Cara Pasang Iklan di Mobil Pribadi: Ini Syarat, Keuntungan, dan Hitungan Profitnya

Author -  Admin Pengadaan

Banyak yang bertanya, bagaimana cara pasang iklan di mobil pribadi? Memang, kini mobil bukan hanya digunakan sebagai sarana transportasi. Pemilik mobil dapat menuai pundi-pundi uang dari memasang iklan di mobil.

Mulai banyak perusahaan startup yang menawarkan layanan ini. Dengan begitu, Anda tak perlu susah-susah menemukan perusahaan yang mau diajak bekerja sama. Jenis iklan yang dipasang pun beragam. Ada yang full-body atau bagian belakang saja. Mau tahu lebih lanjut? Yuk, simak artikel ini! 



Syarat dan Cara Pasang Iklan di Mobil Pribadi


Jika Anda menghabiskan banyak waktu di dalam mobil. Dengan perjalanan — ke dan dari tempat kerja, menjalankan tugas, meeting, mengunjungi teman, pergi ke gym, mengantar anak sekolah — biaya bensin dan perawatan mobil tentunya bisa saja bertambah atau membengkak. Nah, ada cara untuk meng-cover biaya tersebut, yaitu dengan memasang iklan di mobil pibadi, yang akan mendatangkan aliran passive income buat Anda.

Syarat dan ketentuan pemasangan iklan di mobil tergantung dari kebijakan perusahaan. Sebagai contoh, mari bahas syarat Ubiklan. Ubiklan sendiri adalah perusahaan yang menangani website dan aplikasi periklanan. Untuk menjadi mitra Ubiklan, Anda perlu melakukan registrasi.

Adapun syarat yang dibutuhkan untuk menjadi mitra adalah sebagai berikut:

  • Berusia 17 tahun ke atas
  • Mempunyai NPWP
  • Mempunyai STNK & SIM
  • Mempunyai rekening Mandiri, BCA atau CIMB Niaga
  • Memiliki HP Android yang bisa digunakan untuk mengambil foto
  • Menyanggupi target jarak tempuh yang telah disepakati bersama
  • Memiliki atau menyewa mobil yang diproduksi di atas tahun 2010


Proses registrasi dilakukan secara online pada aplikasi Ubiklan. Setelah mendaftar, Anda tidak akan langsung mendapatkan proyek iklan. Ubiklan akan mengirimkan pemberitahuan berupa pesan sekiranya ada tawaran proyek. Adapun cara pasang iklan di mobil pribadi adalah sebagai berikut:

  • Mitra yang mendapatkan undangan akan diminta untuk datang ke lokasi pemasangan iklan. 
  • Pastikan Anda datang sesuai jadwal yang telah ditentukan. 
  • Proses pemasangan iklan di mobil akan berlangsung selama 30 menit hingga 4 jam. Tergantung dari jenis iklan yang dipilih.
  • Setelah itu, Anda akan diberikan target jarak tempuh yang perlu dicapai sampai akhir kontrak. Adapun lama kontrak iklan biasanya berlangsung selama 30 hari dan dapat diteruskan sampai 90 hari.
  • Usai kampanye selesai, Ubiklan akan memanggil Anda untuk datang ke lokasi pelepasan ikan. Datang sesuai jadwal yang ditentukan. 
  • Baru setelahnya Anda mendapat bayaran sesuai dengan kesepakatan bersama.


Sedikit catatan, apabila iklan mengalami kerusakan, Anda wajib melaporkan kerusakan tersebut. Akan tetapi penyedia akan membebankan biaya penanganan kepada mitra terhadap penggantian material iklan.

Jenis Iklan yang Akan Dipasang di Mobil Anda



Setiap perusahaan memiliki strategi sendiri untuk memasang iklan di mobil. Perusahaan biasanya menggunakan bahan vinyl wrapping mobil. Bahan ini membuat iklan tampak seperti benar-benar dicat ke mobil.

Bergantung pada ukuran iklan, wrapping tersebut dapat menutupi seluruh kendaraan Anda atau sebagian kecil darinya. Pemasangan iklan di mobil ini tidak permanen, sehingga Anda pun dapat meminta perusahaan periklanan untuk menghapusnya ketika kontrak kerja sudah berakhir. Kecil kemungkinan bahwa bahan vinyl ini akan menyebabkan kerusakan pada mobil Anda. Jadi, Anda tidak perlu khawatir mengenai masalah perbaikan yang mahal atau cat baru.


Keuntungan Pasang Iklan di Mobil

Satu hal yang bikin orang-orang ragu memasang iklan di mobil adalah anggapan stiker dapat merusak bodi mobil. Faktanya, stiker mobil dibuat dari bahan khusus yang dijamin tidak akan merusak bodi mobil sedikit pun. Oleh karena itu, Anda tidak perlu takut mobil lecet atau stiker bakal membekas.

Stiker iklan di mobil juga dibuat dengan bahan tipis, sehingga tidak akan mengganggu penglihatan dari dalam. Selain itu, berikut adalah sejumlah keuntungan yang Anda dapatkan:

1. Menjadi sumber pendapatan tambahan

Potensi profit dari memasang iklan di mobil umumnya berkisar dari Rp400.000 sampai Rp1.400.000. Semakin besar keuntungan, maka space iklan yang dibutuhkan jauh lebih besar. Mengapa mobil dijadikan sarana periklanan yang potensial?

Pasalnya, media periklanan skala besar tidak dapat mencapai area terpencil. Di sini mobil berperan sebagai media iklan berjalan yang berpeluang dilihat oleh banyak orang. Bagi pemilik mobil, keuntungan ini bisa didapatkan secara cuma-cuma, asalkan target jarak tempuh terpenuhi.

2. Dapat menjangkau lebih banyak orang

Seperti yang disebutkan di atas, iklan yang dipasang di mobil dapat menjangkau lebih banyak calon konsumen dan meningkatkan eksposur terhadap suatu brand kepada masyarakat luas.

Apalagi kalau mobil Anda tergabung dalam layanan taksi online, tentunya semakin banyak orang yang melihat iklan tersebut. Karena itu layanan taksi online biasanya mendapatkan bayaran yang lebih besar ketimbang mobil untuk keperluan pribadi. 

3. Biaya periklanan lebih murah

Bagaimana keuntungan pasang iklan di mobil bagi orang yang memasangnya? Seperti diketahui, biaya periklanan konvensional tidaklah murah, bisa mencapai jutaan rupiah untuk pemasangan iklan di billboard atau baliho. 

Masalah ini yang membuat pemasang iklan lebih memilih iklan di mobil. Harga pasang iklan di mobil jelas jauh lebih murah. Hal ini dikarenakan material iklan yang digunakan tidak terlalu mahal. Tak perlu sungkan menggunakan jenis periklanan ini.

Nyatanya yang menggunakan periklanan ini tidak hanya start up saja, bahkan perusahaan besar pun juga tidak mau kalah.


Contoh Hitungan Pendapatan dari Iklan di Mobil

Hitungan profit dari ikan di mobil sebenarnya tidak bisa dipatok pasti. Selain faktor space iklan, terdapat sejumlah faktor lain yang juga mempengaruhi besaran kompensasi. Bisa saja kompensasi jauh lebih besar di kota sebelah ketimbang kota domisili, atau justru sebaliknya. 

Berikut adalah skema pembayaran dari perusahaan Grab dan Ubiklan:


1. Ubiklan

Pada Ubiklan, jarak tempuh juga turut menentukan peluang pendapatan Anda. Bisa diperkirakan, mobil yang menempuh jarak 1.000 kilometer dapat menghasilkan kurang lebih Rp1.150.000. 

Direkomendasikan untuk selalu menerima tawaran proyek pasang iklan yang ada. Karena tawaran tersebut tidak datang setiap saat. Bahkan penyedia layanan tersendiri tidak bisa menjamin kapan akan ada tawaran iklan selanjutnya.

Bukti kerja sama antara mitra dengan penyedia layanan adalah kontrak kerja. Di dalam kontrak ini bertuliskan kompensasi yang dapat dituai, dengan ketentuan jarak tempuh minimum berhasil dicapai. Apakah ada bonus jika melewati target jarak tempuh? 

Berdasarkan informasi yang didapat, tidak ada hadiah atau bonus jika Anda melewati jarak tempuh minimum. Jadi, pertimbangkan hal itu baik-baik. Satu lagi, jarak tempuh tidak akan dihitung jika mobil digunakan untuk perjalanan ke luar kota.


2. Grab

Sedangkan di perusahaan Grab sendiri, skema pembayaran kompensasi tidak jauh berbeda. Menurut salah satu sumber, Grab membayar Rp400.000 sampai Rp1.300.000 per bulan kepada mitra. 

Proses cara pasang iklan di mobil pribadi lewat Grab pun hampir sama dengan tata cara Ubiklan. Kampanye iklan di Grab berkisar dari 1 hingga 6 bulan, sesuai dengan permintaan pemasang iklan. 

Seandainya Anda mendapat proyek 6 bulan, coba bayangkan berapa banyak potensi keuntungan yang didapat dari hanya memasang iklan di mobil.

Grab tidak menyebutkan adanya zonasi wilayah dan ketentuan mengenai jarak tempuh minimum. Anda bisa menghubungi langsung pihak Grab untuk mengetahui informasi lebih lanjut. 

Selain Ubiklan dan Grab, perusahaan penyedia periklanan di mobil ada banyak macamnya, mulai dari OLX, Sticar, StickEarn, Wrap Mobil dan masih banyak lagi. Apabila Anda termasuk orang yang sering berkendara jauh dengan mobil, mending gunakan cara pasang iklan di mobil pribadi di atas. 

0 komentar

Post a Comment