2022-12-04

5 Peran Dan Fungsi UKS Untuk Ciptakan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat

Author -  Lubis Muzaki

Peran dan fungsi UKS di dalam lingkungan sekolah amatlah penting. Kini Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) masuk ke dalam program nasional yang dicanangkan untuk meningkatkan kesehatan peserta didik mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat.

Peran dan fungsi UKS dikatakan berhasil apabila masyarakat sekolah memiliki perilaku hidup sehat di dalam kesehariannya. Penasaran, apa itu UKS dan tujuan didirikannya? Baca selengkapnya ulasan terkait peran dan fungsi UKS di bawah ini, ya.



Apa itu UKS?



Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah upaya untuk membina, mengembangkan, dan meningkatkan kemampuan perilaku hidup bersih dan sehat pada peserta didik yang dimulai dari diri sendiri, berpengaruh kepada teman, keluarga di rumah dan masyarakat yang berada di radius 500 meter dari sekolah. 

Program ini tidak hanya dilakukan melalui program pendidikan di sekolah dengan berbagai kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler, namun juga melalui usaha-usaha lain di luar sekolah yang dilakukan dalam rangka pembinaan dan pemeliharaan kesehatan masyarakat.

Dari situ, bisa disimpulkan bahwa Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) ini tidak hanya untuk siswa saja, melainkan para pendidik dan tenaga kependidikan, tenaga kesehatan, masyarakat sekolah serta lingkungan juga menjadi sasaran. Oleh karenanya, dalam menjalankan program kerja UKS diperlukan kerjasama dan peran dari stakeholder terkait.



Tujuan UKS

Adapun tujuan dicanangkannya program UKS adalah:

  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang sehat.
  2. Menciptakan kehidupan perilaku hidup bersih dan sehat sehingga mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik semakin meningkat.
  3. Menjadikan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas baik sehat secara fisik, mental dan sosial.
  4. Meningkatkan derajat kesehatan peserta didik diantaranya dengan pemenuhan gizi seimbang sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.


Peran Dan Fungsi UKS



Dalam program UKS dikenal istrilah TRIAS UKS, yaitu Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan serta Pembinaan Lingkungan Sekolah/Madrasah Sehat. Dalam menjalankan TRIAS UKS tersebut, UKS memiliki peran sebagai berikut:


1. Membentuk kader UKS


Dalam menjalankan program UKS, diperlukan pembentukan kader UKS yang biasa disebut tiwisada untuk siswa SD, dan KKR atau kader kesehatan remaja untuk tingkat SMP/SMA.

Para kader tersebut memiliki tugas yaitu memberikan informasi kesehatan bagi masyarakat di sekolah.


2. Memfungsikan ruang kesehatan dengan maksimal

Fungsi ruang UKS tidak hanya sebatas sebagai ruang kesehatan yang dikunjungi oleh siswa yang sakit, namun juga bisa dijadikan sebagai ruang pusat informasi kesehatan.


3. Mengatur tata ruang kelas

Menyediakan sarana dan prasarana yang diperlukan untuk menunjuang perilaku hidup sehat di dalam ruang kelas.


4. Mempersiapkan layanan bantuan kesehatan

Peran dan fungsi UKS berikutnya adalah mempersiapkan layanan bantuan kesehatan. Dengan begitu, ketika ada peserta didik membutuhkan layanan kesehatan lanjutan bisa dirujuka ke pelayanan kesehatan terdekat.


5. Membuat media edukasi kesehatan

Peran dan fungsi UKS terakhir adalah melakukan sosialiasi baik kepada peserta didik maupun orang tua/wali murid melalui media edukasi kesehatan di seluruh lingkungan sekolah. Selain itu, program UKS juga perlu membuat atau mengadakan pelatihan-pelatihan dasar kesehatan kepada peserta didik dan juga orang tua/wali murid.


Itulah ulasan mengenai beberapa peran dan fungsi UKS. Dengan adanya kerjasama dan peran yang selaras antara kader UKS dengan masyarakat sekolah, maka program Trias UKS di sekolah harapannya dapat berjalan secara optimal. Dengan begitu, pembinaan masyarakat sekolah akan pentingnya perilaku dan keterampilan hidup sehat akan semakin terjaga. Jika pembinaan UKS dilaksanakan dengan baik, maka hal-hal negatif yang berkembang di masyarakat sekolah dapat dicegah, seperti penyalahgunaan Narkoba.

0 komentar

Post a Comment