Yuk Kepoin Bahan Hyget, Jenis, Kelebihan, dan Harganya di Pasar

Bahan hyget adalah salah satu jenis bahan kain yang kerap digunakan untuk pembuatan kaos. Tak jauh berbeda dengan bahan lain, hyget mempunyai karakteristik tersendiri sehingga membuatnya mudah dibedakan dengan jenis lain.

Hyget dikenal dengan harganya yang murah. Karenanya, wajar jika bahan ini kerap digunakan pada industri konveksi untuk segmen pasar menengah ke bawah. Bagi Anda yang tertarik untuk mengorek lebih dalam mengenai bahan hyget, simak informasi lengkap di bawah ini.

Kaos Hyget Partai


Deskripsi Bahan Hyget

Hyget adalah bahan kain yang terbuat dari kombinasi katun dan polyester. Bahan ini tidak terlalu tebal dan cenderung lebih tipis dibandingkan bahan kaos lainnya. Dari segi harga pun hyget relatif lebih murah daripada bahan cotton combed maupun kaos PE.

Kain hyget mempunyai sejumlah ciri khas seperti permukaan yang mengkilap dan tidak mudah kusut. Jika dilihat dari sisi daya serap, bahan ini kurang bagus digunakan untuk beraktivitas karena tidak mudah menyerap keringat. Selain itu, hyget juga cenderung panas ketika dikenakan.

Meskipun demikian, bukan berarti bahan hyget memiliki kualitas yang buruk. Saat ini variasi kain hyget cukup beragam dan beberapa di antaranya cukup nyaman digunakan dan mempunyai kualitas yang lebih baik dibandingkan hyget biasa.

Saat ini penggunaan bahan hyget cukup beragam tergantung jenisnya. Ada kain yang digunakan sebagai bahan kaos, ada pula yang dipakai untuk pembuatan jilbab, pelapis dalam rok, dan masih banyak lagi.

Jenis Bahan Hyget

Setidaknya ada empat jenis bahan hyget yang tersedia di pasaran, meliputi kain hyget biasa, hyget super, hyget balon, dan hyget serena. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai masing-masing jenis kain, simak ulasan berikut:

1. Hyget Biasa


Dari segi ketebalan, jenis bahan hyget biasa tergolong cukup tipis apalagi untuk warna terang seperti putih dan kuning. Bahan ini juga memiliki kualitas yang kurang baik karena kurang mampu menyerap keringat dan panas saat digunakan.

Dibandingkan dengan jenis hyget lain, hyget biasa dibanderol dengan harga yang lebih murah. Bahan ini sering digunakan untuk pembuatan kaos partai politik di masa kampanye maupun kaos event karena tidak membutuhkan budget terlalu besar.

2. Hyget Super



Bahan hyget super mempunyai kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan hyget biasa. Tidak hanya dari segi ketebalan, kain ini juga mempunyai kerapatan yang lebih baik. Oleh karena itu, wajar jika hyget super dijual dengan harga sedikit lebih mahal.

Kain hyget super kerap digunakan sebagai bahan pembuatan jilbab instan. Meskipun sedikit panas apalagi digunakan saat cuaca terik, jilbab berbahan hyget super cukup diminati karena harganya yang relatif terjangkau. 

3. Hyget Balon



Kain hyget balon sering digunakan sebagai bahan jilbab karena mempunyai karakteristik lembut dan tidak panas. Bahan ini juga relatif ramah di kantong dan tersedia dengan berbagai motif dan merk. Bahan hyget balon juga terkadang digunakan untuk pembuatan kaos olahraga tiruan.

Karena bahan hyget adalah kombinasi dari dari bahan polyester dan katun yang kurang menyerap keringat, baju olahraga berbahan hyget balon terasa kurang nyaman. Namun bahan ini bisa jadi pilihan tepat jika Anda ingin memiliki kaos dari klub kesayangan tanpa merogoh kantong dalam-dalam.

4. Hyget Serena



Hyget serena merupakan jenis kain hyget terbaik karena mempunyai tekstur yang lebih padat dan lentur sehingga tidak terawang saat digunakan. Meskipun tergolong bahan hyget, jenis ini memiliki kemampuan menyerap keringat yang lebih baik dibandingkan jenis lain.

Karena faktor kelenturan dan daya serap yang baik, tidak heran jika jenis bahan hyget serena kerap digunakan untuk bahan kaos olahraga. Bahan ini juga dibanderol dengan harga yang lebih mahal sehingga Anda perlu menyiapkan dana lebih untuk jenis kain yang satu ini.

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Hyget

Bahan hyget sering digunakan dalam industri konveksi karena menawarkan beberapa kelebihan. Dengan kelebihan tersebut, tidak heran jika bahan ini kerap dijadikan pilihan untuk pembuatan kaos maupun jilbab. Adapun kelebihan bahan hyget adalah sebagai berikut:

1. Harga lebih terjangkau

Harga yang miring menjadi salah satu kelebihan bahan hyget. Dibandingkan bahan lain seperti cotton combed atau polyester, hyget dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau. Bagi Anda yang ingin membuat kaos dengan budget terbatas, kain ini bisa jadi alternatif yang tepat.

2. Bahan mudah ditemukan di pasaran

Tidak dibutuhkan tenaga ekstra untuk menemukan bahan yang satu ini. Kain hyget banyak beredar di pasaran dan bisa Anda temukan di toko-toko bahan kain terdekat. Cukup pilih jenis kain dan kreasikan sesuai kebutuhan.

3. Jenis tertentu cukup nyaman digunakan

Meskipun kebanyakan kain hyget terasa panas, jenis hyget super cukup nyaman dikenakan meskipun dalam waktu lama. Bahan ini juga relatif lebih padat sehingga tidak terawang jika digunakan sebagai bahan jilbab.

4. Tidak mudah kusut dan mudah disetrika

Kabar baik bagi Anda yang malas menyetrika, bahan hyget tidak mudah kusut dan mudah disetrika. Bahkan jika Anda tidak punya banyak waktu, baju bisa langsung digunakan tanpa disetrika. Tidak perlu takut terlihat kusut karena bahan ini cenderung terlihat rapi.

Terlepas dari beberapa kelebihan yang dimiliki, terdapat sejumlah kekurangan dari bahan yang satu ini. Beberapa kekurangan bahan hyget yang perlu Anda ketahui antara lain:

  • Bahan kain tipis, terutama untuk jenis hyget biasa
  • Hyget biasa kurang baik dalam menyerap keringat
  • Cenderung panas saat digunakan

Harga Bahan Hyget

Dari segi harga, kain hyget dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan bahan kain lainnya. Kelebihan inilah yang membuat kain hyget banyak diburu terutama untuk produksi kaos dalam jumlah banyak namun dengan anggaran minim.

Harga kain hyget sendiri cukup beragam tergantung jenisnya, antara 5.000 hingga 15.000 per meter. Faktor wilayah dan tempat pembelian juga membuat harga bahan ini bervariasi. Untuk ukuran pembelian, Anda bisa membeli bahan per meter, per kilogram atau per roll sesuai kebutuhan.

Bahan hyget adalah salah satu bahan kain yang cukup populer karena menawarkan harga terjangkau dan mudah ditemukan. Meskipun kain ini cenderung panas dan kurang menyerap keringat, bahan ini bisa jadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin tampil menarik dengan anggaran terbatas.

0 komentar

Post a Comment