2022-12-24

Satu Galon Berapa Liter? Ini Kapasitas Truk Muatan Air Galon!

Author -  Lubis Muzaki

Galon adalah satuan volume yang digunakan di beberapa negara, termasuk Amerika Serikat, Kanada, dan Inggris. Di Amerika Serikat, satu galon sama dengan 128 ons, atau 3.785 liter. Di Inggris, satu galon sama dengan 160 ons, atau 4.546 liter.

Namun, ada beberapa variasi dalam ukuran galon yang digunakan di berbagai negara. Misalnya, di Kanada, satu galon sama dengan 4 liter. Di Australia, satu galon sama dengan 4.546 liter. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa Anda menggunakan ukuran galon yang sesuai dengan negara di mana Anda berada atau menggunakan satuan.

Sementara itu, jika yang Anda maksud adalah 1 galon Aqua, maka ukuran volume-nya adalah 19 liter per galon. Berbeda lagi dengan galon Le Mineral yang mempunyai ukuran lebih simple dan friendly, yaitu 15 liter.

Secara umum ukuran galon air dari berbagai merk, seperti VIT, Oasis, dan Prima, memiliki ukuran sama halnya galon air Aqua, yaitu 1 galon memiliki volume 19 liter. 

Untuk mengetahui ukuran galon air minum dari suatu merk lain, Anda bisa mengecek informasi pada kemasan atau menghubungi perusahaan terkait. Juga, Anda bisa menggunakan konversi satuan untuk mengonversi galon ke satuan lain yang lebih familier bagi Anda, seperti liter atau mililiter.





Kapasitas Truk Muatan Air Galon


Truk muatan air galon adalah truk yang digunakan untuk mengangkut air galon dari tempat produksi ke tempat penjualan atau ke tempat yang membutuhkan air galon. Truk ini biasanya dilengkapi dengan palet atau rak yang dapat menampung beberapa kotak galon air, dan dapat diisi dengan air galon dengan ukuran yang berbeda-beda. Truk ini umumnya digunakan oleh perusahaan air minum dalam kemasan untuk mengantarkan produk air minum ke tempat-tempat yang membutuhkan.


Truk muatan air galon biasanya juga dilengkapi dengan sistem kelistrikan dan sistem pemanas untuk menjaga agar air galon tetap dingin atau hangat sesuai kebutuhan, tergantung pada tujuan penggunaan air galon tersebut. Truk ini juga biasanya dilengkapi dengan GPS (Global Positioning System) untuk mempermudah pengiriman dan mengetahui posisi truk saat ini.


Kapasitas truk muatan air galon bervariasi tergantung pada ukuran dan jenis truk yang digunakan. Beberapa truk muatan air galon mungkin hanya bisa menampung beberapa kotak galon air, sedangkan truk muatan air galon lainnya mungkin bisa menampung lebih banyak.


Untuk memberikan gambaran, beberapa truk muatan air galon mungkin memiliki kapasitas sebagai berikut:


Mitsubishi Colt Diesel body Bak Angkutan galon Aqua :


1. Mitsubishi colt diesel dump truck FE71


Dump truck Mitsubishi colt diesel memiliki ukuran 300x185x120 cm rata-rata bisa menampung galon air sejumlah 132 s/d 180 galon per kapasitas angkut. Namun, mungkin saja merk dump truck lain yang lebih besar bisa menampung lebih banyak galon air.


2. Truk Canter FE71 Long (4 Ban) :

Truk canter merk Mitsubishi yang sudah dimodifikasi bagian rangka baknya dengan menggunakan model karoseri bak mampu mengangkut galon sebanyak 180 sampai dengan 250 buah. Dengan ukuran 410x185x120 cm ini, tentu saja truk canter bisa mengangkut lebih banyak dibandingkan dump truck sebelumnya.


3. Fuso FE74 (6 Ban) :

Truk fuso merk Mitsubishi ini memiliki ukuran 430x205x170 cm dengan 6 roda ban. Dengan spesifikasi tersebut membuat truk ini mampu mengangkut 315 sampai dengan 390 galon di dalam bak-nya. 


Kapasitas truk muatan air galon juga bisa bervariasi tergantung pada ukuran galon air yang diangkut. Misalnya, truk yang bisa menampung 50 kotak galon air dengan ukuran 5 liter mungkin tidak bisa menampung jumlah yang sama jika galon air yang diangkut memiliki ukuran yang lebih besar, misalnya 19 liter.

Katakanlah, jika truk trailer mampu mengankut 100 galon air berukurann 19 liter per galonnya, maka truk trialer tersebut bisa membawa sebanyak 1.900 liter air.



Ketahui Galon Air yang Layak Pakai Agar Aman Dikonsumsi





Ada beberapa ciri yang bisa Anda perhatikan untuk mengetahui apakah galon air masih layak pakai atau tidak:


1. Tanggal kadaluwarsa


Cek tanggal kadaluwarsa pada kemasan galon air untuk mengetahui apakah galon air masih layak untuk dikonsumsi. Jika tanggal kadaluwarsa sudah lewat, maka galon air tersebut tidak layak lagi untuk dikonsumsi.


2. Kondisi kemasan


Perhatikan kondisi kemasan galon air. Jika kemasan galon air rusak atau sobek, atau jika terdapat bocor, maka galon air tersebut tidak layak lagi untuk dikonsumsi.


3. Rasa dan bau

Cek rasa dan bau air dari galon tersebut. Jika air terasa atau tercium tidak segar atau tidak normal, maka galon air tersebut tidak layak lagi untuk dikonsumsi.


4. Kondisi tutup


Perhatikan kondisi tutup galon air. Jika tutup galon air sudah rusak atau tidak bisa tertutup dengan sempurna, maka galon air tersebut tidak layak lagi untuk dikonsumsi.


Jika Anda menemukan salah satu dari ciri-ciri di atas pada galon air yang Anda miliki, sebaiknya segera membuang galon air tersebut dan tidak mengonsumsinya lagi.

0 komentar

Post a Comment