25 Ide Usaha Makanan yang Dititipkan di Warung Laris Manis

Semakin naik pendapatan masyarakat, semakin banyak peluang usaha yang dapat dilakukan. Salah satunya dengan berjualan makanan. Para pekerja yang sibuk membuat mereka tidak sempat untuk membuat makanan. Nah, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan membuka usaha makanan yang bisa dititipkan di warung-warung.

Terdapat banyak ide usaha makanan yang dapat diolah dan menjadi peluang usaha bagi kamu, mulai dari makanan ringan hingga makanan siap saji. Apalagi, usaha ini tidak terlalu membutuhkan modal yang besar. Kamu pun bisa bekerjasama secara konsinyasi, yaitu menitipkan produk olahan kamu ke toko atau warung. Dengan sistem ini, kamu akan memberikan imbalan atau komisi ketika produkmu laku terjual.



Lalu, kira-kira produk olahan apa saja yang bisa dititipkan di warung? Tentu saja, kamu berharapnya berupa usaha makanan yang banyak memberikan keuntungan, namun proses pengolahan produk tidak ribet, bukan? Simak ulasan di bawah ini beberapa jenis usaha yang menguntungkan bagimu hanya dengan menitipkannya di warung.


25 Ide Usaha Makanan yang Dapat Dititipkan di Warung dan Laris Manis


Setaip daerah di Indonesia memiliki jenis olahan makanan yang beragam dengan ciri khasnya masing-masing. Nah, kamu dapat menyesuaikannya. Sebagai contoh, salah satu jajanan khas Jakarta adalah kembang goyang, kamu dapat menitipkan makanan ringan ini di warung-warung sekitaran rumah.

Keuntungan dari model usaha konsinyasi seperti ini adalah kamu tidak perlu menyewa kios ataupun toko untuk menjual produk hasil olahanmu. Kamu cukup membuatnya, kemudian menitipkannya di warung-warung sekitar.

Selain itu, kelebihan lainnya adalah kamu tidak perlu repot-repot mununggu di dalam warung untuk melayani para pelanggan.

Langsung saja, berikut ini 25 ide usaha makanan yang bisa dititipkan di warung baik olahan makanan ringan maupun siap saji yang dapat kamu jalankan sebagai usaha sampingan.


1. Keripik Tempe

Tempe merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Bagaimana jika dibikin usaha dalam bentuk keripik tempe? Tentu saja peluangnya cukup besar.

Kamu bisa membungkusnya pada kemasan dengan ukuran kecil hingga sedang dan kemudian menitipkannya di warung-warung yang cukup ramai pembeli. Kamu pun perlu bisa melakukan kreasi seperti memberikan aneka rasa balado, keju atau lain sebagainya.

2. Kembang Goyang

Banyak masyarakat yang memfavoritkan produk camilan kembang goyang. Tekstur camilan kembang goyang yang empuk dan renyah serta dengan cita rasanya yang manis memang membuat makanan ini banyak disukai. 

Selain itu bentuknya yang indah menyerupai bunga dapat menarik banyak orang. Untuk itu, kamu bisa menjajakan kue kembang goyang ini di warung, pusat oleh-oleh, toko-toko atau di pasar tradisional. 

Peluang usaha kue kembang goyang ini memang sangat menguntungkan. Dengan bahan produksi yang minim akan menghasilkan produk dengan jumlah yang banyak.

3. Tahu Cripsy

Usaha makanan ini menjadi bisnis camilan yang sangat menjanjikan. Jika dulu sempat ngetrend tahu bulat yang disajikan dengan bumbu kering pedas, kini kamu dapat membuat tahu crispy dan menitipkannya di warung-warung. 

Persaingan yang sangat kompetitif membuat pelaku bisnis tahu crispy ini dituntut untuk lebih kreatif dalam memberikan inovasi rasa. Kamu bisa menambahkan aneka cita rasan seperti pedas, manis pedas, dan lainnya.

4. Keripik Sukun

Buah sukun semakin langka, akan tetapi permintaan keripik sukun semakin meningkat lho. Oleh karenanya, peluang usaha ini sangat menjanjikan. Kamu bisa memulainya dengan menitipkan produk camilan keripik sukun ini di warung-warung.

Agar laris, perhatikan kualitas dan cita rasanya. Camilan ini banyak digemari masyarakat karena rasanya yang manis dan gurih. Buang bagian sukun yang membuat keripik sukun berasa pahit.

5. Keripik Singkong

Keripik singkong merupakan jenis makanan ringan yang sudah ada sejak lama. Tidak heran jika bisnis  tersebut menjadi andalan banyak orang ketika ingin mencari penghasilan sampingan. 

Gunakan strategi marketing yang tepat ketika menitipkannya di warung. Seperti menambahkan aneka rasa pada keripik singkong yang dijual.


6. Mie Lidi

Dengan modal dana yang tidak terlalu besar, kamu dapat membuka usaha mie lidi dan menjualnya dengan harga yang sesuai dengan kantong pelajar hingga mahasiswa.

Prospek usaha ini sangat bagus dan akan bertahan lama. Bahkan sejak dari dulu hingga sekarang mie lidi ini menjadi camilan yang banyak diburu oleh anak-anak.


7. Keripik Pisang

Nah ide usaha makanan keripik pisang aneka rasa ini bisa kamu cobain juga. Kamu dapat menawarkan tidak hanya rasa original atau gurih saja, akan tetapi juga bisa membuat aneka rasa asin, pedas, bbq, teriyaki, seaweed, atau yang lainnya yang tentu saja sangat menarik dan memberikan warna tersendiri.

Dengan adanya inovasi kreasi rasa, keripik pisang akan sangat menarik untuk dicoba. Yakin pastinya akan banyak penggemar yang kepingin membeli di toko-toko yang kamu ajak kerjasama.

8. Wingko

Nah, usaha makanan camilan berikutnya ini adalah salah satu contoh camilan renyah yang berasal dari desa Babat, kota Lamongan.

Wingko yang terbuat dari kelapa muda, tepung beras ketan serta gula ini rasanya enak, renyah dan gurih. Biasanya berbentuk bundar dan dijual dalam potongan-potongan kecil.

Sehingga wingko tersebut sangat disukai oleh para konsumennya mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

9. Kacang Bawang

Camilan yang bahan bakunya terbuat dari kacang memang sangat banyak penggemarnya. Mulai dari kacang polong, kacang sembunyi, kacang kulit, kacang atom, kacang bawang dan lainnya. Usaha camilan kacang bawang bisa menjadi solusi untuk bisnis sampingan yang ingin kamu jalankan.

Proses pembuatan kacang bawang pun sangat mudah dan tidak perlu keahlian khusus. Cukup rendam kacang dan kemudian kupas kulitnya. Setelah itu, beri garam dan bawang yang telah dihaluaskan pada air rendaman tersebut. Apabila telah mencapai 2 jam, kamu dapat menggorengnya dan taburi irisan bawang di wajan penggorengan. 

Selanjutnya produk siap dipasarkan, kamu bisa menitipkannya di warung-warung.

10. Keripik Labu Siam

Usaha makanan ringan keripik labu siam memang hal baru dan belum dikenal oleh masyarakat luas. Oleh karenanya, sangat cocok bagi kamu yang ingin melakukan tes pasar. Camilan ini tak kalah renyah dan lezat dibandingkan jenis keripik lain lho.

11. Basreng

Basreng atau bakso gorang merupakan produk amakan ringan yang terbuat dari irisan bakso yang digoreng. Agar banyak peminatnya, kamu bisa menambahkan campuran bumbu agar menambah cita rasanya. Kamu bisa menyesuaikannya dengan pasar, bisa menggunakan rasa pedas,  keju, balado, manis pedas dan lain sebagainya.

12. Stik Talas

Ide usaha makanan berikutnya yang bisa dititipkan di warung adalah stik talas aneka rasa. Makanan ringan ini banyak diminati oleh masyarakat luas, tak ayal permintaan pasarnya pun cukup besar. 

Makanan ringan ini berasal dari olahan umbi talas yang dipotong kecil-kecil berbentuk stik, lalu digoreng.

Stik talas ini merupakan jenis camilan dengan paduan aneka rasa yang kini selalu diburu oleh anak muda milenial. Selain karena unik dan menarik sensasi rasanya yang bermacam-macam dan ditawarkan membuat siapapun yang mencicipi akan ketagihan untuk mencoba lagi dan lagi.


13. Gethuk



Gethuk atau getuk merupakan salah satu makanan camilan tradisional yang banyak disukai masyarakat karena rasanya yang enak dan bisa dijadikan sebagai penunda lapar. Getuk berasal dari Magelang, Jawa Tengah, dan terbuat dari bahan utamanya adalah singkong.

Kamu dapat membungkusnya dalam kemasan plastik mika ukuran kecil/sedang dan dititipkan di warung-warung sekolah ataupun di toko dekat gedung perkantoran.

14. Ayam Crispy

Ayam crispy merupakan olahan camilan yang berasal dari potongan ayam fillet tanpa tulang dengan melalui proses penggorengan secara crispy dan ditaburkan dengan aneka bumbu pedas, asin dan manis gurih. 

Tentu dengan rasanya yang enak tersebut membuat camilan ayam crispy ini layak menjadi salah satu ide usaha yang akan kamu geluti.

15. Es Lilin

Untuk daerah bercuaca panas, mungkin dengan membuat es lilin bisa menjadi usaha sampingan yang bisa kamu jalankan. Buatlah aneka rasa dan warna sehingga akan lebih menarik bagi anak-anak. Mulai dari rasa durian, jeruk, stroberi, nangka, kopyor dan lainnya.

Manfaatkanlah keadaan tersebut dengan memulai usaha es lilin yang bisa dititipkan di warung-warung.


16. Sayur mayur

Sayur selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Dan macamnya pun sangat beragam, mulai dari sayur kangkung, bayam, genjer, pakcoy, brokoli, dan sebagainya. 

Kamu bisa mengambil sayur tersebut dari para petani dan kemudian menitipkannya di warung-warung.

17. Nasi Bungkus

Jika modal untuk membuka usaha warung makan belum tercukupi, berjualan nasi bungkus dan dititipkan di warung-warung merupakan ide yang bagus. Kamu bisa menitipkannya di warung kopi, kantin sekolah, kantin perusahaan, dan lain sebagainya.

Kamu bisa menjual nasi kuning, nasi rames, nasi sayur dengan tambahan lauk, nasi goreng dengan irisan telur goreng yang diiris tipis. Tujuannya agar dapat memenuhi standar yang murah dan enak.

18. Puding

Tidaklah sulit untuk memulai usaha penjualan puding. Karena modal yang dibutuhkan cukup kecil dan proses pembuatannya tidaklah sulit. Waktu yang dibutuhkan dalam proses pembuatan puding 3-4 jam saja. 

Nah, usaha yang bisa dititipkan di warung ini bisa menjadi kesempatan kamu untuk memperoleh keuntungan yang lumayan banyak lho.

19. Rujak Buah

Siapa yang tidak tahu dengan rujak buah? Makanan khas Indonesia ini berisikan aneka buah-buahan segar, yang ditambahkan dengan bumbu kacang, gula merah, dan cabe. Nah, jika kamu ingin menitipkan produk makanan ini, sebaiknya memilih toko yang menyediakan lemari pendingin sehingga produk akan lebih tahan lama.

20. Keripik Usus

Kebanyakan orang menilai rendah usus ayam, akan tetapi di tangan orang-orang kreatif usus bisa disulap menjadi jajanan yang enak dan gurih. Siapa sangka jika usus ayam tersebut bisa dijadikan keripik. 

Bahkan, ommset dari bisnis keripik usus ini tidak bisa diremehkan begitu saja. Rasa yang unik membuat keripik usus memiliki nilai jual yang tinggi dan sangat menguntungkan.

21. Makaroni Pedas atau Asin

Jenis usaha makanan makanan yang dapat dititip di warung-warung selanjutnya adalah makaroni. Cara membuatnya cukup sederhana dan keuntungannya sangat menggiurkan.

Jika kamu kesulitan memproduksinya sendiri, kamu bisa membeli camilan makaroni yang siap makan dalam kemasan curah. Kemudian, membungkusnya kecil-kecil dalam plastik kemasan, dan menjanjakannya di warung-warung.

22. Rengginang

Rengginang merupakan camilan seperti halnya kerupuk yang terbuat dari beras ketan kemudian dijemur di bawah matahari hingga kering, lalu digoreng. Bisa dijual dalam bentuk mentah atau sudah matang. Namun, karena akan dititipkan di warung kamu bisa menggorengnya terlebih dahulu.

Ingat ketika dijual dalam keadaan matang, maka harus hati-hati dalam pengemasannya karena teksturnya yang rapuh. Buatlah inovasi kemasan yang kekinian agar orang-orang khususnya generasi milenial bisa tertarik dengan makanan tersebut.

Rengginang ini ada yang memiliki rasa manis, asin, atau rasa udang dan umumnya berbentuk bulat.

23. Gorengan

Cukup banyak varian gorengan yang bisa dijual. Mulai dari pisang goreng, tape goreng, ubi goreng, tahu goreng, tempe mendoan, tahu isi, kentang goreng dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kamu dapat memulai menualnya dengan menitipkan di warung-warung. Pertama kali, buatlah gorengan dengan jumlah yang tidak terlalu banyak untuk melihat bagaimana respon pelanggan.

24. Kue Basah

Kue basah merupakan makanan camilan yang banyak juga dititipkan di warung-warung. Sebagai contoh, ada dadar gulung, donat, kue lapis, bolu kukus, kelpon, onde-onde, kue putu, dan lainnya.

25. Tahu Isi Bakso Daging

Camilan siap saji ini merupakan olahan tahu goreng yang disi dengan adonan bakso sehingga cita rasa tahu semakin nikmat dan lezat. Peluang usaha ini memang cukup menggiurkan mengingat harga tahu yang sangat terjangkau dan stabil, jarang sekali mengalami kenaikan yang signifikan.

Makanan ini juga tergolong cukup bisa bertahan lama di suhu ruangan, sehingga kamu tak perlu khawatir untuk produk tahu isi bakso daging yang tidak laku terjual di hari yang sama. Kamu cukup menghangatkannya kembali dan kualitasnya juga tidak mengalami penurunan yang esktrim kok.

Itulah ulasan mengenai 25 ide usaha makanan yang laris manis dititipkan di warung. Keuntungan dengan sistem bisnis ini sangat lumanyan lho. Kamu dapat memperluas lagi jangkauan penjualannya. Karena semakin banyak jumlah warung yang bisa diajak bekerja sama, maka semakin baik prospek kedepannya.

0 komentar

Post a Comment