Tips Membuat dan Contoh Cover Letter Bahasa Indonesia dan Inggris

Author -  Nidaur Rahmah

Cover letter merupakan salah satu dokumen yang kerap dipersyaratkan oleh perusahaan ketika membuka lowongan pekerjan. Sayangnya tidak sedikit yang belum memahami apa itu cover letter dan cara membuatnya, atau bahkan belum pernah melihat contoh cover letter sebelumnya.

Hal ini kerap terjadi pada fresh graduates atau lulusan baru yang sedang melamar kerja. Padahal cover letter memegang peranan yang cukup penting untuk menimbulkan kesan pertama yang baik. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai cover letter dan contohnya, simak pembahasan berikut.



Pengertian Cover Letter

Cover letter atau sering disebut sebagai surat lamaran merupakan pengantar yang ditujukan kepada organisasi atau perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Surat ini biasanya dikirimkan bersama CV sehingga perekrut bisa mendapatkan gambaran mengenai diri Anda.

Cover letter terdiri dari beberapa bagian, antara lain:

1. Paragraf Pembuka

Bagian ini berisi alasan mengapa Anda menulis surat lamaran tersebut dan mengapa Anda tertarik untuk bergabung. Tuliskan pula posisi yang ingin Anda lamar serta dari mana Anda mendapatkan informasi mengenai lowongan tersebut.

2. Paragraf Isi

Paragraf ini berisi penjabaran mengapa Anda tertarik untuk menempati posisi yang ditawarkan. Deskripsikan secara singkat, padat, dan jelas mengapa Anda layak untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. 

Di paragraf ini Anda juga bisa menuliskan berbagai kelebihan yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Jangan lupa untuk menyebutkan alasan mengapa kelebihan tersebut bisa menguntungkan bagi perusahaan yang akan Anda lamar. Hindari menyebutkan kelebihan yang tidak relevan dengan posisi yang dilamar.

Selain itu, Anda bisa menjelaskan secara detail terkait pengalaman kerja sebelumnya. Misalkan, Anda pernah melakukan X dengan teknik Y sehingga menghasilkan Z pada perusahaan/organisasi sebelumnya. 

3. Paragraf Penutup

Pada bagian ini Anda dapat menuliskan ucapan terima kasih serta sampaikan berkas apa saja yang dilampirkan bersama dengan cover letter tersebut. Tuliskan juga bahwa Anda berharap untuk dapat memperkenalkan diri lebih lanjut pada tahap wawancara.

Manfaat Cover Letter

Setelah mengetahui pengertian cover letter beserta bagian-bagiannya, Anda juga perlu mengetahui manfaat dari surat tersebut. Pada dasarnya cover letter berfungsi untuk memperkenalkan diri Anda kepada rekruter. Namun secara khusus, manfaat surat lamaran adalah sebagai berikut:

  • Memudahkan Anda untuk memperkenalkan diri dalam tahap seleksi awal
  • Memberikan kesan pertama yang baik kepada perekrut
  • Mempromosikan diri dengan menyampaikan berbagai kelebihan yang Anda miliki
  • Mendeskripsikan kontribusi yang bisa Anda berikan pada perusahaan.


Cara Membuat Cover Letter



Membuat cover letter cukup menantang karena Anda harus mampu ‘menjual diri’ melalui tulisan yang singkat. Bagi Anda yang tengah belajar untuk membuat surat lamaran yang baik, perhatikan cara membuat cover letter berikut ini.

1. Pahami Posisi yang Anda Lamar

Sebelum mulai menulis cover letter, terlebih dulu pahami posisi yang Anda lamar. Perhatikan persyaratan yang dibutuhkan, seperti mampu multitasking, mampu berpikir analitis, dan lain sebagainya. Sinkronkan persyaratan tersebut dengan kelebihan Anda yang dianggap masih relevan.

Selain itu, Anda juga harus mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai perusahaan yang ingin dilamar. Jika memungkinkan, cari tahu siapa yang menjadi manajer HRD di perusahaan tersebut. Hal ini bisa memberikan nilai lebih untuk cover letter yang Anda buat.

2. Buat Kerangka

Setelah mengetahui persyaratan yang dibutuhkan, mulailah untuk membuat kerangka sesuai dengan bagian-bagian yang telah disampaikan sebelumnya. Pastikan Anda memilih bahasa yang baik dan sopan sehingga surat lamaran kerja terlihat profesional.

3. Buat Cover Letter

Tulis surat lamaran sesuai kerangka yang sudah Anda buat. Kembangkan kerangka tersebut menjadi satu kesatuan surat yang baik. Apabila menulis cover letter berbahasa Inggris, Anda bisa menggunakan bantuan grammar checker untuk menghindari kesalahan.

4. Tinjau Kembali

Setelah selesai, periksa kembali untuk memastikan tidak ada salah pengejaan atau salah ketik karena bisa berdampak fatal. Pastikan surat lamaran Anda tidak terlalu panjang. Tulis secara jelas dan padat agar tidak membosankan.

Contoh Cover Letter Bahasa Indonesia

Setelah mengetahui deskripsi dan cara membuat cover letter, kini saatnya untuk menyimak contoh cover letter untuk memperdalam pemahaman Anda. Bagi Anda yang hendak menulis cover letter, contoh berikut ini bisa digunakan sebagai referensi.

Yang terhormat

Bapak Manajer HRD Perusahaan Sentosa

Sehubungan dengan informasi lowongan kerja yang dimuat di situs ABC, saya berniat menyampaikan ketertarikan saya untuk bergabung di Perusahaan Sentosa untuk mengisi posisi Staf Keuangan.

Sebagai mahasiswa lulusan baru dari jurusan Akuntansi, saya merasa posisi yang dimaksud sesuai dengan latar belakang pendidikan serta minat karier saya.

Selama masa perkuliahan, saya telah mempelajari berbagai pengetahuan serta keterampilan untuk menganalisa informasi keuangan serta mempersiapkan laporan secara tepat dan efisien. Selama 3 bulan saya magang di perusahaan Berkah Jaya pada divisi Keuangan. Dengan pengalaman tersebut, saya yakin bahwa saya memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Saya merupakan seseorang yang analitis, cermat, dan terampil. Saya juga mampu mempelajari hal baru dengan cepat, yang mana sangat dibutuhkan untuk menjalankan posisi ini.

Bersama surat ini saya lampirkan beberapa persyaratan, yakni:

  • Curriculum Vitae terbaru
  • Salinan Ijazah Terakhir
  • Salinan Transkrip Nilai
  • Surat Keterangan Magang

Demikian surat lamaran ini saya buat sebagai bahan pertimbangan. Terima kasih atas waktu yang diberikan dan saya berharap bisa menjelaskan lebih lanjut mengenai kualifikasi saya pada sesi wawancara.


Hormat saya,


Contoh Cover Letter dalam Bahasa Inggris

Anda tertarik untuk melamar pekerjaan di perusahaan multinasional? Terkadang perusahaan asing atau perusahaan multinasional mensyaratkan pelamar untuk membuat cover letter berbahasa Inggris. Simak contoh cover letter berbahasa Inggris di bawah ini sebagai referensi untuk membantu Anda membuat surat lamaran yang baik.


To

Mr. Harris Johansen
Human Resources Manager
Copperbelt Inc.

South Jakarta

Dear Mr. Johansen

I am writing to express my interest in the position of Marketing Staff, which was advertised on Career.com. Copperbelt Inc. is a fast-moving multinational company with excellent marketing strategies. As a recent graduate of Communication College, I believe that I am an ideal candidate for this position.

I possess a comprehensive analytics and marketing background. I have joined several internships, including Summer Digital Marketing Internship at XYZ Company and Remote Marketing Internship Program at PT. ABC. We successfully developed an advertisement for the company and helped increased profit by 10 percent.

Your job listing stated that your company is looking for a candidate with strong analytics and communication skills. Three and a half years of colleges and multiple internships have honed my skills and have prepared me to be a strong candidate for this position.

Please review my attached documents regarding my achievement and expertise. I would like the opportunity to meet you and discuss the position in detail. Do not hesitate to reach out if you need further clarification.


Yours sincerely,


Annisa Maulida


Setelah mengetahui pengertian, manfaat, serta contoh cover letter berbahasa Indonesia dan Inggris, Anda siap untuk membuat cover letter yang baik dan mampu menarik perhatian perekrut. Jangan lupa cari informasi seputar perusahaan yang ingin Anda lamar agar surat Anda lebih profesional.

0 komentar

Post a Comment