Apa itu Wartegg Test? Ini Fungsi, Tujuan, Tips Lulus, dan Contoh Gambar Terbaik

Jika Anda hendak mengikuti tes rekrutmen pegawai, wartegg test menjadi salah satu tes yang sering diujikan. Tak heran jika banyak yang mencari referensi mengerjakan tes ini di internet. Sebaiknya, kenali dan pahami terlebih dahulu jenis tes ini agar bisa melaluinya dengan lancar.

Bagi yang pertama kali akan mengikuti tes ini, mungkin akan bertanya-tanya seperti apa tes yang akan dilalui? Jadi, Anda berada di tempat yang tepat untuk memahami terlebih dahulu tes ini. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan mengenai gambar wartegg test serta tips mengikuti tes ini pada artikel di bawah.


Pengertian Wartegg Test

Wartegg test adalah salah satu tes psikologi yang diujikan pada pesertanya untuk melengkapi sejumlah panel gambar. Tes ini berbentuk gambar yang dirancang untuk memahami karakter peserta ujian dari segi emosi, imajinasi, reality function, dinamisme, dan kemampuan mengendalikan sesuatu. 


Pada awalnya, tes ini diciptakan oleh para ahli dari Universiy of Leipzig, yaitu Sander dan Krugeer. Seiring berjalannya waktu, rancangan tes ini dikembangkan oleh ahli lainnya, yaitu Ehrig Wartegg dan Marian Kinget.
 

Fungsi Wartegg Test


 

Pada dasarnya, wartegg test merupakan salah satu jenis tes psikologi yang harus dihadapi dalam proses rekrutmen di perusahaan. Tes sering diujikan karena memang memiliki fungsi yang cukup krusial untuk mengetahui karakter seseorang dari berbagai sisi.

Dari fungsinya itulah, pihak rekrutmen bisa menilai apakah calon pegawai layak menempati posisi yang dituju atau tidak.
 

Tujuan Wartegg Test


 

Seperti yang telah disebutkan di atas, wartegg test bertujuan untuk mengetahui karakter seseorang dari berbagai sisi penilaian. Dalam tes psikologi ini, peserta akan dihadapkan dengan delapan panel yang masing-masing sudah berisi sebuah gambar.
 

Masing-masing panel diisi dengan gambar yang bervariasi, yaitu sebagai berikut:

  • Titik
  • Garis kurva
  • Tiga garis sejajar
  • Kotak kecil berwarna hitam
  • Dua garis berpotongan
  • Dua garis horizontal dan vertikal terpisah
  • Titik yang tersusun melengkung
  • Garis melengkung yang cukup besar

Masing-masing peserta akan diberi waktu 30 menit untuk mengembangkan gambar-gambar tersebut. Gambar yang dibuat bebas sesuai dengan imajinasi yang terlintas di pilirannya. Tidak hanya itu, peserta juga akan diminta menuliskan nomor urut sesuai gambar yang dikerjakan terlebih dahulu.


Tidak hanya itu, Anda juga akan diminta memilih gambar mana yang paling mudah, paling sulit, dan kurang disukai beserta alasannya. Untuk lebih jelasnya, berikut delapan panel gambar dari tes wartegg.
 

Arti Delapan Panel Gambar Wartegg Test

 

Arti dari kedelapan gambar wartegg test di atas adalah sebagai berikut:


1. Panel 1

Gambar wartegg test yang pertama ini berupa titik ini berada di tengah yang ternyata menunjukkan karakter seseorang di lingkungannya. Terutama bagaimana ia menempatkan dirinya dan bersikap di lingkungan baru.
 

2. Panel 2

Gambar kedua ini berupa coretan garis berliku yang menunjukkan kehidupan sesorang yang fleksibel dan bebas.
 

3. Panel 3

Gambar wartegg test pada panel 3 ini berupa tiga garis vertikal dengan pola meninggi seperti tangga. Panel ini menunjukkan ambisi lho. Jadi, bagaimana semangat seseorang dalam mencapai kesuksesan yang diinginkan.
 

4. Panel 4

Gambar kotak berwarna hitam ini diletakkan di pojok kanan atas. Gambar ini menunjukkan cara atau pola pikir seseorang dalam menyelesaikan permasalahan.
 

5. Panel 5

Gambar berupa dua garis diagonal berbentu huruf T ini menunjukkan bagaimana pola pikir seseorang dalam kehidupannya.
 

6. Panel 6

Gambar yang ditampilkan adalah kumpulan titik yang membentuk lengkungan kecil. Gambar ini akan menunjukkan bagaimana kehidupan dan perasaan seseorang, apakah sifatnya labil atau kekanak-kanakan.
 

7. Panel 7

Gambar berbentuk garis lengkung ini pada dasarnya menunjukkan kondisi emosional seseorang, dewasa atau kekanakan.
 

8. Panel 8

Gambar berbentuk lengkungan seperti payung ini menunjukkan kebijaksanaan seseorang.

 

Tips Sukses Mengerjakan Wartegg Test

 

Bagi yang pertama kali hendak mengerjakan tas ini, tentu Anda harus memahami beberapa tips agar sukses mengikutinya. Pemula mungkin akan merasa kebingungan saat hendak mengerjakannya. Tidak perlu khawatir, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengikuti wartegg test.
 

  • Tips pertama, pastikan Anda menjaga kondisi lembar kertas agar tetap bersih dan tidak terkena kotoran.
  • Lakukan penggambaran dengan metode kombinasi, misalnya mulai dari panel 1-2-3-4 lalu lanjutkan dengan 8-7-6-5.
  • Pada dasarnya, Anda juga bisa menggunakan kombinasi lainnya namun hindari jika terlalu acak.
  • Mengerjakan dengan kombinasi menggambarkan bahwa Anda memiliki pribadi yang stabil, kreatif, dan konsisten.
  • Sedangkan jika mengerjakan tes secara berurutan, hal ini menunjukkan bahwa peserta tes memiliki kepribadian yang konservatif dan kaku.
  • Bagi yang mengerjakan secara  tak beraturan, hal ini menunjukkan kreativitas namun memiliki kepribadian yang sulit diatur.
  • Sebaiknya mulai menggambar dari pola yang paling mudah dan tidak perlu menghabiskan waktu berfikir terlalu lama.
  • Sebaiknya untuk panel 1,2,7,8, gambar dengan bentuk makhluk hidup dan menunjukkan sifat feminim, contohnya hewan kupu-kupu.
  • Sedangkan untuk panel 3,4,5,6 bisa digambar dengan benda mati atau sesuatu yang menunjukkan sifat maskulinitas, contohnya gedung bertingkat, kamera, dan lain-lain.
  • Hindari mengawali gambar di panel no 5 atau 7, hal ini menunjukkan bahwa Anda mengalami orientasi tidak biasa (kelainan seksual).
  • Sebaiknya gambar bentuk yang jelas, mudah dimengerti, dan tidak terlalu banyak menghapus gambar. Jika hal tersebut dilakukan, Anda akan dinilai sebagai orang banyak ragu dan tidak terencana.
  • Hindari menggambar terlalu menekan pada bagian yang harusnya digambar lembut. Hal ini jika dilakukan akan menggambarkan bahwa peserta tes memiliki sifat keras kepala.

 

Kumpulan Gambar Wartegg Test

Untuk memudahkan dalam pengerjaan dan sebagai referensi sekaligus inspirasi tes ini, berikut kami berikan contoh sekumpulan hasil kerja gambar tes wartegg:



Pada dasarnya, Anda harus mengerjakan tes psikologi ini dengan fokus penuh. Selain itu, maksimalkan waktu yang ada dan jangan terlalu lama memikirkan gambar. Perlu diketahui dalam tes ini tidak ada nilai salah atau benar, melainkan setiap gambar akan mencerminkan kepribadian.

0 komentar

Post a Comment