Manfaat Montase dan Cara Membuatnya

Mengkreasikan suatu ide seni tentu akan menjadi sebuah hal menarik untuk dilakukan. Salah satunya dengan membuat karya seni montase. Cara membuat montase juga relatif mudah dilakukan sehingga sangat direkomendasikan untuk mengisi waktu luang.


Karya seni montase ini nantinya bisa dipakai sebagai dekorasi rumah sehingga menjadikan tampilan hunian menjadi jauh lebih artistik. Di samping itu, pembuatan karya seni ini juga bagus untuk menciptakan kreativitas dalam diri setiap orang.

Karya Montase Tema Kehidupan Perkotaan

Pengertian Montase


Selain kolase dan mozaik, montase juga bisa dikreasikan menjadi suatu karya seni yang begitu cantik. Montase merupakan sejumlah potongan gambar yang direkatkan pada bagian bidang serupa. Hal ini kemudian bisa membentuk suatu makna baru.

Jika kolase atau mozaik menggunakan bahan dasar yang sama sekali belum pernah dibuat, maka montase memakai bahan serta potongan gambar yang telah ada. Jadi, montase berasal dari gambar-gambar yang sudah jadi kemudian dirangkai menjadi satu sampai tercipta campuran unsur begitu cantik.

Montase dibuat menggunakan pasta yang kemudian dikolaborasikan menjadi suatu karya seni yang luar biasa dengan komposisi lainnya. Contohnya, gambar majalah. Nantinya gambar tersebut dipotong kemudian disisipkan ke permukaan gambar lainnya. Nantinya akan menjadi suatu lukisan yang cantik.

Fungsi dan Manfaat Montase


Pembuatan karya seni montase, ternyata sangat bermanfaat. Bahkan manfaat tersebut bisa dilihat dari sisi praktis, edukatif, ekspresif, psikologis dan sosial. Dengan begini, tentunya montase bukan hanya sekedar karya seni saja.

Apalagi jika Anda yang terlalu jenuh untuk bekerja di rumah pada masa pandemi seperti ini. Tentunya membuat montase menjadi pilihan terbaik Anda. Pembuatan karya seni ini juga sangat ramah anak. Bersama mereka, Anda juga bisa mengembangkan sisi kreativitas.

1. Praktis

Fungsi praktis menjadi suatu fungsi yang terdapat pada suatu benda sehari-hari. Karya montase nantinya bisa dipakai sebagai dekorasi rumah sehingga mampu menciptakan keindahan tersendiri di dalam hunian Anda. Cantik sekali rasanya jika bisa memajang montase sebagai hiasan interior hunian.

2. Ekspresif

Untuk fungsi ekspresif dari montase diperoleh melalui teknik perakitannya. Teknik perakitan montase menggunakan material bertekstur berbeda. Bahkan tidak jarang yang memakai material berbeda pula. Hal ini tentunya sangat mampu memproses seluruh ekspresi yang ada pada diri Anda.

3. Edukatif

Jika dilihat dari sisi edukatif, montase bisa dipakai untuk mengembangkan pikiran dengan sangat baik. Selain itu, montase juga mampu mengembangkan daya serap, emosi, kreativitas hingga estetika. Cocok sekali untuk mengasah jiwa seni Anda yang sudah lama disibukkan dengan aktivitas harian yang padat.

4. Sosial

Fungsi sosial dari seni montase diperoleh dari banyaknya karya yang unik dan menarik. Karya-karya ini dimaksudkan untuk menciptakan suatu lapangan kerja dengan berbagai modal kreatif. Saat ini juga sudah banyak yang menjual kerajinan dari seni montase sebagai dekorasi tertentu di berbagai toko offline.

5. Psikologis

Karya seni montase sangat bagus untuk menanamkan seluruh ide serta emosi guna membangkitkan rasa puas bagi setiap orang. Karya ini mampu membangkitkan kesenangan untuk mengurangi beban psikologis. Terlebih ketika Anda selalu sibuk dengan padatnya rutinitas harian. Montase tentu akan merilekskan.

Cara Membuat Montase


Sudah penasaran untuk membuat montase? Tenanglah. Cara membuatnya juga relatif mudah dilakukan. Pastikan Anda sudah tahu untuk apa pembuatan montase tersebut. Apakah untuk dijadikan dekorasi atau hanya sekedar untuk bersenang-senang saja.

1. Persiapkan Seluruh Material yang Dibutuhkan

Untuk membuat montase, Anda perlu menyiapkan beberapa material yang dibutuhkan. Beberapa material tersebut diantaranya gunting, buku gambar dan kertas HVS (opsional jika tidak punya buku gambar), lem perekat dan sebagainya.

2. Cara Pembuatan
Setelah Anda menyiapkan seluruh material yang dibutuhkan, maka selanjutnya bisa langsung membuat karya seni montase. Perhatikan dengan baik, bagaimana cara membuat karya seni montase sehingga bisa sesuai keinginan.

  • Buatlah tema atau konsep gambar montase terlebih dahulu. Pertimbangkan pengaturan gambar dan sesuaikan dengan penempatan nantinya. Pada bagian ini, kreativitas Anda benar-benar diuji. Semakin kreatif, maka semakin bagus hasil montase nantinya.
  • Potonglah gambar-gambar yang berasal dari sumber referensi. Gunakan gunting untuk memilih dan memotong. Pastikan selalu berhati-hati untuk melakukannya. Jangan sampai keliru dalam menggunting kertas, ya.
  • Tempelkan potongan-potongan gambar tersebut ke buku gambar atau kertas HVS yang sudah disiapkan sebelumnya. Rekatkan dengan lem yang telah Anda sediakan. Anda bisa menggunakan lem perekat kertas biasa untuk menempelkan potongan-potongan kertas.
  • Apabila sudah, maka selanjutnya cobalah untuk menambahkan warna maupun arsiran sehingga bisa menambah keindahan. Akan tetapi, pastikan warna maupun arsiran tidak mendominasi montase Anda. Nantinya bisa membuat karya seni tersebut kurang indah.
  • Setelah semua proses selesai, maka coba lihatlah bagaimana hasil karya Anda. Montase yang sudah selesai tentunya akan mampu membentuk gambar dengan cerita baru. Lalu, Anda bisa langsung memajangnya sebagai dekorasi rumah dengan keindahan seni yang luar biasa.


Contoh Montase



Jika bingung menemukan contoh montase seperti apa, maka tidak ada salahnya untuk menyimak beberapa contoh berikut. Kiranya bisa menjadi inspirasi untuk hasil karya yang jauh lebih baik lagi dari sebelumnya.

1. Montase Bangunan


2. Montase Unik

 



3. Montase Hewan Unik


4. Montase Alam




5. Montase Dinosaurus Keren




6. Montase Peta Lokasi

 

7. Montase Lingkungan Sekolah


8. Montase Kartun


 


9. Montase Modern dan Alam



Cara membuat montase sebetulnya sangat mudah dilakukan. Asalkan Anda sudah menyiapkan material dan tema yang diinginkan, maka karya seni ini bisa langsung dibuat. Jelasnya, tidak akan membuat Anda kerepotan. Bahkan membuat montase bisa membuat pikiran dan perasaan Anda menjadi lebih tenang.

0 komentar

Post a Comment