, diskriminasi, atau kemiskinan.


2. Public service announcement (PSA)

PSA adalah iklan yang dibuat oleh pemerintah atau organisasi nirlaba untuk memberikan informasi yang berguna bagi masyarakat, seperti cara menghindari penyakit atau bagaimana memilih obat yang aman.


3. Iklan politik

Iklan ini dipromosikan oleh partai politik atau calon anggota legislatif untuk mengajak orang memilih mereka dalam pemilihan umum.


4. Iklan bencana alam

Iklan ini dibuat untuk mengajak masyarakat membantu mengatasi bencana alam, seperti gempa bumi atau tsunami, dengan cara menyumbang dana atau memberikan bantuan lainnya.


5. Iklan kemanusiaan

Iklan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat membantu orang-orang yang membutuhkan, seperti anak-anak yatim piatu atau orang-orang yang mengalami kelaparan.


6. Iklan lingkungan

Iklan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah lingkungan. Contoh reklame non komersial jenis ini adalah seperti cara mencegah dan menanggulangi pencemaran udara atau air, dan mengajak masyarakat untuk memiliki pola hidup yang lebih ramah lingkungan.



Contoh Reklame Non Komersial



Berikut ini adalah beberapa contoh reklame non komersial:


1. "Hidup sehat, mulai dari sekarang!" atau "Rakyat Sehat, Negara Kuat."





Iklan sosial yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya gaya hidup sehat.


2. "Stop buang sampah sembarangan. Jangan buang sampah di sungai"





Contoh reklame non komersial bertemakan lingkungan ini memiliki tujuan untuk mengajak masyarakat membuang sampah pada tempatnya untuk menjaga kelestarian lingkungan. Reklame ini dibuat oleh Dinas Lingkungan Hidup pemerintah daerah setempat.


3. "Apapun alasannya katakan tidak untuk merokok."



Contoh reklame non komersial PSA yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga kesehatan dengan tidak merokok.


4. "Pilih calon yang peduli dengan masalah lingkungan pada pemilihan umum berikutnya." atau "Jaga Iman, Jaga Imun, Insya Allah Aman.. Amiin" 





Iklan politik yang bertujuan untuk mengajak masyarakat memilih calon yang peduli dengan masalah lingkungan dan juga kesehatan.


5. "Sumbangkan sebagian dari apa yang kamu miliki untuk membantu mengatasi bencana alam yang terjadi di negara ini."




Iklan bencana alam yang bertujuan untuk mengajak masyarakat membantu mengatasi bencana alam yang terjadi.


6. "Berani jujur Hebat"




Contoh reklame non komersial ini adalah ajakan untuk orang yang tidak takut mengungkap kebenaran, tidak takut menghadapi korupsi, dan tidak takut memberikan kontribusi nyata dalam pemberantasan korupsi. Masyarakat umum dapat mengajukan pengaduan terkait dengan adanya indikasi korupsi yang dilakukan oleh pejabat.


7. "Kurangi Kecepatan Kendaraan Demi Keselamatan"



Contoh reklame non komersial lalu lintas adalah iklan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mengikuti aturan lalu lintas dan memperhatikan keamanan saat berkendara di jalan raya. 

Reklame lalu lintas sering dipromosikan oleh Satlantas Polres setempat. Contoh reklame lalu lintas yang dapat Anda temui adalah iklan tentang pentingnya menggunakan helm saat berkendara motor, larangan mengemudi dalam keadaan mabuk, atau mematuhinya aturan lalu lintas seperti menggunakan lampu sen sebelum belok.


8. "Bebaskan anak kita dari campak dan rubella, Bawa mereke ke Pos Imunisasi terdekat."



Contoh reklame non komersial tentang pentingnya imunisasi untuk anak-anak adalah bertujuan untuk membantu anak-anak tumbuh sehat dan kuat, serta melindungi mereka dari penyakit yang dapat mengancam kesehatan mereka. 

Reklame ini biasanya dibuat oleh pemerintah daerah melalui dinas kesehatan.



Meskipun tidak sepopuler reklame komersial, reklame non komersial tetap memiliki peran penting dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dan memberikan informasi yang berguna bagi masyarakat. Jadi, jangan anggap remeh reklame non komersial yang Anda temui. Mungkin saja iklan tersebut bisa membantu Anda atau orang lain dalam menghadapi masalah yang sedang dihadapi.

0 komentar

Post a Comment