Sudah Punya Karakteristik Wirausaha Ini? Kamu Layak Jadi Usahawan

Untuk menjadi wirausahawan yang sukses bukanlah perkara yang mudah. Tidak ada yang instan dalam berwirausaha. Selain itu, akan banyak muncul hambatan seiring dengan semakin berkembangnya usaha yang dijalankan. Oleh karena itu, karakteristik wirausahawan adalah pondasi yang sangat diperlukan jika kamu ingin menjadi seorang wirausahawan.

Tanpa adanya karakteristik wirausahawan dalam diri kamu, maka akan dengan mudah usaha yang  kamu jalankan tidak sesuai dengan yang diharapakan. Karakteristik wirausaha ini menjadi kunci sukses jika ingin menjadi wirausahawan yang sukses.

Wirausahawan harus optimis, pantang menyerah, mandiri, siap menghadapi risiko, gigih, kreatif dan inovatif. Kepemilikan karakteristik wirausahawan ini berhubungan dengan minat seseorang menjadi wirausahawan. Seseorang yang memiliki sebagian besar karakteristik wirausahawan tersebut akan lebih tertarik untuk mendirikan sebuah usaha dibandingkan menjadi pegawai di sebuah industri atau perusahaan.

 


Pengertian Karaktersitik Wirausaha

Karakteristik wirausaha adalah hal-hal yang berhubungan dengan ciri khas, perilaku, watak, tingkah laku atau tindakan seseorang untuk mengelola usahanya untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Karakteristik seorang wirausaha pada umumnya dapat dilihat pada saat orang tersebut menyampaikan gagasan inovatifnya ke dalam dunia usaha dan juga pada saat menjalin hubungan dengan para relasi bisnis. 

Untuk itu, bagi kamu yang ingin menjalin hubungan bisnis dengan seseorang, sebaiknya ketahui dahulu karakteristik orang tersebut. Karena menjalin hubungan bisnis dengan seseorang yang karakternya tidak baik dapat mengakibatkan kerugian bagi bisnis yang akan/sedang kamu jalankan.


Karakteristik Wirausaha

Berikut ini beberapa kumpulan karakteristik wirausaha yang mungkin ada di dalam diri kamu:

1. Memiliki kepercayaan diri yang tinggi

Sikap self confidence merupakan bagian penting dan yang paling dominan dalam watak seorang wirausahawan. Karena hal ini berkaitan dengan sifat mandiri, optimis, dan dinamis. Kepercayan diri yang kuat ini yang menjadi penggerak wirausahawan dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya.

2. Passion

Passion diartikan sebagai semangat atau motivasi seseorang dalam melakukan tindakan tertentu dengan rasa cinta dan antusias. Rasa kecintaannya atas apa yang ia kerjakan akan menjadi alasan baginya untuk selalu bersemangat dalam menjalankan usahannya tanpa ada rasa terbebani.

3. Memiliki orientasi yang terukur

Karakteristik ini menggambarkan bahwa seorang wirausahawan harus memiliki kemampuan berpikir yang rapi dan logis. Baik orientasinya proses maupun hasil, karakteristik ini akan membuatnya tidak plin-plan dalam menentukan strategi dan arah wirausahanya. Sikap ini ditandai dengan kemampuan analytical thinking yang tinggi dan juga kemampuan mengolah data yang baik.

4. Kesiapan untuk mengambil risiko

Karakteristik ini dilandasi oleh sifat wirausahawan yang menyukai tantangan untuk mencapai kesuksesan yang diharapkannya. 

Setiap orang berbeda dalam memandang risiko tergantung dari keyakinan pada diri sendiri. Ada yang berani mengambil risiko, biasa saja terhadap risiko dan ada yang takut terhadap risiko. Namun, keseimbangan komposisi ketiga orang ini justru akan membentuk perencanaan yang lebih matang dalam mengahadapi risiko, sehingga usaha dapat terselamatkan dan berjalan lebih baik.

5. Mempunyai jiwa kepemimpinan

Seorang wirausahawan harus memiliki jiwa leader yang ditandai dengan suka bergaul, fleksibel, dan adaptif. Dengan sifat ini maka seorang wirausahawan sudah memiliki modal yang bagus untuk mampu dalam "merangkul" pasar. 

6. Visioner

Karakteristik wirausaha yang sat ini memiliki arti bahwa seorang enteprenuer selalu berpandangan jauh ke depan dan cerdas dalam persepsi. Wirausahawan harus mampu melihat perkembangan zaman di masa yang akan datang agar usaha yang dijalankannya terus dapat eksis dan berkembang.

7. Gigih

Watak ini penting sekali untuk dimiliki oleh seorang wirausaha. Ia harus memiliki sifat pantang menyerah, tidak mudah putus asa dalam setiap usaha mencapai tujuan. Wirausahawan harus memiiki sikap gigih karena dalam kegiatan usahannya tidak selalu berjalan lancar, seperti mengalami kegagalan, kesalahan dan kerugian.

 


Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Berwirausaha


Bekerja lebih giat tentu merupakan kunci sebuah kesuksesan, termasuk ketika seseorang memutuskan menjadi wirausahawan. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan seseorang dalam menjalankan wirausahanya selain dari bekerja dengan giat adalah seperti dijelaskan berikut ini.

1. Visioner

Selain visioner merupakan karakteristik seseorang wirausaha, sifat ini juga menjadi sebuah pondasi dalam berwirausaha. Ketika usaha yang dijalankan mempunyai visi yang jelas dan terukur maka strategi pencapain dan sasaran kerja akan dengan mudah dijalankan. Dengan demikian, kesuksesan dalam berwirusaha akan lebih mudah diraihnya.

2. Creative & Innovative (kreatif dan inovatif)

Artinya memiliki rasa ingin tahu yang besar, daya imajinasi yang kuat, mampu memunculkan ide yang original dan mewujudkannya. Wirausahawan harus kreatif dan inovatif dalam menciptakan ide-idenya agar mampu bersaing di kalangan pasar.

3. Expertise (Keahlian)

Yaitu human capital yang dimiliki perusahaan harus memiliki keahlian dalam bidangnya masing-masing. Jangan sampai meng-hire orang-orang yang tidak mumpuni untuk mengerjakan job-desc yang ada di perusahaan.

4. Calculated risk taker (Memperhitungkan risiko)

Dalam menjalankan bisnisnya, wirausahawan harus selalu memperhitungkan kemungkinan keberhasilan ataupun kegagalan. Dengan begitu, kebijakan atas pengambilan keputusan usahanya akan lebih tepat sasaran dan kegagalan usahanya pun akan lebih mudah untuk diantisipasi.

5. Customer service orientation

Yaitu perusahaan harus mampu memberikan pelayanan yang prima kepada para konsumennya. Hal ini penting sekali untuk dilakukan guna untuk memenuhi kebutuhan konsumen sehingga loyalitas konsumen pun dapat ditingkatkan.

6. Market sensitivity (peka terhadap pasar)

Artinya seorang wirausahawan yang sukses adalah yang peka terhadap situasi dan kondisi pasar.  Ia akan mampu memanfaatkan setiap peluang yang muncul, bahkan menciptakan peluang. Ia juga harus dapat melihat apa yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan demikian akan mudah baginya untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat atas barang/jasa yang ia tawarkan.

7. Orisinil

Produk barang/jasa yang ditawarkan kepada konsumen harus terjamin orisinalitasnya. Hal ini berarti produk yang dibuat bukan sekadar jiplakan tanpa nilai lebih. Jadilah pelopor karena kesuksesan pelopor akan lebih mudah diraih daripada ketika berusaha untuk meniru produk lain.

8. Developing others

Yaitu manajemen perusahaan harus bersedia untuk mengembangkan karyawannya secara sukarela. Karena mengembangkan orang-orang adalah bagian dari pengembangan bisnis perusahaan untuk bisa sukses.

Itulah ulasan mengenai apa itu karakteristik wirausaha dan faktor yang mempengaruhi kesuksesan dalam menjalankan usaha. Kegiatan wirausaha tidak terlepas dari interaksi dengan orang lain, sehingga diperlukan watak ataupun etika agar terjalin hubungan dan komunikasi yang baik demi kemajuan usaha.

0 komentar

Post a Comment