Cara Sukses Menjadi Distributor Unilever: Ini Syarat dan Keuntungannya

Author -  Admin Pengadaan

Unilever adalah perusahaan yang memproduksi perlengkapan rumah tangga, mulai dari pasta gigi, deterjen, sampo, dan sejenisnya. Bagi Anda yang tertarik memulai bisnis sebagai distributor, artikel ini akan mengupas tuntas cara menjadi distributor Unilever di tahun 2022 ini.

Kebutuhan masyarakat akan perlengkapan rumah tangga tersebut tidak pernah turun, terbukti dari bertahannya perusahaan Unilever sampai sekarang. Hal itu menjadikan bisnis ini sebagai bisnis yang potensial. Lantas apa saja syarat yang wajib dipenuhi? Ikuti terus pembahasannya di bawah ini.



Syarat dan Cara Menjadi Distributor Unilever

Agar bisa diterima sebagai distributor resmi Unilever, Anda perlu menyerahkan sejumlah berkas valid. Adapun syarat yang perlu Anda penuhi adalah sebagai berikut:

1. Syarat Pendaftaran

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi surat izin usaha
  • Mempunyai toko dan gudang
  • Mempunyai kartu mitra

Untuk mendapatkan kartu mitra, Anda perlu menyerahkan sejumlah biaya pendaftaran awal. Unilever telah mengelompokkan paket yang terbagi menjadi empat, yaitu:


Jenis Kartu

Biaya Pendaftaran

Saldo

Pemula

Rp2.000.000

Rp1.900.000

Silver

Rp2.500.000

Rp2.400.000

Gold

Rp3.500.000

Rp3.450.000

Platinum

Rp5.000.000

Rp5.000.000



2. Cara daftar 

Sebelum memulai proses pendaftaran, pastikan Anda sudah mempersiapkan syarat-syarat di atas. Proses pendaftaran dapat dilakukan melalui contact center Unilever yang dapat dihubungi melalui kontak berikut:

  • Telepon 1: 0800-1558-000 (bebas pulsa)
  • Telepon 2: (021) 5299-5299 (pengguna ponsel dibebankan pulsa)
  • Fax: (0221) 5200-184
  • Email: ufs.indonesia@Unilever.com
  • Alamat: GRHA Unilever, Jln. BSD Boulevard Barat, Green Office Park, Kav. 3 BSD City, Tangerang Selatan, Tangerang.

Keuntungan Menjadi Distributor Unilever


Unilever memberikan sejumlah keuntungan kepada para mitra resmi. Anda akan merasakan keuntungan berikut jika berhasil menjadi distributor Unilever:

1. Mendapat cashback dan shopping bag tambahan setelah berbelanja
2. Mendapat katalog produk terbaru setelah berbelanja
3. Mendapat banner jika melakukan pembelian senilai Rp10 juta atau berbelanja selama minimal 3 bulan berturut-turut
4. Nama toko akan dipasang di twitter, web dan fanpage Unilever
5. Menerima promo penjualan 
6. Berpeluang mendapat hadiah langsung dari Unilever bagi distributor terbaik
7. Batasan return distributor adalah maksimal 10% dari total nilai belanjaan, dengan ketentuan seperti:
  • Produk tidak rusak, kecuali rusak akibat kesalahan pabrik.
  • Kemasan barang tidak rusak dan masih utuh.
  • Return diajukan maksimal 1 bulan setelah tanggal belanja.

Tips Sukses Jadi Distributor Unilever


Membangun usaha dari awal memang tidak mudah, apalagi jika Anda adalah pengusaha pemula. Untuk mendorong peluang kesuksesan usaha Anda, silakan terapkan tips sukses cara menjadi distributor Unilever di bawah ini:

  • Tidak menghamburkan modal

Sesuai persyaratan yang telah ditetapkan, Unilever mematok sejumlah biaya agar Anda bisa menjadi mitra resmi perusahaan tersebut. Anda perlu membayar biaya pembuatan kartu mitra secara cash.

Tujuannya agar Unilever dapat mendapatkan gambaran tentang kecepatan siklus perputaran produk, potensi toko, serta lancar atau tidaknya Anda dalam melakukan pembayaran. Mengapa hal ini dilakukan? Sebab outlet Anda adalah outlet baru. 

Unilever tidak meminjamkan modal kepada mitra untuk menghindari masalah terkait pembayaran. Dalam hal ini, Anda perlu bijak memanfaatkan modal. Sebaiknya jangan mudah tergiur dengan paket termahal yang Unilever tawarkan. 

Apalagi jika Anda belum tahu prospek bisnis ke depannya. Lebih baik dimulai dari langkah kecil, baru menaikkan kartu mitra setelah bisnis berhasil berkembang.

  • Ikuti program diskon Unilever

Unilever mempunyai sejumlah program diskon khusus untuk para distributor. Dengan adanya diskon, otomatis harga produk lebih murah dan potensi keuntungan akan lebih besar. Program ini sangat perlu diikuti, terutama jika Anda merasa margin keuntungan yang didapat terlalu kecil.

Program diskon yang ditetapkan Unilever berlaku dengan syarat minimum pembelian tertentu. Berikut adalah beberapa program diskon yang bisa Anda manfaatkan:

1. Paket silver

Mitra silver mendapat potongan 5% jika nilai belanjaan mencapai Rp10.000.000 per bulan. Paket diskon berlaku untuk berbagai produk dengan merek dan model yang bermacam-macam.

2. Paket gold

Diskon 10% dengan minimum belanja Rp25.000.000 per bulan diberikan kepada mitra gold. Diskon berlaku untuk produk Unilever dengan ragam pilihan merek dan ukuran.

3. Paket platinum

Paket platinum memberikan mitra potongan sebesar 15%, asalkan mencapai minimum pembelian Rp50.000.000 per bulan. 

4. Distributor

Potongan senilai 20% dengan minimum belanja Rp75.000.000 yang dihitung dari total belanja pada akhir bulan. Berlaku untuk berbagai produk dari merek dan model yang ada.

  • Konsisten menjalani usaha

Tips sukses cara menjadi distributor Unilever adalah tetap konsisten dalam menekuni usaha. Pada awal usaha berdiri, wajar jika belum ramai. Pembeli biasanya sudah memiliki toko langgan sendiri. Jadi jangan mudah menyerah sekiranya toko Anda belum seramai toko pesaing.

Lalu, bagaimana cara menjaring pelanggan baru? Coba perhatikan, warung yang ada di area pemukiman pasti memiliki pelanggan tetap. Umumnya pelanggan tetapnya berasal dari tetangga atau kerabat dekat. Mereka memilih warung tersebut karena kenal dengan pemiliknya.

Bisa disimpulkan kalau keakraban antara pembeli dan penjual adalah kiat sukses membangun agen yang sukses. Saat ada pelanggan yang datang, usahakan bangun hubungan emosional secara bertahap. Pelanggan yang merasa nyaman akan menjadi pelanggan loyal Anda.

  • Menawarkan harga murah

Usaha distributor Unilever terbilang kompetitif. Perlu adanya strategi pemasaran yang tepat agar usaha Anda bisa bersaing dan menjangkau masyarakat luas. Salah satu strategi yang dapat dipilih adalah menawarkan harga yang lebih rendah dari pesaing.

Siapa saja menginginkan produk berkualitas dengan harga murah. Risikonya, margin keuntungan yang didapatkan akan lebih kecil. Namun di sisi lain, pelanggan akan lebih tertarik mendatangi toko Anda ketimbang toko lainnya. 

Jika dilihat di pasaran, harga produk antara satu agen dengan agen lain memang tidak jauh berbeda. Tetapi, pembeli tetap lebih memilih toko dengan harga terendah. 

Anda dapat memanfaatkan keuntungan dari program diskon agar potensi keuntungan lebih besar, meski harga jualnya murah.

  • Berikan pelayanan terbaik 

Pelayanan pelanggan sangat berperan penting dalam menarik pelanggan. Berikan pelayanan terbaik agar pelanggan mau repeat order di toko Anda. Untuk memberikan pelayanan pelanggan terbaik, sebisa mungkin penuhi kebutuhan dan permintaan pelanggan. 

Contohnya, pelanggan bertanya tentang suatu produk. Setelah dicek, produknya tidak tersedia. Pastikan Anda segera membeli produk tersebut agar saat pelanggan datang kembali, Anda bisa melayani kebutuhan pelanggan tersebut.

Cara menjadi distributor Unilever tidaklah sulit. Tantangan utama yang mungkin Anda hadapi adalah mendatangkan pelanggan dalam jumlah besar. Jadi, yang sulit adalah mensukseskan agen agar memiliki konsumen yang terus-menerus datang dan membeli. 

0 komentar

Post a Comment