4 Cara Menjadi Distributor Indofood, Pasti Untung!

Author -  Admin Pengadaan

Perusahaan yang bernama lengkap PT Indofood Sukses Makmur Tbk. ini adalah perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman. Menjadi distributor usaha ini sangat potensial, mengingat hasil produksinya sudah dikenal luas. Lantas, bagaimana cara menjadi distributor Indofood?

Caranya tidak jauh berbeda dengan menjadi distributor perusahaan pangan lainnya. Apabila Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, mari ikuti alur menjadi distributor Indofood di bawah ini!


Syarat Menjadi Distributor Indofood

Ingin menjadi mitra dari perusahaan ini? Ada sejumlah syarat yang perlu dipenuhi sebelum Anda mendapatkan izin untuk menjadi mitra resmi. Syaratnya terbilang ringan dan mudah, sehingga siapa saja bisa menjadi distributor Indofood.

Adapun berikut adalah syarat yang diperlukan agar Anda bisa diterima sebagai distributor Indofood: 

  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Mengisi formulir permohonan menjadi mitra
  • Lokasi toko untuk berjualan
  • Membayar modal awal

Baca juga: Cara Sukses Menjadi Distributor Unilever: Ini Syarat dan Keuntungannya


Keuntungan Menjadi Distributor Indofood

Kekuatan brand Indofood membuat produknya mudah laris di pasaran. Hal itu menjadikan bisnis ini sangat prospektif. Bahkan keuntungan memilih Indofood sebagai mitra tidak berhenti disitu, di bawah ini adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan sebagai distributor Indofood.

1. Produk sudah dikenal luas

Banyak sekali hasil produksi Indofood, mulai dari makanan ringan, minuman, es krim, dan masih banyak lagi. Kualitas rasa dan produk yang terjamin membuat masyarakat tidak ragu untuk mengonsumsinya. 

Selain itu, ukuran produk yang bervariasi juga turut menarik minat konsumen. Jadi, kalau Anda khawatir bisnis akan gagal, Anda bisa menjadikan bisnis distributor Indofood sebagai pilihan.


2. Tidak perlu bingung soal promosi

Kurang jago promosi? Tidak apa-apa. Urusan promosi akan ditangani sepenuhnya oleh pihak Indofood. Program promosi yang mereka usung terbilang efektif menarik pelanggan. Contohnya adalah iklan kolosal terhadap produk es krim. 


Anda pun tak perlu bingung memikirkan program promosi. Konsumen akan secara otomatis berpeluang datang ke toko Anda setelah melihat iklan tersebut.


3. Produk mudah diakses 

Indofood berani memberikan harga di bawah harga pasar kepada para mitranya. Itu artinya, Anda bisa menjual produk dengan harga bersaing. Produk dari Indofood umumnya dipatok dengan harga terjangkau dan dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat.


4. Tempat

Toko adalah tempat Anda berjualan produk Indofood. Penting untuk memilih toko di daerah yang potensial, tujuannya agar intensitas penjualan terus meningkat. Lokasi yang strategis juga memudahkan konsumen saat melakukan repat order dan kemudahan pengiriman barang. 


Anda bisa memperluas ekspansi jangkauan penjualan dengan membuka toko online. Mengandalkan toko fisik saja bukanlah strategi yang bagus di era kemajuan teknologi saat ini. 


4 Cara Menjadi Distributor Indofood



Indofood menyalurkan produknya ke pedagang yang jangkauannya lebih kecil dari perusahaan. Strategi ini ampuh dalam menyebarluaskan produk agar dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat di seluruh daerah di Nusantara. Pedagang-pedagang tersebut yang nantinya akan menjadi mitra Anda.

Secara umum, ada beberapa cara untuk menjadi mitra Indofood, di antaranya menghubungi perusahaan Indofood, mendatangi perusahaan distributor, bekerja sama dengan perusahaan penyalur dan memanfaatkan sales. 

Silakan pilih cara yang paling sesuai dengan Anda. Sebagai bahan rujukan, berikut penjelasan lengkap dari masing-masing cara:

1. Memanfaatkan sales

Cara menjadi distributor Indofood yang pertama adalah dengan memanfaatkan peran sales. Sales biasanya berurusan langsung dengan perusahaan distributor, sehingga harga yang ditawarkan relatif lebih terjangkau. Cara ini bisa dipilih bila lokasi toko Anda jauh dari pusat distributor.

Ada kemungkinan sales akan mendatangi toko Anda. Namun bila sudah ditunggu dan tetap tidak ada yang datang, Anda bisa menghubungi sales dari perusahaan distributor terdekat. Nantinya mereka akan mengirimkan produk Indofood langsung ke lokasi toko Anda.


2. Mendatangi perusahaan distributor

Berbeda dengan cara pertama, cara ini mengharuskan Anda untuk datang langsung ke perusahaan distributor Indofood setempat. Masalah transaksi jual beli tergantung dari kebijakan perusahaan itu sendiri. Karena Anda datang langsung ke lokasi, Anda tidak perlu membayar biaya pengiriman.

Apabila Anda berdomisili di Semarang, Anda bisa mencoba mendatangi PT Indomarco Adi Prima Semarang. Perusahaan tersebut dikenal sebagai perusahaan distributor yang menyediakan berbagai produk Indofood dengan harga bersaing. Variasi produk Indofood yang tersedia juga terbilang lengkap.



3. Menghubungi layanan konsumen Indofood

Cara menjadi distributor Indofood berikutnya adalah menghubungi langsung pihak Indofood. Adapun langkah-langkah yang perlu diikuti adalah sebagai berikut:

  • Penuhi persyaratan menjadi distributor di atas.
  • Lalu, masuk ke situs resmi Indofood pada www.indofood.com. Alternatif lain adalah menghubungi layanan konsumen pada layanan sebagai berikut:
    • Nomor telepon: (021) 5795-8822
    • Fax: (021) 5795-8822
    • Customer service : (080) 0112-2888 
    • Email: corporate@indofood.co.id
    • Facebook: PT Indofood
    • Instagram: rumahindofood
  • Setelah masuk ke halaman utama, pilih garis tiga vertikal pada atas laman. Pilih menu Contact Us, lalu Contact Form.
  • Anda akan diarahkan ke halaman pengisian formulir. Isi bagian yang kosong dengan data yang valid. Lalu sampaikan keperluan Anda pada kotak Comment. 
  • Pada kolom Destination, masukkan tujuan formulir. Contoh, apabila Anda ingin membuka agen makanan ringan, maka pilih CBP Snack Foods.
  • Beri centang pada kotak verifikasi Captcha.
  • Jika semua data sudah diisi. Tekan tombol Submit.
  • Tunggu sampai pihak Indofood memberi respons atas pengajuan mitra tersebut. 


4. Bekerja sama dengan perusahaan penyalur 

Indofood memanfaatkan saluran distribusi yang panjang untuk menyalurkan produknya ke masyarakat luas. Apabila Anda sedikit asing dengan sistem ini, pada dasarnya pihak produsen mendistribusikan produk ke pedagang besar atau wholesaler. Setelah itu produk baru disalurkan ke toko-toko ritel (retail).

Meski ada banyak campur tangan dari beberapa pihak, kualitas produk Indofood tetap terjaga karena telah diproduksi secara matang. Untuk mengurangi risiko kerusakan, sebaiknya Anda langsung bekerja sama dengan perusahaan penyalur. Anda bisa mencari informasi perusahaan penyalur di internet.

Ajukan permohonan mitra kepada perusahaan tersebut. Jika disetujui, produk Indofood akan langsung dikirimkan ke lokasi Anda tanpa melalui perantara lainnya. Jadi, kalau Anda ingin mendapatkan produk Indofood secara cepat dan mudah, cara nomor 4 ini bisa dijadikan bahan pertimbangan.

Apa pun itu jenis bisnisnya, pasti tidak luput dengan untung dan rugi. Meski Anda mengandalkan kekuatan brand Indofood, tidak menutup kemungkinan kalau Anda bisa merugi. Tips cara menjadi distributor Indofood sukses adalah dengan berani mengambil risiko.

Gunakan kreativitas Anda untuk membangun toko yang lebih menonjol dari distributor sejenis lainnya. Itulah kunci keberhasilan menjalani toko distribusi produk Indofood. Selamat mencoba!

0 komentar

Post a Comment