Pengertian dan Manfaat Interpersonal Skill, Berikut Tips Meningkatkannya!

Author -  Nidaur Rahmah

Selain ada hard skill dan soft skill, ternyata ada juga yang namanya interpersonal skill lho. Interpersonal skill adalah salah satu jenis keterampilan yang menjadi pondasi dalam diri manusia untuk bisa survive di dunia kerja dengan berbagai macam persaingan serta tantangan. 

Dengan memiliki interpersonal skill, maka seorang pegawai akan mampu menyelesaikan tugas-tugasnya dengan lancar. Orang yang memiliki interpersonal skill yang baik akan memiliki kesadaran diri untuk berperan aktif dalam memberikan konstribusinya untuk lingkungannya, mampu berkomunikasi secara efektif dengan rekan kerjanya. 

Dari sini maka sangat terlihat pentingnya interpersonal skill. Oleh karenanya, kamu harus menyimak seluk beluk dan cara meningkatkan keterampilan interpersonal ini.


Pengertian Interpersonal Skill


Interpersonal skill adalah keterampilan seseorang untuk mampu berkomunikasi dengan orang lain, termasuk dalam hal membangun relasi bisnis.

Secara sederhana, interpersonal skill bisa dikatakan menjadi sebuah pondasi dalam diri untuk bisa berada di dalam dunia kerja dengan nyaman. Tidak hanya itu, dengan interpersonal skill yang baik seseorang akan mudah untuk terus bertumbuh, terutama dalam hal karir.

Adapun ciri-ciri individu yang memiliki interpersonal skill yang baik adalah:

  • Mampu berkomunikasi secara efektif
  • Mempunyai sikap toleran yang tinggi.
  • Memiliki empati.
  • Memiliki kemampuan untuk mendengarkan dan menghargai pendapat orang lain. 
  • Memiliki problem solving yang baik
  • Berjiwa pemimpin

Jika keterampilan di atas sudah kamu miliki, maka kamu semakin siap bertumbuh di dalam perjalanan karier hingga masa mendatang.

Oleh sebab itu mengapa kamu harus membangun interpersonal skill sejak dini agar kamu menjadi pribadi yang berkualitas.

Baca juga: Mudah Memahami Perbedaan Soft Skill dan Hard Skills

Manfaat Interpersonal Skill



Dengan memiliki ketrampilan interpersonal yang baik, seseorang akan mendapatkan banyak sekali manfaat atau keuntungan, yaitu diantaranya adalah:

  • Memiliki kemampuan untuk menciptakan serta menjaga keharmonisan hubungan dalam pergaulan.
  • Mamu membentuk citra diri seseorang
  • Dapat digunakan sebagai sarana untuk memecahkan masalah (problem solving).
  • Memiliki kemampuan yang baik untuk menyampaikan informasi atau pesan dengan tuturan bahasa yang sopan serta kalimat yang baik sehingga pesan mudah dipahami dan diterima oleh pendengarnya.
Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, manfaat yang sangat penting dari interpersonal skill adalah dapat dijadikan sebagai saran menuju kesuksesan. Seseorang yang memiliki interpersonal skill yang baik pasti bisa memperoleh posisi atau jabatan lebih tinggi dibanding yang tidak memilikinya. Bahkan, ketika memutuskan untuk menjadi usahawan, akan dengan mudah memperoleh relasi atau partner kerja. 

Tips dalam Meningkatkan Keterampilan Interpersonal

Interpersonal skill dalam diri seseorang dapat dibangun antara lain dari kemampuan mengembangkan perilaku dan kemampuan komunikasinya. Berikut ini adalah tips untuk meningkatkan interpersonal skill agar bisa sukses bertumbuh di dalam dunia karier sekaligus mendapatkan peluang lebih besar lagi.


1. Meminta Saran Kepada Orang Kepercayaan

Tidak ada manusia yang sempurna. Namun, akan selalu ada dalam diri manusia untuk terus tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Nah, di sinilah saatnya kamu harus mau untuk mendengarkan saran dari orang kepercayaan seperti ayah atau ibu, saudara kandung, teman, hingga pasangan. 

Langkah ini sangat penting untuk meningkatkan interpersonal skill. Kritik dan saran yang diberikan oleh mereka mungkin sulit untuk kamu terima. Cobalah untuk mendengarkan dan lalu evaluasi diri kamu. Jika benar, maka perbaiki apa saja yang masih kurang dari personal yang ada di dalam dirimu. 

Jika kamu memang yakin dan niat untuk meningkatkan interpersonal skill, mengikuti saran dari orang kepercayaan adalah salah satu jalan utama.

2. Meningkatkan Rasa Percaya Diri (Self-Confidence)

Rasa percaya diri memang harus dipupuk sejak dini. Bahkan, ketika dewasa pun seseorang akan mengalami yang namanya insecure. Oleh karenanya, rasa percaya diri memang sangat perlu untuk dibangun. 

Membangun rasa percaya diri memang tidaklah mudah. Namun seiring berjalannya waktu, kamu pasti bisa bertumbuh untuk menjadi pribadi yang memiliki tingkat percaya diri yang baik.

3. Bayangkan jika Kamu Berada di Posisi Orang Lain

Kebiasaan buruk dari kebanyakan orang yang jarang disadari adalah terlalu cepat bereaksi. Biasanya reaksi yang timbul adalah hal-hal negatif, seperti mudah marah dan kecewa.

Coba tenangkan hati dan pikiran terlebih dahulu, jangan mudah untuk men-judge orang yang sedang membutuhkan bantuanmu. Bayangkan jika kamu ada di posisi tersebut, pastinya kamu akan lebih bijak menanggapi apa yang dibutuhkan oleh rekan kerjamu.

4. Melatih untuk Mau Mendengarkan

Interpersonal skill yang cocok untuk diterapkan dalam proses membangun relasi kerja adalah mau mendengarkan. Selain harus mampu menjadi pendengar yang baik, kamu juga harus mau untuk bertanya, seperti menanyakan apa yang sedang dia lakukan, bagaimana perasaannya saat itu, serta saling memberikan motivasi. Hal ini penting untuk dilakukan sebagi upaya untuk melatih kemampuan komunikasi sehingga akan terbangun hubungan yang baik dengan rekan kerja.

5. Coba untuk Terlibat Dalam Kerja Kelompok atau Tim

Untuk membangun interpersonal skill, kamu harus mau mencoba untuk lebih banyak berinteraksi dengan orang-orang di tempat kerja. Salah satu jalannya kamu bisa bekerja dalam team work yang berbeda. 

Dengan terlibat banyak kerja tim, kamu akan dituntut untuk mampu menyampaikan informasi kepada anggota tim lainnya, memahami instruksi ketua tim, menyampaikan pendapat, dan dilatih untuk melakukan brainstorming melalui aktivitas focus group discussion (FGD) ataupun leaderless group discussion (LGD) guna memecahkan suatu masalah.

6. Amati dan Tiru Orang-orang di Sekitar yang Memiliki Interpersonal yang Baik

Dalam ruang lingkup pekerjaan tentu saja akan kamu temui orang-orang dari beragam latar belakang yang berbeda-beda. Mereka masing-masing memiliki interpersonal skill yang berbeda pula. Oleh karenanya, kamu bisa menggunakan tips berupa mengamati orang-orang dengan interpersonal skill yang baik, lalu kamu bisa menerapkannya dalam diri kamu.

Itulah ulasan mengenai pengertian interpersonal skills, ciri-ciri dan tips meningkatkannya. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk kehidupanmu ya.

0 komentar

Post a Comment