Ketahui Fakta Thrift Store, dan 6 Rekomendasi Tempat Beli Barang Bekas

Inovasi dalam dunia usaha akan terus terjadi, termasuk dalam penjualan barang-barang bekas atau biasa dikenal dengan istilah thrift store. Nah, jika kamu menginginkan untuk memulai bisnis, membuka thrift store bisa menjadi bisnis kekinian yang tepat. Hal ini dikarenakan fenomena anak muda sekarang yang ingin tampil keren namun dengan pengeluaran dana yang rendah.

Bahkan, thrift store kini juga memasuki media sosial online. Kegiatan jual belinya pun kini sudah merambah dunia maya. Dengan begitu, bisnis ini tidak memerlukan modal awal yang besar. Cukup dengan barang-barang bekas kamu sudah dapat menghasilkan keuntungan dalam jumlah yang banyak.

 


Apa itu bisnis thrift store? 

Kata Thrift Store berasal dari bahasa Inggris, ‘Thrift’ memiliki arti sebuah kegiatan yang meminimalisir pemborosan atau mudahnya biasa disebut penghematan keuangan. Sedangkan untuk ‘Store’ berarti toko.

Jadi thrift store adalah toko yang menawarkan cara berbelanja hemat atau supaya biaya yang dikeluarkan untuk berbelanja pun keluar seminimal mungkin. Barang yang dijual dalam thrift shop biasanya adalah barang secondhand atau bekas, namun masih sangat layak dipakai. 

Sebutan ‘Thrift Store’ ini sebenarnya adalah sebutan masa kini dari kata barang bekas atau pakaian bekas yang sudah pernah dipakai sebelumnya. Biasanya pakaian-pakaian bekas yang dijual di thrift store ini merupakan barang branded dan diimpor langsung dari luar negeri, seperti dari Korea, Malaysia, China, dan Singapura.

 

Tujuan Thrift Store

 

Tujuan thrift store adalah adalah untuk menghemat pengeluaran si konsumen ketika ingin berbelanja. Tidak hanya itu, thrift store tersebut juga berguna bagi dunia. Dengan berbelanja di thrift store ini bisa mengurangi limbah garmen sehingga lebih eco-friendly.

Jenis Produk Thrift store


Dalam bisnis thrift store, apapun barang serta nama brandnya, selama barang bekas tersebut berkondisi baik dan layak untuk digunakan dapat diperjualbelikan. Namun, jenis produk apa saja sih yang biasanya diperjualbelikan dalam bisnis ini? Berikut ini jawabannya:

1. Pakaian

Jenis barang yang paling banyak dijual dalam bisnis thrift store ini adalah pakaian bekas. Mulai dari kemeja, kaos, celana, jaket, dan blazzer. Semakin barangnya branded, maka semakin tinggi nilai jualnya, meskipun produk tersebut merupakan barang bekas.


2. Tas

Seperti halnya pakaian, tas juga sering diperjualbelikan dalam bisnis ini, terutama tas branded wanita. Semakin bagus nama brand tas yang dijual, semakin memiliki harga jual yang tinggi. 

Nah, untuk itu jika kamu ingin membuka usaha thrift store, tentukan dulu target pasarmu. Apakah dari kalangan kelas ekonomi bawah, menengah atau atas.

3. Sepatu

Tidak jarang juga thrift store menjual jenis barang ini. Apalagi untuk jenis sepatu-sepatu limited edition yang memiliki harga yang lebih tinggi. Usahakan barang tersebut masih memiliki box-nya dan nota pembelian. Jangan lupa, laundry sampai bersih sehingga layak untuk dibeli dan dipakai oleh konsumen.

4. Buku

Biasanya buku bekas disumbangkan. Namun, tak ada salahnya, bahkan sudah sejak lama, terdapat toko buku loakan yang menjual buku-buku bekas. Biasanya buku yang dijual memang sering dibutuhkan oleh anak-anak sekolah hingga buku-buku langka untuk para kolektor. Buku yang dijual di thrift store ini banyak jenisnya mulai dari komik, buku pelajaran, kamus, novel hingga buku panduan.


Dampak Positif dan Negatif Thrift Store


 

Segala sesuatu pasti mempunyai dampak, baik dampak positif maupun negaruf.

a. Dampak Positif Thrift Store

Selain berdampak positif pada konsumennya, ternyata thrift store ini memiliki dampak yang positif juga bagi bumi, dampak tersebut sebagai berikut:

  • Thrift store mampu mengurangi tumpukkan sampah yang ada dibumi
  • Adanya thrift store juga dapat membantu mengurangi penggunaan air dan limbah dari proses industri pakaian.


b.Dampak Negatif Thrift Shopping
 

Namun dibalik beberapa dampak positif tersebut, muncul juga dampak negatif yang bisa ditimbulkan dari thrift storeini, yaitu:

  • Berdasarkan dari hasil laboratorium yang telah dilakukan oleh kementrian didapat bahwa produk pakaian bekas impor ternyata mengandung banyak bakteri yang bisa membahayakan. 
  • Penjualan barang bekas ini termyata tak jarang melibatkan tindakan penyelundupan pakaian bekas dari luar negeri sehingga berdampak pada bidang ekonomi, yaitu terhambatnya pembangunan negara dari bea dan cukai.


6 Rekomendasi Akun Instagram Thrift Store yang Menjual Produk Bekas Berkualitas

Via Instagram/gang_buntu

Harga yang jauh lebih murah tapi bisa tampil kece membuat thrift store menjadi pilihan para fashion ethusiast. Tak hanya itu, barang thrift shop biasanya memiliki model unik sehingga bagi pecinta fashion bisa menjadi solusi agar tidak ada yang nyamain di luar sana. Nah, untuk kamu yang ingin membuka usaha thrift store ataupun ingin berbelanja di thrift store mungkin 6 rekomendasi online thrift store ini bisa dijadikan inspirasi.

1. gang_buntu

Nah, thrift store yang memiliki tag line secondhand brand solution ini sangat cocok untuk para cowok yang suka beli barang-barang thrift. Barang yang diperjualbelikan seperti produk baru, harganya pun juga pas di kantong, terutama para mahasiswa. 

Kalau kamu ingin langsung main ke tokonya juga bisa, lokasinya di Menur 3 No 61 Surabaya. Adapun jam buka tokonya adalah pukul 14.00 - 22.00.

2. 90stuff.co

Bedanya dengan gang_buntu, 90stuff.co menjual barang-barangnya berkisar Rp90ribuan. Meskipun dengan harga segitu, kamu bakal mendapatkan barang-barang yang tergolong unik dan kece lho. 

90stuff.co sudah memiliki jumlah follower sebanyak 90.500 lebih dan bakal terus bertambah. Tak heran dengan jumlah follower yang cukup banyak tersebut, penjualan online 90stuff.co laku keras lho.

Jadi sebaiknya kamu menyalakan notifikasi agar tidak kalah cepat dari yang lain.

3. findnthrift.co

Seperti nama akunnya, barang yang ditawarkan adalah barang thrift. Findnthrift.co merupakan toko online barang-barang bekas yang recommended banget untuk kamu.

Kamu bisa menumakan outer atau sweater simple dan kekinian dengan harga lebih miring jika dibandingkan dengan beli di department store. Kamu bisa mampir di akunnya findnthrift.co, tapi jangan kalap lho ya, karena tujuan dari thrift shopping adalah penghematan.

 

4. @libom2andhandshop

Nah, untuk yang satu ini juga patut kamu kepoin akun instagramnya. Sesuai dengan nama yang terkandung di dalam akun instagramnya, Libom2andhandshop menjual barang-barang second. Namun, ada juga sih barang-barang kondisi baru yang dijual di tokonya.

Sebagai contoh barang-barang yang dijual mulai dari kemeja cowok, celana panjang/pendek, topi, sepatu, dan jaket. Untuk barang-barang yang bekas, jangan perlu khawatir, di toko ini semuanya sudah dilaundry terlebih dahulu. Dengan demikian, kualitas kebersihannya tidak diragukan lagi.

5. @celanataranku

Untuk melengkapi koleksimu, Celanataranku juga bisa menjadi pilihan thrift store yang nggak kalah kece. Thrift store ini menyediakan banyak banget koleksi celana kece dengan harga yang dijamin gak akan nguras kantong kamu. Kalau disini sistemnya first chat first get, dan ternyata ini membuat jualan Celanataranku laris manis.

6. Karungxajaibb

Karungxajaibb masuk dalam daftar 6 rekomendasi online thrift store terpercaya di IG. Akun thrift store ini di instagram sudah memiliki followers sebanyak 46 rb lebih. Untuk berbelanja di sini memang harus lebih teliti karena banyak sekali pakaian yang dijual sehingga bingung membutuhkan waktu dan kecermatan.

0 komentar

Post a Comment