Yuk Kepoin Bermacam Berat Besi Beton yang Ada di Pasaran

Besi beton atau biasa dikenal sebagai tulang beton merupakan komponen penting pada sebuah bangunan. Pasalnya, penggunaan besi beton bisa membuat bangunan lebih kokoh dan tahan lama. Berat besi beton cukup beragam sesuai dengan diameter dan panjangnya.

Agar mendapatkan hasil bangunan yang optimal, dibutuhkan besi beton dengan berat yang sesuai. Semakin besar bangunan, semakin berat pula besi yang harus digunakan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai jenis, merek, dan berat besi beton, simak pembahasan lengkap berikut.



Mengenal Besi Beton

Besi beton adalah jenis besi yang digunakan pada konstruksi beton. Besi ini dipilih karena memiliki ketahanan yang luar biasa dan memiliki tingkat kekerasan yang sangat tinggi. Dengan besi ini, diharapkan bangunan menjadi lebih kokoh dan tahan bencana.

Dalam proses pembuatannya, besi beton terdiri dari berbagai bahan berupa karbon, sulfur, bijih besi, dan fosforus. Perpaduan bahan-bahan inilah yang menciptakan tingkat kekerasan dan kekuatan yang lebih unggul dibandingkan dengan besi lain.

Secara umum, besi beton digunakan sebagai kerangka utama agar struktur bangunan dapat tersusun dengan baik. Pemilihan berat besi beton harus dilakukan secara seksama karena dapat menentukan kualitas serta kekuatan bangunan.

Besi beton tidak hanya digunakan untuk pembangunan gedung-gedung tinggi tetapi juga konstruksi lain seperti terowongan, drainase, dan jembatan. Bahkan tak jarang besi beton juga dipakai untuk membangun hunian pribadi.

Berikut ini sejumlah keistimewaan yang dimiliki oleh besi beton:

  • Bersifat homogen sehingga menjamin kualitas dan mutu
  • Mudah digunakan
  • Tingkat deformasi sangat baik untuk ketahanan bangunan
  • Mudah dipotong
  • Dapat didaur ulang
  • Awet dan tahan lama tanpa berkurang kualitasnya

Dengan beragam keistimewaan tersebut, wajar jika besi beton banyak digunakan sebagai bahan bangunan. Pastikan untuk memilih berat dan jenis besi yang tepat sesuai dengan bangunan yang ingin Anda dirikan.

Jenis-Jenis Besi Beton

Menurut jenisnya, besi beton terbagi menjadi dua yaitu besi beton polos dan kulit. Setiap jenis mempunyai ciri khas dan karakteristik tersendiri sehingga memudahkan Anda untuk menentukan jenis besi beton yang akan digunakan.

1. Besi Beton Polos




Disebut juga sebagai plain bar, besi beton polos memiliki permukaan yang polos dan halus. Tipe ini mempunyai sifat yang cukup fleksibel dan mudah dibengkokkan sehingga dapat dibentuk sesuai keinginan.

Besi ini juga mempunyai daya ikat yang baik sehingga kerap digunakan untuk coran beton. Karena banyaknya pemakaian, wajar jika beton polos bisa dengan mudah ditemukan di pasaran.

2. Besi Beton Ulir




Jenis yang kedua adalah besi beton ulir atau deformed bar. Sesuai dengan namanya, besi ini mempunyai sirip di seluruh permukaan yang membentuk pola ulir sehingga menawarkan daya ikat yang lebih tinggi dibandingkan beton polos.

Dari segi kelenturan, besi ulir kurang fleksibel dan cukup sulit dibengkokkan. Tipe ini juga biasanya dijual dalam jumlah besar sehingga cukup sulit ditemukan di pasaran. Jika membutuhkan, Anda diharuskan untuk melakukan pemesanan terlebih dahulu.

Baca juga: Perbedaan Baja Ringan dan Baja Konvensional

7 Merek Besi Beton Terbaik

Di pasaran, Anda bisa menemukan besi beton dengan merek yang beragam. Berikut ini beberapa merek besi beton yang unggul dan beratnya telah memenuhi standar SNI sehingga layak Anda perhitungkan.

1. Perwira



Perwira merupakan salah satu merek besi beton yang banyak digunakan untuk pembangunan jembatan, jalan tol, hingga gedung perkantoran. Berat besi beton keluaran produk Perwira ini sudah memenuhi standar SNI sehingga kualitas produk sudah tidak diragukan lagi. Yang tak kalah penting, harga besi Perwira cukup ekonomis.

2. HIJ




Bagi Anda yang ingin mencari besi beton polos atau ulir, HIJ bisa jadi pilihan tepat. Pasalnya besi beton yang diproduksi oleh HIJ telah memenuhi standar SNI sehingga menawarkan kualitas yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

3. Krakatau Steel



Dengan komitmen untuk menghadirkan produk berkualitas, wajar jika Krakatau Steel masuk ke dalam jajaran merek besi beton terbaik di tanah air. Anda bisa mendapatkan besi beton tipe polos atau ulir dengan toleransi yang sangat minim yaitu 0,1 mm.

4. Cakratunggal



Selanjutnya ada merek Cakratunggal yang juga mampu memenuhi kebutuhan konstruksi bangunan Anda. Salah satu keunggulan dari merek ini adalah daya tahan yang baik serta stabilitas bagus sehingga menghasilkan bangunan yang kokoh.

5. Interworld Steel


Salah satu merek besi beton yang cukup menarik perhatian adalah Interworld Steel. Besi beton yang diproduksi oleh IS mempunyai toleransi 0,2 mm sehingga tergolong sesuai dengan standar. Soal kualitas, besi beton IS sudah tidak perlu diragukan lagi.

6. Master Steel




Menawarkan besi beton dengan toleransi 0,2 mm, Master Steel menjadi salah satu merek besi beton terkemuka di Indonesia. Produsen besi ini sudah mendapatkan sertifikasi ISO, bahkan sudah diakui oleh pasar dunia seperti Singapura dan Hongkong.

7. Delco Prima


Delco Prima (DP) menyediakan besi beton ulir dan polos dengan harga kompetitif. Seperti merek kebanyakan lainnya, besi beton yang diklaim ramah lingkungan ini mempunyai toleransi 0,2 mm sehingga bisa digunakan untuk konstruksi berbagai bangunan. 


Daftar Berat Besi Beton Panjang 12m

Bagi Anda yang berencana mendirikan bangunan, pastikan Anda sudah mengetahui daftar berat besi beton yang akan digunakan. Tujuannya adalah agar Anda bisa melakukan pemilihan besi beton yang tepat serta dapat melakukan estimasi biaya. Berikut daftar lengkap berat besi beton baik ulir maupun polos yang perlu Anda tahu.

  • Besi Beton Ulir 12 m

Diameter (mm)

Berat per meter (kg)

Berat per batang (kg)

10

0,62

7,40

13

1,04

12,50

19

2,23

26,80

22

2,98

35,80

25

3,85

46,20

29

5,04

60,50

32

6,31

75,77

35

7,51

90,10

38

8,92

107

41

10,50

126


  • Besi Beton Polos 12 m

Diameter (mm)

Berat per meter (kg)

Berat per batang (kg)

4

0,09

1

6

0,22

2,66

8

0,39

4,74

9

0,50

6

10

0,62

7,40

11

0,75

9

12

0,89

10,70

13

1,04

12,50

15

1,21

14,50

16

1,58

19

19

2,22

26,80

22

2,98

35,80

23

3,26

39,10

24

3,55

42,62

25

3,85

46,20

28

4,83

58

31

5,93

71,10

32

6,31

75,72


Dengan mengetahui berat besi beton yang tersedia di pasaran, diharapkan Anda bisa lebih mudah dalam menentukan jenis besi yang tepat untuk konstruksi bangunan. Pastikan besi yang Anda pilih sudah memenuhi standar SNI dan memiliki toleransi antara 0,1-0,2 mm untuk hasil maksimal.

0 komentar

Post a Comment