Apa itu Bahan Baby Terry? Ini Jenis, Kelebihan dan Kekurangan, dan Harganya

Bahan baby terry semakin populer di tengah masyarakat karena dikenal sebagai bahan pakaian yang memiliki tekstur lembut dan sangat nyaman digunakan. Namun tahukah Anda mengenai bahan pembuatan, jenis-jenis, serta kekurangan dan kelebihannya?

Bagi Anda yang penasaran dan ingin tahu lebih dalam mengenai baby terry, jangan sampai lewatkan pembahasan berikut. Di sini Anda menemukan informasi seputar bahan kain baby terry mulai dari pengertian, jenis, hingga harga di pasaran.



Pengertian Kain Baby Terry

Baby terry atau sering disebut terry merupakan kain yang terbuat dari serat kapas alami. Bahan ini banyak digunakan untuk membuat pakaian hangat seperti sweater, jaket, hingga blazer. Tidak jarang bahan ini juga dipakai untuk pembuatan pakaian anak karena memiliki tekstur lembut.

Bahan baku pembuatan terry cukup beragam. Ada jenis baby terry yang terbuat dari 100% katun dan ada pula yang mempunyai komposisi 80% katun dan 20% polyester. Anda juga bisa menemukan bahan baby terry cotton combed yang memiliki kualitas premium.

Adapun karakteristik kain baby terry adalah sebagai berikut:

  • Memiliki tekstur lembut dan halus. Beberapa jenis bahan mungkin sedikit berbulu halus.
  • Ringan dan nyaman saat dikenakan.
  • Daya serap keringat tinggi
  • Lebih lentur dibandingkan double knitter jersey
  • Bahan luar dan dalam lembut
  • Pada bagian dalam tampak pola rajutan berbentuk bulatan
  • Bahan lebih tebal daripada kaos

Jenis Bahan Baby Terry

Seperti halnya bahan lain, baby terry memiliki beberapa jenis yang berbeda. Setidaknya ada empat jenis baby terry yang banyak dijumpai di pasaran, antara lain terry katun, terry polyester, terry CVC, dan terry combed. Lantas apa saja perbedaan masing-masing jenis? 

1. Terry Katun


Baby terry katun terbuat dari 100% katun sehingga mempunyai kualitas yang baik. Bahan ini juga memiliki tekstur yang lembut, halus, serta adem saat digunakan. Kemampuannya menyerap keringat juga membuat bahan yang satu ini nyaman dipakai di segala kondisi.

Terry katun sering digunakan untuk membuat jaket dan blazer. Namun Anda juga bisa menemukan sweater maupun pakaian anak yang menggunakan bahan terry katun ini.

2. Terry Polyester




Sesuai dengan namanya, komposisi terry PE terdiri dari katun dan polyester. Karena memiliki kemampuan menahan panas yang lebih baik, bahan ini sangat cocok digunakan untuk membuat jaket dan pakaian hangat.

Namun terry polyester kurang cocok digunakan saat cuaca sedang panas. Pasalnya kemampuannya dalam menyerap keringat tidak sebaik terry katun sehingga akan membuat Anda kurang nyaman. Dari segi harga, terry PE juga relatif lebih mudah dibandingkan terry katun.

3. Terry CVC




Bahan baby terry ini terbuat dari campuran serat katun dan serat polyester namun komposisi katun yang digunakan lebih banyak daripada serat polyester. Inilah sebabnya mengapa terry CVC lebih nyaman dikenakan dibandingkan dengan terry PE.

Dalam urusan menyerap keringat, terry CVC juga lebih baik ketimbang terry PE. Tidak heran jika bahan ini sering digunakan untuk pembuatan pakaian dan kaos. Bagi Anda yang ingin merasakan nyamannya menggunakan terry katun tapi terkendala budget, terry CVC bisa jadi alternatif yang tepat.

4. Terry Combed




Jenis baby terry yang terakhir adalah terry combed. Bahan ini terbuat dari 100% serat combed dan tidak mudah dijumpai di pasaran. Bahan ini menawarkan kualitas premium karena memiliki tekstur yang lembut, halus, dan sangat nyaman digunakan.

Karena berbagai kelebihan ini, wajar jika terry combed dijual dengan harga yang relatif lebih mahal ketimbang terry jenis lainnya.  Terry ini biasanya mempunyai gramasi antara 220-230 gram dan bisa digunakan untuk membuat jaket, blazer, ataupun sweater.

Kelebihan & Kekurangan Kain Bahan Baby Terry

Sejak awal kemunculannya, baby terry mendapat sambutan yang baik dari masyarakat. Tentu saja ini tidak terlepas dari berbagai kelebihan yang ditawarkan. Berikut ini beragam kelebihan yang dimiliki oleh kain terry:

1. Tekstur Halus dan Lembut

Salah satu daya tarik dari kain terry adalah teksturnya halus dan lembut. Dengan kelebihan ini, siapapun yang menggunakannya pasti merasa nyaman. Tidak heran jika bahan ini dikenakan mulai dari bayi hingga orang dewasa.

2. Daya Serap Keringat yang Baik

Ini merupakan kabar baik bagi Anda yang kerap beraktivitas tinggi sehingga berkeringat. Bahan baby terry memiliki daya serap keringat yang sangat baik sehingga tidak menyebabkan gangguan kulit maupun bau badan.

3. Mampu Menahan Panas

Baby terry kerap digunakan untuk membuat pakaian hangat bukanlah tanpa alasan. Pasalnya bahan yang satu ini mampu menahan panas sehingga menjaga tubuh tetap hangat. Jadi jika Anda ingin membeli jaket atau sweater untuk menghangatkan tubuh, pilihlah yang terbuat dari bahan terry.

4. Harga Sebanding Kualitas

Dengan banyaknya kelebihan yang dimiliki, baby terry dijual dengan harga yang sebanding dengan kualitas. Meskipun demikian, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk merasakan semua kelebihan yang telah disebutkan di atas.

Baby terry memang dikenal sebagai salah satu pilihan bahan berkualitas. Kendati demikian, bukan berarti bahan ini tidak memiliki kekurangan. Ada beberapa kekurangan bahan terry yang mungkin perlu Anda pertimbangkan, seperti:

  • Kurang awet jika tidak dirawat dengan baik
  • Lebih tipis daripada bahan cotton fleece untuk pembuatan jaket
  • Jika cara mencuci kurang tepat, bahan mudah melar.

Harga Kain Baby Terry

Di pasaran, Anda bisa membeli bahan kain baby terry dengan harga yang cukup murah. Meskipun relatif terjangkau, kisaran harga kain ini berada di atas rata-rata kain lainnya seperti katun maupun polyester.

Harga kain terry juga cukup beragam tergantung warna. Misalnya kain terry putih dijual dengan harga sekitar Rp 110 ribu per meter sedangkan terry navy, merah maroon, dan hitam tersedia di kisaran harga Rp 121 ribu per meter.

Faktor jenis dan area pembelian juga berpengaruh pada harga. Misalnya terry combed pasti lebih mahal dibandingkan terry PE. Begitu juga terry katun dijual dengan harga yang lebih mahal daripada terry CVC.

Singkatnya, bahan baby terry merupakan salah satu jenis kain berkualitas karena memiliki tekstur halus dan lembut. Jika Anda berminat untuk membeli bahan yang satu ini, pastikan memilih jenis bahan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

0 komentar

Post a Comment