Urutan Ukuran Baju S, M, L, XL, dan All Size Standar Lokal dan Internasional

Trend pakaian harus dikembangkan dalam berbagai aspek agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen, salah satunya dalam aspek sistem urutan ukuran baju itu sendiri. 

Tetapi sayangnya dalam hal ukuran, ukuran baju masih memiliki kekurangan yaitu berbedanya standar ukuran baju antara satu produsen dengan produsen yang lain. Hal tersebut membuat konsumen mengalami kesulitan dalam mencari ukuran baju yang sesuai dengan antropometri.

Lalu, bagaimana sebenarnya urutan ukuran baju yang sesuai standar? Berikut ini akan diulas mengenai ukuran baju S, M, L, XL, All Size, dan M Fit to L, hingga ukuran standar internasional dan juga standar Indonesia. Ukuran ini bisa menjadi pedoman bagi industri pakaian atau juga sebagai panduan ketika konsumen hendak membeli dan memakai baju yang sesuai dengan kondisi tubuhnya.


 

Urutan Ukuran Baju S, M, L, XL, All Size, dan M Fit to L



Untuk memudahkan kamu dalam memilih sebuah baju, berikut kami bagikan keterangan mengenai urutan ukuran baju yang bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih pakaian.

1. Ukuran S

Ukuran baju S merupakan singkatan dari kata Small. Maksudnya adalah baju tersebut berukuran keci pada tipe suatu pakaian.  

Adapun karakteristik dari ukuran baju S adalah sebagai berikut:

  • Baju dengan ukuran S biasanya akan cenderung terlihat lebih kecil jika dibandingkan dengan baju ukuran lain yang memiliki tipe sama dengan baju tersebut.
  • Untuk beberapa negara mengkonversi ukuran baju S dalam bentuk angka, yaitu menjadi 10 (AUS), 10 (UK), 38 (Eropa) dan 6 (US).



2. Ukuran M

Ukuran baju M merupakan singkatan dari kata Medium. Maksudnya adalah ukuran baju sedang pada suatu tipe pakaian. Beberapa negara mengkonversi ukuran baju M dalam bentuk angka, yaitu menjadi 12 (AUS), 12 (UK), 40 (Eropa) dan 8 (US).



3. Ukuran L

Ukuran baju L merupakan singkatan dari kata Large. Maksudnya adalah ukuran baju yang cukup besar atau lebih besar jika dibandingkan baju berukuran “M”. Beberapa negara mengkonversi ukuran baju L dalam bentuk angka, yaitu menjadi 14 (AUS), 14 (UK), 42 (Eropa) dan 10 (US).



4. Ukuran XL

Ukuran baju XL merupakan singkatan dari Extra Large. Maksudnya adalah ukuran baju sangat besar atau jumbo pada suatu tipe pakaian. Beberapa negara nengkonversi ukuran baju XL dalam bentuk angka, yaitu menjadi 16 (AUS), 16 (UK), 46 (Eropa) dan 14 (US).


Selain ke empat ukuran yang telah disebutkan di atas pada suatu tipe pakaian dikenal pula ukuran bernama all size dan M fit to L. Berikut ini penjelasan keduanya:

1. Ukuran Baju All Size
 

Ukuran baju All Size ini bukan dimaksudkan pedagang bahwa telah tersedia semua ukuran (S, M, L, XL), akan tetapi makdudnya adalah ukuran baju yang dipajang oleh pedagang telah didesain dengan ukuran yang bisa dipakai oleh rata-rata bentuk tubuh orang-orang. 

Standar ukuran All Size ini sebenarnya muncul pertama kali dari kawasan Asia (China, Korea dan Jepang), kemudian diadaptasi di Indonesia.


2. Ukuran M Fit to L
 

Kita juga sering menemukan distro pakaian yang menjual produk baju dengan ukuran M fit L atau M fit to XL. Maksudnya adalah ukuran baju tersebut berada di antara M dan L. Jadi, baju tersebut bisa dikenakan oleh orang yang ukuran bajunya M ataupun yang berukuran baju L.

 

Ukuran Baju Pria dan Wanita Berdasarkan Ukuran Dada (Internasional)

 


Seperti yang kita tahu tentu bentuk anatomi tubuh pria dan wanita memiliki perbedaan, karenanya ukuran standar bajunya pun berbeda. Berikut ini ukuran baju pria dan wanita berdasarkan ukuran dada, namun yang menjadi patokan adalah standar ukuran dada secara internasional. Jadi, untuk ukuran dada orang Indonesia berbeda lagi.

Namun jika kamu termasuk orang Indonesia yang memiliki postur tubuh lebih tinggi dari rata-rata postur tubuh orang Indonesia, maka jalan satu-satu nya adalah kamu bisa menggunakan kaos dengan ukuran lain atau standar Internasional seperti di bawah ini.


Sebagai contoh cara membaca tabel di atas adalah:

S = 46x64, artinya Ukuran kaos S dalam standar internasional memiliki lebar 46cm dan panjangnya 64cm.

Ukuran standar Internasional pun sebenarnya ada beberapa jenis seperti AUS, UK, Eropa, dan US,  artinya ukuran tersebut merupakan standar dari Australia, Inggris, Eropa, dan Amerika.

Berikut ini adalah tabel konversi standar ukuran baju internasional dalam bentuk huruf yang dikonversi menggunakan angka sebagai penanda dari ukuran pakaian di beberapa negara di Dunia.




Ukuran Kaos/Baju Standar Indonesia untuk Pria dan Wanita


Setiap perusahaan konveksi ataupun distro yang menjual baju biasanya memiliki standar urutan ukuran baju tersendiri, akan tetapi ukuran yang tertera dibawah ini merupakan ukuran baju yang biasa digunakan sebagai urutan size standar Indonesia (size lokal).

Via knitto.co.id

Demikian pembahasan tentang urutan ukuran-ukuran baju dari yang paling terkecil sampai dengan yang paling besar. Pakaian, khususnya di Indonesia, menjadi ladang bisnis yang perkembangannya sangat pesat. Orang membeli baju tidak sekedar untuk memenuhi kebutuhan primernya, akan tetapi juga mengikuti trend atau gaya fashion yang terbaru.

Oleh karenanya baju menjadi salah satu sektor industri yang banyak dibutuhkan keberadaannya oleh masyarakat Indonesia, maka kemudian terdapat standar urutan ukuran baju yang bisa dipakai untuk dapat memenuhi berbagai jenis tubuh orang.

0 komentar

Post a Comment