Pengertian Endorsement dan Tips Memilih Celebrity Endorser

Author -  Nidaur Rahmah

Dalam bisnis online pemilik usaha memerlukan strategi-strategi pemasaran yang terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Salah satu strategi periklanan tersebut yaitu dengan cara endorsement. Endorsement adalah sebuah tindakan mendukung (support) atau setuju terhadap sesuatu, dalam hal ini tentu saja produk dagangan online.

Endorsement saat ini dapat kita rasakan keberadaannya. Tak dapat dipungkiri, dengan semakin meluasnya bisnis online, endorsement dapat menjadi salah satu strategi promosi yang diandalkan oleh pebisnis, terutama kegiatan bisnis online.

Pelaku bisnis menggunakan jasa selebriti atau selebgram yang memiliki followers dengan jumlah yang banyak. Penggunaan celebrity endorsement tersebut mempunyai pengaruh yang sangat signifikan terhadap efektifitas dunia marketing online dalam upaya meningkatkan penjualan produk dan juga brand awareness ke masyarakat.

Contoh Celebrity Endorsement via Instagram.com/boywilliam17


Pengertian Endorsement

Endorsement atau endorse dapat diartikan sebagai dukungan atau saran. Dalam hal strategi periklanan, endorsement bisa diartikan sebagai tindakan mendukung atau setuju yang dilakukan oleh tokoh atau artis terhadap suatu produk barang/jasa. 

Dewasa ini, kata endorsement erat hubungannya dengan dunia marketing, terutama digunakan dalam online marketing. Endorsement dapat merujuk kepada artis/selebgram dalam media sosial instagram yang memberikan dukungannya kepada suatu produk agar produk tersebut lebih banyak dikenal oleh masyarakat luas.

Jadi, endorsement adalah strategi komunikasi merek dengan menggunakan public figure seperti artis, fashion blogger, selebgram, atlet, dan lain sebagainya, di mana berperan sebagai juru bicara dan pendukung merek tersebut dengan segala atribut kepopuleran, aspek kepribadian, dan status sosial yang dimilikinya. 

Sedangkan endorser adalah orang biasa atau public figure (aktor, penghibur, atau atlet) yang bertindak sebagai juru bicara produk dengan cara mempromosikan produk tersebut atau menyampaikan pesan pada suatu iklan dengan tujuan untuk menarik minat konsumen.


Jenis Endorsement

Endorsement dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Celebrity Endorsement adalah tokoh public figure (misalnya aktor, penghibur, atau atlet) yang dikenal masyarakat luas karena prestasinya, yang diminta untuk mempromosikan produk barang/jasa milik pelaku bisnis.
  2. Typical-person Endorsement adalah orang-orang biasa (selain public figure), yang digunakan dalam mempromosikan suatu produk atau jasa tertentu. Mereka dipilih biasanya untuk digunakan sebagai bentuk promosi testimonial sehingga konsumen memiliki rasa trust (kepercayaan) terhadap suatu produk tersebut. Sebagai contoh, dalam iklan layanan masyarakat pihak pengiklan cenderung menggunakan endorser tipe ini agar pesan yang disampaikan mudah dipahami dan dimengerti masyarakat umum karena masyarakat merasa bahwa presenter pesan tersebut merupakan salah satu dari mereka.


Tips Memilih Celebrity Endorser

Dalam menyeleksi para selebriti atau selebgram sebagai pendukung periklanan perlu dilakukan secara selektif. Karena tentu saja mereka akan dibayar mahal, jangan sampai salah memilih artis dan berakibat pada daya tarik masyarakat yang menurun terhadap produkmu..

Berikut ini adalah tips yang harus diperhatikan dalam memilih endorser:

1. Kredibilitas Selebriti

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan dalam memilih celebrity endorser adalah public figure tersebut dapat dipercaya dan memiliki keahlian untuk mendukung periklanan.

Public figure yang kredibel dan dianggap memliki wawasan yang luas tentang isu tertentu, seperti pemahaman atas merek, akan menjadi orang yang paling mampu meyakinkan konsumen untuk mengambil suatu tindakan pembelian produk.

2. Kecocokan selebriti dengan merek

Para pelaku bisnis tentu saja menuntut agar public figure yang dipilih sebagai celebrity endorser tersebut memiliki nilai dan perilaku yang sesuai dengan kesan yang diinginkan untuk merek yang diiklankan.

3. Daya Tarik Selebriti

Daya tarik selebriti, yang meliputi keramahan, menyenangkan, dan memiliki penampilan yang menarik.

4. Pertimbangan lainnya

Para pelaku bisnis perlu mempertimbangkan faktor-faktor tambahan seperti, biaya untuk jasa endorsement, risiko besar kecilnya kemungkinan bahwa public figure tersebut yang dipilih sebagai celebrity endorser akan berada dalam masalah setelah suatu dukungan dilakukan, sulit atau mudahnya ia diajak untuk bekerjasama, dan berapa banyak merek-merek produk lainnya yang sedang diendorse olehnya. Apabila seorang public figure memiliki endorsement berlebihan untuk mendukung terlalu banyak produk, maka kredibilitas dan kesukaan orang padanya dapat berkurang karena masyarakat cenderung bosan dengan tayangan iklan yang terus menerus dilakukan oleh si artis/public figure.

Empat tips di atas harus diperhatikan agar sebagai pelaku bisnis yang ingin melakukan kerjasama dengan endorser sudah paham dalam memilih endorser. 

Dengan begitu, saat endorser memperkenalkan sebuah produk dari online shop milik kita, maka akan mendapatkan feedback yang positif dari konsumen dan mampu meningkatkan jumlah penjualan produk. 


Manfaat Endorsement

Celebrity endorsement adalah salah satu metode promosi yang terdapat di dalam bauran pemasaran (marketing mix) yaitu promosi (promotion) dengan kategori periklanan (advertising).

Sebagai suatu metode promosi yang paling populer di dunia, dengan menggunakan selebriti yang menarik, endorsement memiliki beberapa manfaat, di antaranya adalah:

1. Promosi Lebih Efektif

Produk yang dipromosikan melalui endorsement, otomatis masyarakat akan banyak melihat produk tersebut, terutama jika endorser merupakan artis dengan jumlah followers yang cukup besar. 

Netizen yang tertarik tentu saja akan mencari tahu online shop yang menjual produk tersebut, dengan klik akun online shop yang di tag di foto atau video pada feed endorsement-nya.

2. Meminimalisir Biaya Marketing

Biaya endorsement tidak semahal biaya beriklan di televisi. Perusahaan cukup mengirim content marketingkepada selebgram yang menjadi endorser beserta mentransfer fee-nya. 

Melalui strategi yang cukup sederhana ini, produk sudah dapat dilihat oleh jutaan orang dengan biaya promosi yang bisa dibilang lebih murah jika dibandingkan dengan pasang reklame atau sejenisnya.

3. Meningkatkan Penjualan

Sebagai public figure, tentu saja selebriti atau selebgram memiliki jumlah followers yang banyak. Para fans-nya tersebut akan cenderung mengikuti dan memantau secara terus-terusan media sosial selebgram idolanya. Harapannya, dengan endorsement warganet banyak orang yang tertarik untuk melakukan pembelian terhadap produk yang di-endors oleh selebgram tersebut.

4. Meningkatkan Brand Awareness

Nyatanya kerjasama endorsement tidak hanya memberikan keuntungan financial, akan tetapi juga mampu meningkatkan brand awareness kepada masyarakat luas. Bahkan, untuk produk yang sudah terkenalpun tetap membutuhkan kerja sama endorsement ini guna menjaga loyalitas konsumennya. 

Dari penjelasan di atas dapat kita pahami bahwa endorsement banyak sekali memberikan manfaat. Strategi pemasaran ini lebih praktis sebagai metode memperkenalkan produk melalui media sosial Instagram. Bisa dikatakan endorsement adalah strategi periklanan saat ini dan patut dicoba oleh pengusaha online shop.


Tata Cara Endorsement



Sebagai pemilik bisnis, kamu harus tahu bagaiamana cara endorsement yang tepat. Berikut ini tata cara endorsement agar produkmu bisa sukses di media sosial.


1. Memilih Artis Endorse yang Tepat

Memilih artis endorse tidak boleh sembarangan, harus dilakukan dengan baik. Penentuan artis harus yang memiliki kepribadian mewakili target pasar. Sebagao contoh, produk yang dijual adalah kosmetik yang target pasarnya adalah remaja berkulit iklim tropis sehingga harus memilih artis endorse yang memiliki latar belakang sama.

2. Siapkan Dana untuk Biaya Endorsement

Pengalokasian dana dalam bisnis itu perlu dilakukan. Alokasi tersebut terbagi untuk dana produksi, dana marketing, dan biaya operasional.

3. Lakukan Endorse Secara Rutin

Endorsement tidak cukup dilakukan satu kali. Bahkan, beberapa pelaku bisnis menunjuk tidak hanya satu celebrity endorser. 

Sebaikanya, endors dilakukan secara rutin, minimal sekali dalam sebulan. Dengan sering endorse, produk akan semakin dikenal oleh masyarakat luas sehingga kepercayaan masyarakat akan produk tersebut semakin besar.

4. Pastikan Stok Produk Mencukupi

Sebelum menjadwalkan endorsement, ketersedian stok produk harus dipastikan mencukupi. Umumnya konsumen akan membeli produk yang sama persis dengan apa yang digunakan oleh selebgram atau selebriti tersebut.

5. Catat Transaksi Penjualan yang Berhasil

Hal terakhir yang perlu dilakukan setelah melakukan endorsement adalah mencatat seluruh penjualan yang dihasilkan. Hal ini berguna untuk menganalisis apakah endorsement yang dilakukan memberikan dampak positif ataukah tidak. 

Cara tersebut di atas dapat dilakukan oleh setiap pemilik usaha yang memiliki akun media sosial dan ingin mempromosikan produknya dengan menggunakan jasa endorsement. Ketika tata cara endorsement di atas sudah dijalankan dengan baik maka produk tersebut harapannya bisa sampai kepada masyarakat luas dengan mendapatkan feedback yang positif. 


Aspek Positif Penggunaan Celebrity Endorsement


Dalam dunia marketing, penting bagi pelaku usaha untuk dapat menciptakan suatu strategi pemasaran yang berbeda sehingga dapat berkompetisi dengan produk pesaing secara baik. Oleh karenanya pihak pemasar harus pintar-pintar memilih selebgram atau selebriti yang akan disandingkan ke dalam produk mereka.

Adapun aspek positif dari penggunaan media periklanan ini adalah:
  • Penggunaan selebgram atau selebriti yang memiliki ketenaran akan dapat dengan mudah memenangkan perhatian dari audeince. Dengan begitu, pesan dari iklan endorsement dapat tersampaikan dengan baik.
  • Menggunakan selebgram atau selebriti sebagai brand endorser atau brand ambassador dapat menaikkan brand image dari produk perusahaan.
  • Penggunaan selebgram atau selebriti dengan tingkat ketenaran yang mendunia juga dapat membantu perusahaan dalam memasuki pasar baru. 
  • Strategi marketing melalui endorsement ini mampu membantu konsumen dalam mengingat sebuah produk ataupun brand
Sekian penjelasan mengenai pengertian endorsement dan tips memilih celebrity endorser yang baik. Saat ini, celebrity endorsement adalah suatu hal yang lumrah digunakan sebagai suatu strategi komunikasi pemasaran di tengah semakin ketatnya persaingan dunia usaha.

0 komentar

Post a Comment