21 Usaha Unik di Desa Yang Menarik untuk Anda Lakoni

Menjadi pengusaha sukses adalah impian bagi banyak orang. Untuk menjadi seorang pengusaha yang berjaya, tentu membutuhkan kerja keras dan kerja cerdas. Bahkan untuk memulai usaha, kini tidak perlu susah-susah pergi ke kota. Ada sejumlah ide usaha unik di desa yang bisa menjadi inspirasi potensial. 

Jangan lupa untuk selalu konsisten dalam memegang komitmen ketika melakoni usaha. Selain itu, persiapan lain untuk menjadi seorang pengusaha sukses bisa dilakukan dari segi mental dan fisik. Tidak melulu ikut tren bisnis saja. Nah, untuk itu berikut ini kami berikan sejumlah ide jualan di kampung yang mungkin menarik untuk Anda.



21 Ide Nama Usaha Unik di Desa dan Tips Suksesnya 

Tinggal di desa bukan berarti tidak bisa membuat Anda menjadi seorang pengusaha sukses. Ada banyak ide usaha yang bisa direalisasikan untuk memupuk diri menjadi pengusaha terbaik. Beberapa ide usaha unik di desa dan tips suksesnya antara lain:

1. Toko Perlengkapan Rumah Tangga (Perabot Komplit)

Di desa, sulit mendapatkan perlengkapan rumah tangga adalah permasalahan yang sering menghantui. Jadikanlah permasalahan ini sebagai ide usaha yang bagus. Dengan menjual perabotan serta perlengkapan rumah tangga tentu akan membuat Anda berpeluang mendapatkan banyak cuan. 

Tidak perlu lagi menempuh jarak berlama-lama ke kota demi mendapatkan barang kebutuhan. Sebagai tips, maka cobalah menambahkan pilihan perabotan dan perlengkapan rumah tangga di etalase Anda.

2. Toko Sewa dan Jual Perlengkapan Bayi (King Baby Shop)

Bagi ibu hamil yang mau melahirkan tentu membutuhkan banyak kelengkapan bayi dan persalinan. Daripada membeli di kota, maka Anda bisa menjadikan persoalan ini sebagai inspirasi bisnis unik di desa. Tidak perlu langsung besar, Anda bisa memulainya dengan skala kecil-kecilan terlebih dahulu.

3. Toko Mainan Anak (Fun Kids)

Berjualan mainan sehat di desa juga bisa menjadi alternatif ide usaha unik di desa yang gemilang dan menjanjikan. Anda bisa coba membuka toko aneka mainan anak yang jauh dari sentuhan gadget. Misalnya, permainan anak berbau tradisional.

4. Menjadi Seorang Pengepul/Tauke Pertanian (Gudang Pertanian Maju Makmur)

Pilihan usaha unik yang bisa dibuka di desa ini tentu bisa memberikan potensi keuntungan cukup melimpah. Tugas Anda sebagai seorang tauke pertanian atau pengepul adalah mengumpulkan berbagai macam barang pertanian. 

Contohnya, hasil panen berupa sawit, kakao, karet, kopi dan masih banyak lagi. Barang hasil pertanian yang sudah Anda kumpulkan tersebut, kemudian bisa dijual kembali ke berbagai perusahaan. 

5. Furniture (Bikin-Bikin Furniture Kekinian)

Segala macam hasil alam banyak dan mudah ditemukan di daerah pedesaan. Nah, untuk itu peluang usaha unik di desa salah satunya adalah membuka usaha pembuatan furniture atau mebel. Tidak bisa dipungkiri, semua orang membutuhkan furniture untuk melengkapi perabotan rumahnya.

Dengan lahan yang luas, Anda dapat membangun usaha furniture dan mengoperasikan mesinnya tanpa harus takut suara bising mesin mengganggu sekitar. Apalagi jika Anda memiliki ide-ide unik untuk desain furniture yang kekinian, pastinya usaha Anda akan berkembang jauh lebih pesat dibandingkan pesaingnya.

6. Jasa Pembayaran Biaya Tagihan (Tagihan Praktis Toko Jaya)

Segala yang praktis tentu selalu saja terlihat menarik. Kebanyakan orang-orang di desa malas untuk membayar tagihan langsung ke kantor terkait. Misalnya, tagihan listrik, air dan pajak lainnya. Cobalah untuk mengambil peluang usaha sebagai penyedia jasa pembayaran biaya tagihan.

7. Toko Pakaian Khas (King Fashion)

Fashion memang tidak pernah ada matinya. Peluang usaha berbau pakaian juga bisa Anda coba di desa. Sebagai pilihan usaha yang anti mainstream, maka Anda bisa memilih membuka toko pakaian khas. Bukan pakaian adat, ya! Tapi, pakaian yang punya fungsi spesifik.

8. Percetakan (UndanganQ dan Q-Mu)

 

Via liputan6.com

Ada banyak ide usaha unik di desa yang menjanjikan lho, salah satunya adalah usaha percetakan. Tidak harus percetakan besar, Anda bisa membuka usaha percetakan dari mulai skala kecil seperti membuat undangan, kartu nama, dan lain sebagainya. Cukup bermodalkan laptop dan printer, Anda bisa memulainya lho. 

Untuk membuat undangan pernikahan dan name card tidaklah sulit. Ada banyak template undangan acara pernikahan dan name card dengan berbagai jenis desain yang menarik di internet.

Semakin banyak klien, semakin dikenal usaha Anda. Sisihkan 40% dari keuntungan yang Anda dapat tiap bulannya. Jika sudah terkumpul, Anda bisa membeli berbagai jenis alat percetakan untuk menunjang usaha Anda. Bahkan, Anda juga bisa mengekspansi bisnis ini dengan membuka toko ATK juga untuk kedepannya.

9. Pom Mini (Pom Mini Pas!)


 

Membuka pom mini tampaknya juga dapat menjadi ide usaha unik di desa yang berpeluang besar untuk meraih laba besar. Bisnis ini nantinya akan menyasar orang-orang di desa yang cukup sulit untuk mengakses SPBU. 

Jumlah pengguna kendaraan bermotor yang semakin meningkat akan membuat usaha ini cukup stabil dari segi pasarnya. Apabila rumah Anda di dekat jalan desa yang cukup ramai dilewati orang, maka jangan sampai khawatir bisnis pom mini ini akan sepi. Anda cukup membuka di depan rumah lho, tak perlu menyewa lokasi atau lahan milik orang lain.

10. Jasa Service Bengkel Portable (Bengkel Gesit)

Ide bisnis di desa yang unik sebenarnya ada banyak macamnya. Salah satu yang perlu dicoba adalah jasa service bengkel portable. Jasa yang Anda buat ini nantinya bisa menolong orang yang tiba-tiba mengalami kebocoran pada bagian ban kendaraannya.

11. Toko Hewan Peliharaan (Beauty Pet Shop)

Meskipun tinggal di pedesaan, akan tetapi banyak orang yang masih suka memelihara hewan kesayangan seperti burung kicau, anjing, kucing dan lainnya. Lantas, mengapa tidak dijadikan sebagai ladang bisnis? Apalagi jika Anda tinggal di lingkungan yang masih sangat asri.

12. Youtuber Pedesaan 

Tinggal di desa bukan berarti harus membatasi kemampuan berkarya Anda. Bahkan Anda juga bisa menjadi seorang youtuber dengan tema serba pedesaan. View lingkungan yang alami juga sekaligus bisa memanjakan mata penonton. Bagaimana menurut Anda?

13. Jasa Pangkas Rambut (Potong Rambut Berkah)

Punya keahlian bercukur yang sayang dibiarkan begitu saja? Cobalah untuk membuka jasa pangkas rambut. Pastinya jasa ini akan laris manis di pedesaan. Sebagai tips, tambahkan juga alternatif layanan lain yang dapat diberikan seperti creambath, body massage, smoothing rambut dan sebagainya. 

14. Jasa Penitipan Anak (Kiddo Homecare)

Mungkin ini cocok untuk daerah desa yang tidak "Desa Banget" alias mulai menunjukan kemajuan desanya. Banyak orang tua di desa yang kadang memiliki kesibukan yang benar-benar padat. Hal ini membuat orang tua yang punya anak kecil akan merasa kesulitan untuk mengatur waktu. Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk dijadikan sebagai ide usaha brilian yakni jasa penitipan anak. 

15. Jual Jajanan Makanan Ringan (Yuk Menjanjan!)

Via pasarsragenonline.com


Saat ini semakin banyak hal yang bisa dijadikan sebagai lahan bisnis di desa. Salah satunya dengan berjualan jajanan atau makanan ringan. Anda bisa memulainya dengan membuat jajanan sendiri ataupun dengan cara kulakan, lalu dibungkus kecil-kecil dan dijual di kantin sekolah. Jika sudah mempunyai toko sendiri, kamu bisa menjualnya secara grosir juga.

Baca juga: 25 Ide Usaha Makanan yang Dititipkan di Warung


16. Budidaya Jamur Tiram (Jamur Sehat Organik untuk Semua)


 

Salah satu usaha unik di desa yang sangat mudah dilakukan dan cukup menjanjikan adalah budidaya jamur tiram. Semakin meningkatnya permintaan jamur tiram di pasaran, menjadi peluang usaha yang sebaiknya tidak dilewatkan. 

Untuk Anda yang tinggal di desa, sangat cocok berbisnis budidaya jamur tiram ini. Lingkungan desa yang masih asri dan tidak tercemar oleh berbagai polutan menjadi alasan mengapa harus membudidayakan jamur tiram di daerah perkampungan. Anda pun bisa melabeli bisnis ini dengan “jamur sehat organik untuk semua”.

17. Budidaya Ikan Hias (Jaya Mandiri Ikan Hias)

Ikan menjadi hewan peliharaan yang mampu membuat siapa saja yang melihatnya akan terkagum-kagum. Di desa tentu sangat laris berjualan ikan cupang dan lainnya. Selain bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan, ikan yang ditempatkan di dalam akuarium juga dapat memberikan keindahan tersendiri. Nah, saatnya ambil peluang usaha budidaya ikan hias ini!

18. Jasa Sewa Alat Pertanian (Pak Tani Sukses)

Banyak warga di pedesaan yang umum mencari nafkah dengan cara bercocok tanam di sawah. Akan tetapi, tidak semua petani mempunyai peralatan pertanian yang lengkap. Dengan begini, maka membuka usaha jasa sewa alat pertanian di desa dapat menjadi pilihan terbaik. 

19. Toko Pupuk (Pupuk Tani Berkah Jaya)

Selain jasa sewa alat pertanian, membuka toko dengan barang jualan kebutuhan pertanian tentunya bisa menciptakan peluang keuntungan yang menggiurkan. Salah satunya dengan membuka toko pupuk. Pupuk tentu menjadi salah satu barang kebutuhan pertanian yang sangat dibutuhkan di wilayah pedesaan. 

20. Voucher Wifi (Wifi Go)

Akses internet kini menjadi kebutuhan yang sudah tidak terbantahkan lagi. Tanpa terkecuali bagi warga pedesaan yang seolah tidak mau ketinggalan dengan euvoria Instagram serta TikTok. Agar persoalan ini bisa menguntungkan Anda, maka membuka usaha voucher wifi akan menjadi pilihan terbaik. 

21. Bimbingan Belajar (Belajar Bareng Asyik)

Setiap orang tua baik yang tinggal di kota maupun di desa pasti menginginkan pendidikan yang terbaik bagi anak-anaknya. Orang tua bersedia untuk menghabiskan banyak uang agar anaknya bisa sekolah dan kuliah di lembaga pendidikan terfavorit. Hal inilah yang membuat bisnis bimbingan belajar (bimbel) laku keras baik di kota maupun di desa. 

Untuk membuka usaha bimbel ini, Anda bisa memulainya dari anak-anak tetangga sekitara rumah. Bila sudah semakin banyak murid yang mengikuti bimbel, baru kemudian Anda mengurus ijin resmi dan mulai membangun ruang belajar khusus ataupun menyewa tempat yang lebih strategis.

21 macam ide usaha unik di desa tersebut kiranya dapat memberikan inspirasi yang gemilang bagi hidup Anda. Patahkan anggapan bahwa hanya di kota saja, seseorang bisa menjadi pengusaha. Usaha di desa juga sudah banyak yang menguntungkan. 

0 komentar

Post a Comment