Yuk Kenali Varian Bahan Cotton Combed 20S, 30S, dan 40S

Author -  Nidaur Rahmah

Cotton combed atau katun combed merupakan salah satu jenis bahan yang kerap digunakan dalam industri konveksi kaos. Bahan cotton combed 30s cenderung halus dan lembut sehingga membuatnya menjadi favorit konsumen di berbagai kalangan.

Katun combed sendiri terdiri dari beberapa varian seperti cotton combed 20s dan 30s. Setiap varian mempunyai ketebalan dan kerapatan yang berbeda tergantung kerapatan benang. Untuk mengenal lebih jauh mengenai katun combed 30s, simak pembahasan berikut.



Apa Itu Katun Combed 30s?

Katun combed merupakan kain katun yang sangat lazim ditemukan di pasaran. Bahan katun ini memiliki ciri khas lembut, nyaman dipakai, kuat, dan halus sehingga menjadi unggulan dalam industri konveksi kaos pada segmen menengah ke atas. Selain itu, bahan katun combed juga cenderung lebih rata.

Pada dasarnya angka pada kain cotton combed menunjukkan tipe kerapatan benang dan kerapatan. Cotton combed 30s mempunyai gramasi sekitar 140-160 gram per meter persegi dengan rajutan berjenis single knit.

Untuk menghasilkan bahan kain katun yang halus dan lembut, pembuatan cotton combed 30s membutuhkan proses yang panjang. Kain ini diproses secara khusus. Sebelum memasuki mesin pemintal, serat katun diproses secara khusus. Proses ini dikenal dengan nama carding.

Selama proses carding, benang kasar yang terdapat di permukaan kain akan disisihkan. Setelah diproses, kain akan diseleksi lagi melalui proses combing untuk memastikan tidak ada bulu-bulu yang tersisa. Wajar jika katun combed memiliki permukaan yang lebih halus, lembut, rata, dan bebas bulu.

Karena memiliki kualitas lebih unggul dibandingkan jenis bahan lain, cotton combed 30s dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Selain menawarkan bahan yang lebih kuat dan halus, cotton combed juga mampu menyerap keringat sehingga nyaman saat dipakai.

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Cotton Combed 30s

Jika dibandingkan dengan katun combed 20s atau 24s maupun bahan lain, kain katun combed 30s mempunyai berbagai kelebihan dan kekurangan. Bagi Anda yang tertarik untuk membeli kaos berbahan combed 30s, berikut ini kelebihan yang akan Anda dapatkan.

Kelebihan:

  • Ketebalan pas untuk iklim tropis
  • Bahan halus dan lembut sehingga nyaman saat dikenakan
  • Kain mampu menyerap keringat dengan baik
  • Bahan terasa dingin ketika dipakai
  • Terbuat dari seratus persen serat katun alami
  • Tidak mudah luntur

Kendati memiliki segudang kelebihan, kain katun combed 30s juga mempunyai beberapa kekurangan. Beberapa kekurangan dari katun combed 30s antara lain:

  • Mudah berjamur terutama jika disimpan di tempat lembab
  • Cepat rusak apabila direndam terlalu lama dalam larutan deterjen

Perbedaan Cotton Combed 20s, 30s, dan 40s

Katun combed hadir dengan ketebalan serta rajutan yang bervariasi. Untuk membedakan ketebalan masing-masing varian, digunakan simbol angka. Jenis cotton combed yang paling banyak beredar di pasaran adalah 20, 24, 30, serta 40. 

Angka ini menunjukkan tipe kerapatan benang yang dipakai dalam proses perajutan. Semakin tebal kain katun, maka angkanya semakin kecil. Semakin tipis kain, semakin besar angka yang digunakan.

Selain angka, ada pula simbol huruf s. Simbol ini menunjukkan jumlah jarum yang digunakan dalam proses perajutan. Huruf s menunjukkan bahwa bahan katun combed dirajut menggunakan single knit atau jarum tunggal.

Untuk lebih memahami perbedaan antara cotton combed 20s, 24s, 30s, dan 40s, simak pembahasan berikut:

1. Cotton Combed 20s



Katun combed 20s merupakan varian dengan ketebalan paling tinggi dibandingkan dengan jenis lainnya. Bahan ini mempunyai gramasi sekitar 180-220 gram per meter persegi dan paling populer digunakan sebagai bahan kaos berkualitas.

Sebagai kain katun yang paling tebal dan halus, katun combed 20s sering ditawarkan sebagai pilihan favorit untuk pembuatan kaos dengan segmen menengah ke atas. Karena alasan ini, wajar jika katun combed 20s dibanderol dengan harga yang lebih mahal daripada jenis lain.

2. Cotton Combed 24s


Bahan kain katun ini memiliki ketebalan di bawah katun 20s dengan gramasi sekitar 170-210 gram per meter persegi. Seperti halnya cotton combed lain, varian ini mempunyai tekstur yang halus dan lembut serta mudah menyerap keringat saat dipakai.

Cotton combed sering digunakan oleh industri konveksi kaos di daerah Bandung. Bahan ini cocok untuk pembuatan kaos karena tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Sayangnya cotton combed 24s jarang ditemukan di daerah lain.

3. Cotton Combed 30s



Katun combed 30s tergolong lebih tipis dibandingkan cotton combed 20s dan 24s dengan gramasi 140-160 gr per meter persegi. Dengan ketebalan ini, kain katun 30s cocok digunakan saat cuaca panas. Bahan ini juga mudah menyerap keringat sehingga bisa membuat Anda merasa nyaman.

4. Cotton Combed 40s

Di antara jenis lainnya, cotton combed 40s merupakan varian dengan ketebalan paling rendah. Katun ini mempunyai gramasi sekitar 110-120 gram per meter persegi dan menjadi bahan favorit untuk memproduksi kaos distro.

Beberapa clothing Iine ternama seperti Wadezig dan Screamous juga menggunakan bahan ini. Meskipun tipis, bahan ini tidak terawang dan sangat nyaman digunakan ketika cuaca panas. Katun combed 40s juga lembut dan gampang menyerap keringat.

Harga Katun Combed 30s

Sebagai bahan kaos yang paling lazim digunakan, katun combed 30s sangat mudah ditemukan di pasaran. Selain karena faktor kualitas dan kenyamanan, bahan ini juga mampu menekan biaya produksi. Pasalnya katun combed 30s mampu menghasilkan kaos lebih banyak dari bahan lain.

Untuk 1 kg bahan cotton combed bisa menghasilkan 4 hingga 5 kaos ukuran L. Bandingkan dengan cotton combed 20s yang hanya mampu menghasilkan 2-3 kaos saja.

Harga katun combed 30s sendiri cukup beragam tergantung pilihan warna. Beberapa warna yang tersedia dibagi menjadi beberapa kategori seperti jet black, putih, tua, muda, dan sedang. Namun jika dihitung rata-rata, katun ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 102.000 per roll.

Dibandingkan dengan varian lain seperti 20s dan 24s, harga per rol untuk cotton combed 30s memang lebih mahal. Namun hal ini dirasa wajar karena katun ini mampu menghasilkan produk kaos dengan jumlah lebih banyak.

Dengan segala kelebihannya, wajar jika bahan cotton combed 30s menjadi salah satu favorit untuk produksi kaos berkualitas. Kini Anda tidak perlu ragu untuk membuat atau membeli kaos katun combed 30s.

0 komentar

Post a Comment