Jenis dan Daftar Lengkap Campuran Warna

Warna menjadi unsur penting bagi kehidupan manusia yang sangat berguna. Warna dapat melambangkan nuansa perasaan hati setiap manusia. Warna juga dapat dimainkan dengan mencampurkan satu warna dengan lainnya. Bahkan campuran warna bisa menciptakan warna baru yang jauh lebih menarik.


Seringkali muncul warna-warna baru yang berasal dari hasil pencampuran warna sehingga terlihat begitu cantik. Pada dasarnya, warna hanya ada tiga yakni kuning, biru dan merah. Dengan adanya pencampuran warna, maka akan membentuk warna kedua dan seterusnya sampai sekarang ini.


Jenis-Jenis Warna

 
Jenis-jenis warna memang begitu beragam. Setidaknya ada tiga jenis warna yang perlu Anda cermati dan pahami dengan baik. Terlebih ketika Anda mulai ingin melakukan pencampuran warna. Beberapa warna tersebut diantaranya:


1. Warna Primer

Jenis warna yang pertama adalah warna primer. Warna ini merupakan warna dasar atau warna pokok. Ini adalah jenis warna yang belum dicampur dengan warna lainnya. Ini adalah warna dasar atau primer yang nantinya dapat dicampurkan dengan warna lain sehingga menghasilkan pilihan warna menarik lainnya.

Beberapa contoh warna primer diantaranya warna kuning, biru dan merah. Ketiga warna ini adalah warna dasar yang bisa menghasilkan warna sekunder jika saling dicampurkan satu sama lainnya. Jadi, jika Anda belum memiliki warna-warna lain asalkan memiliki warna primer maka semuanya bisa diwujudkan.

2. Warna Sekunder

Selain warna primer, juga ada warna sekunder yang perlu Anda cermati. Jenis warna sekunder merupakan hasil campuran maupun kombinasi antara dua warna primer. Salah satu contoh dari warna sekunder adalah hijau. Hijau merupakan perpaduan antara warna biru dengan kuning.

Selain hijau juga ada warna jingga yang termasuk ke dalam kategori warna sekunder. Warna jingga merupakan perpaduan antara warna merah dengan warna kuning. Kemudian warna ungu yang merupakan perpaduan warna biru dengan warna merah.

3. Warna Tersier

Bukan hanya warna primer dan sekunder saja yang bisa Anda ketahui. Jenis warna tersier juga tentu umum Anda jumpai. Warna tersier merupakan suatu warna yang diperoleh dari campuran warna primer dengan pilihan warna sekunder.

Secara singkat, warna tersier bisa dijelaskan sebagai warna yang dihasilkan oleh pencampuran tiga warna sekaligus. Contohnya, warna hijau. Warna hijau kebiruan merupakan hasil dari campuran warna hijau dan biru. Kemudian, warna ungu kebiruan yang berasal dari pencampuran warna ungu dan biru.

Makna Warna bagi Psikologi Manusia


Tahukah Anda bahwa warna ternyata juga bisa memberikan respon psikologi sekaligus fisiologi manusia. Warna bisa menunjukkan kesan tertentu hingga melambangkan makna khusus. Lalu, seperti apa saja makna warna bagi psikologi manusia?

1. Merah

Merah merupakan warna yang menunjukkan kekuatan, kehangatan, energi, nafsu, cinta sekaligus agresi. Warna merah juga mampu merangsang kesuksesan maupun perhatian hingga meningkatkan denyut jantung.

2. Jingga

Jingga adalah perpaduan antara warna merah dan kuning. Jingga merupakan warna yang kuat dan cenderung hangat. Sehingga warna jingga dapat mencerminkan kenyamanan, energik, keakraban dan keramahan.

3. Kuning

Kuning merupakan warna yang ceria dan cerah sehingga mampu membuat manusia cenderung lebih gembira. Selain itu, warna kuning juga mencerminkan sisi optimis, harapan, percaya diri, penuh suka cita hingga antusiasme.

4. Hijau

Hijau adalah warna yang berkaitan erat dengan alam. Apabila dilihat dari sisi psikologi, warna hijau merupakan warna yang kerap dipakai untuk membantu seseorang dalam mengatasi depresi. Warna hijau dianggap mampu mengurangi stres, menyeimbangkan emosi hingga menjadi lambang cinta universal.

5. Tosca

Warna tosca seringkali disebut sebagai warna pirus. Dari segi psikologi, warna tosca juga mampu membantu meningkatkan konsentrasi. Selain itu, warna tosca juga mampu menenangkan sistem saraf sehingga pikiran akan jauh lebih jernih.

6. Ungu

Ungu menjadi salah satu warna cantik yang cenderung unik. Warna yang juga kerap disebut sebagai warna violet atau nila ini mampu mewakili kepekaan dan harapan yang sangat besar. Sisi positif dari warna ungu ialah mampu memberikan aura spiritualitas dan imajinasi yang tinggi.

7. Biru

Biru adalah warna yang cukup populer. Warna biru terlihat jauh lebih terang dan memberikan efek keyakinan yang jauh lebih mendominasi. Biru juga mampu memberikan sisi positif. Beberapa sisi dari warna biru diantaranya melambangkan kepercayaan, konsistensi, keseriusan serta nilai profesional.

8. Coklat

Coklat merupakan warna yang menjadi simbol bumi dan umum dikaitkan dengan warna hijau sebagai warna alami. Coklat juga mampu memberikan makna psikologi bagi kehidupan manusia. Beberapa makna warna coklat diantaranya kenyamanan, keamanan dan nilai kesederhanaan.

Daftar Lengkap Campuran Warna


Tertarik untuk mencoba pencampuran warna? Maka bisa menyimak daftar lengkap dari pencampuran warna berikut. Jadi, walaupun hanya mempunyai warna primer saja, akan tetapi Anda tetap bisa membuat warna sekunder dan tersier dengan baik.

1. Merah tua: campuran warna hitam dan merah.


2. Merah muda: campuran warna merah dan putih.

3. Abu-abu: campuran warna putih dan hitam.



4. Kuning muda: campuran warna kuning dan putih.




5. Ungu: campuran warna merah dan biru.

 

6. Jingga atau oranye: campuran warna merah dan kuning.



7. Biru muda: campuran warna putih dan biru.




8. Tosca: campuran warna hijau dan biru.





9. Coklat: campuran warna merah dan hijau.



10. Peach: campuran warna merah muda dan jingga.



11. Beige: campuran warna putih, kuning dan coklat.



12. Sand/pasir: campuran warna putih, coklat dan hitam.




13. Olive: campuran warna hijau, kuning/putih dan coklat.




14. Mocca: campuran warna merah, hijau, putih dan hitam.

15. Cyan: campuran warna hijau dan biru





16. Merah maroon: campuran warna merah, biru dan kuning.


 

17. Magenta: campuran warna merah dan biru.



18. Khaki: campuran warna kuning, magenta, hijau dan putih.




19. Mustard: campuran warna kuning dan coklat.





20. Biru navy: campuran warna hitam dan biru.


21. Zamrud/Emerald: campuran warna hijau, cyan, hitam dan putih.






Berkreasi dengan campuran warna tentu akan menjadi aktivitas yang menyenangkan. Ketika berhasil mencampurkan warna tentu hal ini akan menjadi kepuasan dan kesenangan tersendiri. Terlebih saat tahu bahwa setiap warna mempunyai makna tersendiri.

0 komentar

Post a Comment