Peluang Usaha Papan Bunga dan Modal yang Dibutuhkan

Usaha papan bunga merupakan salah satu jenis usaha yang cukup menjanjikan sampai saat ini. Untuk memulainya pun tidak memerlukan modal usaha yang banyak karena bahan baku untuk usaha ini sangat mudah didapatkan.

Bahkan, usaha di bidang jasa dan dekorasi ini tak lekang oleh waktu. Jumlah konsumen akan terus mengalami peningkatan seiring dengan jumlah golongan masyarakat menengah ke atas yang semakin banyak jumlahnya. Jika kamu sedang mencari informasi terkait bagaimana peluang dan modal usaha papan bunga ini, baca selangkapnya pada penjelasan berikut.



Peluang Usaha Papan Bunga



Bisnis papan bunga merupakan jenis usaha yang tidak ada matinya dan akan terus berkembang. Tak hanya di kota-kota besar saja, dipelosok daerahpun juga sudah mulai banyak yang mencari jasa pembuat papan bunga untuk keperluan acara atau event tertentu. 
 
Peluang ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Banyaknya permintaan karangan bunga dari berbagai kalangan menjadikan bisnis papan bunga ini sangat menjanjikan untuk dirintis. Adapun hal-hal yang mungkin perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut:


1. Karyawan Yang Bertugas Merangkai Bunga

Bisnis karangan bunga tentu memerlukan keterlibatan orang lain atau karyawan. Karena dibutuhkan orang-orang yang kreatif dan terampil dalam merangkai dan mendekorasi bunga. Jika diperlukan, kamu dapat melatih mereka terlebih dahulu. Berikan pelatihan dasar tentang cara merangkai bunga yang baik.

Perangkai bunga yang sudah terlatih akan mampu melahirkan karya-karya yang brilian sehingga akan mampu mendukung perlembangan usaha yang kamu jalankan.
 
2. Karyawan Pengantar Pesanan Bunga

Jika kamu mampu melakukannya sendiri, kamu tidak perlu mencari sopir untuk antar pesanan. Namun ketika usahamu ini semakin berkembang dan membutuhkan karyawan pengantar, maka segera cari orang yang tepat.

Jenis-Jenis Papan Bunga

 

Di antara acara atau event yang bisa bisa ditawarkan papan bunga, misalnya adalah papan bunga untuk acara pernikahan, khitanan, aqiqah, peresmian gedung, acara pelantikan, wisuda, ucapan duka cita, dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk itu papan bunga dapat dibagi menjadi beberapa jenis berikut ini:

1. Papan Bunga Pernikahan

Papan bunga jenis ini bisa menjadi solusi ketika ada kolega yang akan melaksanakan pernikahan. Sebagai bentuk perwakilan dari perusahaan, papan bunga dengan ucapan happy wedding ini akan menghiasi lokasi pelataran gedung pernikahan. Tak hanya itu, Papan bunga ini juga bisa menjadi salah satu strategi marketing untuk memperkenalkan perusahaan atau produknya juga lho.

2. Papan Bunga Ucapan Selamat & Sukses

Jenis papan bunga ini dapat disampaikan saat ada acara wisuda, pelantikan, pembukaan suatu usaha, dan sejenis lainnya. Pelanggan biasanya memilih papan bunga ini sebagai bentuk doa dan sekaligus support agar kesuksesan segara dapat diraih.
 
3. Papan Bunga Ucapan Duka Cita

Papan karangan bunga duka cita merupakan bunga papan yang diberikan oleh pengirim ke rumah dukua sebagai tanda belasungkawa atau duka cita atas meninggalnya seseorang.
 

Modal Untuk Memulai Usaha Papan Bunga

Untuk merintis bisnis ini sejatinya tidak terlalu membutuhkan modal yang sangat besar. Namun, karena target pasarnya adalah konsumen menengah ke atas maka pengelolaannya harus dilakukan dengan baik.

Adapun beberapa perlengkapan yang perlu dipersiapkan adalah kayu, busa, kain baldu, paku payung, lem, bunga dan pernik perniknya, jarum pentul, renda dan berbagai bahan lain.

Sementara itu biaya yang cukup besar yang harus dianggarkan adalah sewa mobil pick up untuk mengantarkan papan bunga ke tempat klien.
 
Nah, berikut ini adalah asumsi modal usaha papan bunga:

I. Papan

Papan bunga harus dibuat tipis, ringan, namun kuat sehingga mudah untuk dibawa ke tempat klien.
Bahan untuk pembuatan papannya sendiri adalah sebagai berikut:
  • Kayu meranti 1x2 inchi sebanyak 7 batang, @ Rp.45.000,00 = Rp. 315.000,00 (Bisa menggunakan kayu jenis lainnya yang sifat dan karakteristik yang mirip dengan kayu meranti)
  • Busa berukuran tebal 4 cm sebanyak 3 Lembar, @ Rp.125.000,00 = Rp. 375.000,00
  • Kain baldu/beludru atau blacu, Rp.60.000,00
  • Lem kambing 1 kaleng, Rp.35.000,00
  • Huruf karet papan bunga per pack, @ Rp. 250.000,00
  • Paku Payung 1 box, Rp. 35,000,00
                                                           _________________ +
                                                            Jumlah Rp. 1070.000,00

II. Bunga + Pernik
  • Bunga Satin 5000 kuntum x @ Rp.400,00 = Rp. 2.000.000,00
  • Jarum Pentul 4000 biji atau 1/2 kg = Rp. 160.000,00
  • Renda 1 gulung = Rp. 40.000,00
                                                           _________________ +
                                                             Jumlah Rp. 2.200.000,00

Total biaya awal untuk pembelian bahan papan bunga adalah sekitra Rp3.270,000,00. Dan beberapa bahan tersebut ada sisa dan bisa digunakan untuk memproduksi papan bunga berikutnya.

Itulah asumsi modal awal ketika ingin merintis usaha papan bunga. Asumsi perhitungan modal usaha di atas hanyalah perhitungan kasar dan umum. Tiap daerah akan memiliki harga pasaran  yang berbeda pula, sehingga akan mempengaruhi harga jual papan bunga tersebut.

0 komentar

Post a Comment