10 Ide Jenis Usaha Pertanian dengan Keuntungan Besar

Salah satu jenis usaha yang tidak akan pernah mati adalah bisnis dalam bidang pertanian. Karena, produk-produk pertanian akan selalu dibutuhkan oleh manusia sepanjang hidupnya. 

Sangatlah luas ruang lingkup jenis usaha pertanian yang bisa kamu lakoni. Bahkan, bisnis ini tidak hanya menjadi peluang bagi mereka yang tinggal di pedesaan, akan tetapi bagi kamu yang tinggal di kota besar juga bisa menekuni profesi tersebut lho.

Lalu, apa saja kira-kira bisnis pertanian yang layak kamu coba? Berikut di bawah ini ulasannya.

 

10 Ide Jenis Usaha Pertanian yang Menjanjikan Keuntungan Besar


1. Bisnis Jual Sayuran

Sayur-mayur merupakan salah kebutuhan pokok yang wajib ada di dalam kehidupan berumah tangga. Entah itu, sayur yang sudah dalam kondisi matang, siap disantap, ataupun yang masih mentah dan harus diolah terlebih dahulu untuk bisa dimakan. Tentu, dengan membukah usaha jualan sayuran akan memberikan keuntungan yang melimpah karena pasarnya memang sangat luas.

Kamu bisa membuka gerai di pasar, supermarket, toko kelontong, atau meniitipkannya di pedagang sayur keliling.

Jenis usaha pertanian ini tidaklah harus dimulai dengan modal yang besar. Kamu bisa memulainya dengan modal kecil, apalagi jika kamu memiliki lahan sendiri untuk menanam tanaman sayur-sayuran.

2. Bisnis Jualan Rempah-rempah

Rempah-rempah selain digunakan sebagai tanaman obat tradisional juga sering digunakan untuk menambah cita rasa masakan. Oleh karenanya, rempah-rempah ini seringkali diburu oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya. 

Nah, inilah yang bisa menjadi peluang bidang usaha tani yang akan memberikanmu keuntungan yang besar. Kamu tidak perlu menyiapkan lahan yang luas untuk menanam berbagai jenis rempah-rempahan karena dengan teknik penanaman hidroponik pun bisa kamu terapkan jika lahan belum mencukupi. 

3. Bisnis Jualan Bunga Potong

Bisnis bunga potong merupakan salah satu jenis usaha pertanian yang menjanjikan di tahun ini. Usaha ini mirip dengan jualan tanaman hias pada umumnya. Bedanya, bunga potong merupakan sejenis tanaman hias dengan akar yang sudah dipotong dan diperuntukan untuk dekorasi acara pesta, seperti acara siraman, resepsi pernikahan, acara pemakaman, baby shower, ulang tahun, dan lainnya.

Baca juga: Modal Usaha Papan Bunga dan Tips Menjalankannya

Karena banyak digunakan untuk kebutuhan event-event tertentu tersebut, berbisnis bunga potong cukup menjanjikan untuk bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Kuncinya adalah kamu menjalankannya dengan sungguh-sungguh dan tidak mudah berputus asa.

Ikuti strategi marketing terbaru, seperti dengan cara mempromosikannya lewat internet. Baik itu melalui promosi penjualan di marketplace, social media, ataupun ecommerce yang dibuat sendiri.


4. Bisnis Jualan Bibit Tanaman


Untuk menjalankan bisnis jualan bibit tamanan tersebut sebenarnya sangat mudah. Jika ingin lebih cepat mendapatkan untung yang besar, kamu sebaiknya memilih bibit dengan kualitas terbaik untuk dijual.

Tidak harus dengan modal besarm kamu bisa menjadi reseller toko bibit tanaman di kotamu. Jadi, kamu bisa berjualan secara online dengan hanya memanfaatkan gadget dan koneksi internet yang lancar.

Dengan sistem seperti ini, kamu tidak harus menyetok bibit tanaman, sehingga tidak akan membuatmu mengalami kerugian ketika beberapa jenis bibit tanaman tidak laku terjual di pasaran.

5. Bisnis Jualan Pupuk Tanaman

Tak hanya jualan bibit tanaman, usaha jualan pupuk tanaman kini juga menjadi jenis usaha tani yang menjanjikan lho.

Apalagi jika lokasi di mana tempat kamu berjualan berada di area persawahan maka kamu bisa mencoba membuat sendiri pupuk tanaman seperti pupuk kompos yang lebih aman dan tidak berbahaya. Ketika sudah diproduksi, kamu bisa memasarkan dan menjualnya dengan mendirikan toko pupuk kecil-kecilan terlebih dahulu. 

Jika belum punya modal, kamu cukup memasang papan nama usaha yang dipasang di depan rumah. Dan hasil produksi pupuk tersebut diletakkan di salah satu ruangan belakang rumah.

6. Bisnis Jualan Buah-buahan


 

Bisnis buah-buahan termasuk jenis usaha pertanian yang dapat dijalankan dengan mudah dan modal kecil serta menguntungkan. 

Kamu bisa membuka usaha tersebut dengan berjualan di pinggir jalan. Sediakan mobil pick-up atau motor tossa dan menaruh berbagai macam buah-buahan di atasnya.

Jika diperlukan, buka juga jasa kupas beberapa buah-buahan untuk memudahkan konsumen seperti misalnya buah nanas. Karena dengan pelayanan terbaik tersebut akan mengundang banyak konsumen untuk memilih membeli di tempat kamu dibandingkan kios lainnya.



7. Bisnis Jualan Terarium dan Tanaman Hias


Jenis bisnis di bidang pertanian lainnya patut kamu coba adalah berjualan terarium dan tanaman hias. Bisnis ini lebih berpeluang untuk di daerah perkotaan. Berbeda dengan tanaman hias, terarium bisa diletakkan di dalam ruangan dengan wadah kaca bening sehingga sangat cantik jika ditempatkan di dalam rumah minimalis atau rumah modern.

Dengan cantiknya tetarium dan tanaman hias tentu saja banyak orang yang akan tertarik untuk memilikinya.Ini merupakan salah satu jenis usaha agrobisnis terbaik yang menjanjikan.Untuk mendapatkan konsumen lebih cepat pada saat pertama kali menjalankan usaha jualan tanaman hias, kamu sebaiknya memilih jenis tanaman yang banyak diminati masyarakat.

Di tengah persaingan usaha yang semakin kompetitif ini, kamu harus mencoba untuk memasarkannya melalui berbagai sosial media yang kamu miliki. Harapannya, usaha tetarium dan tanaman hiasmu bisa menjangkau konsumen yang lebih luas lagi.
 

8. Bisnis Jual dan Sewa Alat Pertanian

Jika kamu tidak ahli dalam mengelola tanah dan menanam tanaman padi, sayuran, buah-buahan, akan tapi ingin menjalankan usaha di bidang pertanian, maka kamu bisa membuka usaha alat taninya saja. 

Menjual atau menyewakan alat-alat tani juga bisa menjadi salah satu usaha yang menguntungkan. Banyak petani yang belum memiliki alat tainya sendiri sehingga membutuhkan peralatan di tempatmu.

9. Bisnis Budidaya Jamur Tiram

Bisnis budidaya jamur tiram adalah jenis usaha pertanian yang selanjutnya bisa kamu coba, khususnya bagi yang tinggal di perkampungan. Bahkan, dengan lahan yang sempit, kamu tetap bisa menjalankan budidaya tersebut.

Kamu bisa mengirimkan hasil jamur tiram tersebut ke daerah perkotaan. Dengan begitu, harga jual jamur tiram bisa lebih tinggi. Hal ini tentu akan menguntungkan bagimu.

Baca juga: Ide Usaha Unik di Desa yang Menarik


10. Bisnis Ekspor dan Impor Produk Pertanian

Saat ini, sejumlah petani di Indonesia masih banyak yang bingung bagaimana cara memasarkan produknya hingga ke luar negeri. Padahal pasar internasional sangatlah menjanjikan, namun keinginan tersebut belum bisa terwujud.

Oleh karenanya, hal ini bisa kamu jadikan peluang untuk membuka usaha ekspor impor produk-produk pertanian ke manca negara. Selain bisa membantu kesejatheraan petani, kamu juga bisa mendapat keuntungan yang besar dengan bisnis ini.


Demikian informasi mengenai usaha pertanian yang harus kamu coba! Peluang usaha yang berhubungan dengan pertanian ini pastinya bisa jadi alternatif untuk dijadikan sebagai peluang bisnis terbaik di tahun ini, apalagi buat kamu yang bosan jadi pegawai atau karyawan sebuah perusahaan.

0 komentar

Post a Comment