Tertarik Buka Bisnis Indomaret? Yuk Cek Syarat, Modal, dan Hitungan Keuntungannya!

Author -  Admin Pengadaan

Hampir semua orang pernah berbelanja kebutuhan sehari-hari di Indomaret. Dengan kondisi tersebut, tentu buka bisnis Indomaret dinilai sangat menguntungkan. Jika Anda tertarik untuk membuka franchise Indomaret, alangkah baiknya untuk mengetahui apa saja syarat dan ketentuannya.

Mengingat bahwa Indomaret adalah sebuah perusahaan yang sistematis dan tidak bisa sembarangan orang menggunakan nama brand ini untuk tokonya. Mari simak pembahasan lengkapnya mengenai syarat dan ketentuan buka bisnis Indomaret, perhitungan modal dan perkiraan keuntungan yang akan Anda dapatkan jika membuka gerai Indomaret, di bawah ini ya!




Deskripsi Bisnis Franchise Indomaret

Tahukah Anda bahwa waralaba Indomaret bisa dibilang sukses besar karena hampir di seluruh Indonesia terdapat gerainya. Minimarket yang satu ini selalu menyediakan berbagai kebutuhan masyarakat, baik itu sekunder maupun primer.

Selain itu, Indomaret juga terbilang sangat nyaman dengan standar pelayanan yang baik. Jadi tidak heran jika ia menjadi pilihan nomor 1 masyarakat untuk berbelanja kebutuhan sehari-harinya. Tak ketinggalan juga, Indomaret menyediakan kemudahan untuk membayar segala transaksi, mulai dari iuran kesehatan hingga membayar belanja online.

Pertama kali didirikan di Ancol Jakarta Utara dan dikelola oleh PT Indomarco Prismatama yang dibuka pada tanggal 20 Juni Tahun 1988. Perusahaan ini mengembangkan bisnis waralaba pertama di tahun 1997 dan langsung mencapai 230 gerai.

Seiring perkembangannya waktu, hingga saat ini tercatat bahwa waralaba Indomaret sudah memiliki 17. 681 gerai di seluruh Indonesia dan 60% menjadi milik sendiri dan sisanya adalah masyarakat. Jadi bagi Anda yang tertarik untuk buka bisnis Indomaret sangat bisa karena PT Indomarco membuka lebar kesempatan ini.

Pastinya ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi karena tidak bisa sembarangan dalam menjalankannya.

Baca juga: Keunggulan dan Kelemahan Bisnis Franchise


Syarat dan Ketentuan Bisnis Indomaret

Apabila Anda sekarang berminat untuk membuka toko Indomaret maka berikut ini ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Tentunya franchise ini minim resiko dan cukup menguntungkan.

1. Persiapkan Dokumen

Ada beberapa dokumen yang harus disiapkan ketika ingin membuka usaha waralaba atau franchise. Nah jika Anda ingin bergabung dengan Indomaret maka harus menjadi WNI asli yang dibuktikan dengan KTP, KK atau identitas lainnya.

Tentunya agar mendapatkan KTP Anda harus berumur 17 tahun lebih. Dokumen yang diminta adalah lampiran saja dengan menyertakan aslinya.

2. Menyiapkan Lokasi Usaha yang Strategis

Apabila dokumen Anda sudah siap, maka langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah menyiapkan lokasi yang nantinya digunakan untuk membangun toko waralaba milik Anda. Ada hal yang perlu diperhatikan lebih lanjut. 

Pertama adalah mudah dijangkau oleh kendaraan. Kedua di sekitar tempat yang ramai dikunjungi oleh masyarakat. Jadi buka bisnis Indomaret Anda tidak akan sia-sia.

Mengapa harus yang mudah diakses? Karena jika sulit untuk dilewati, maka biasanya masyarakat akan lebih memilih toko uang lain. Paling tidak Anda harus mempersiapkan tanah seluas 120 hingga 200 meter persegi.

3. Mengurus Surat Kelengkapan Usaha

Hal penting lainnya yang tidak boleh diabaikan adalah persiapan surat izin kelengkapan usaha. Anda harus memiliki surat izin mendirikan bangunan, surat izin perusahaan, NPWP. Anda harus mengurusnya ke instansi terkait sesegera mungkin.

Terkait NPWP, Anda tidak lagi membuat perorangan akan tetapi ditujukan untuk membuka bisnis Indomaret yang akan dibuka.

4. Menyiapkan Modal Investasi

Menyiapkan modal investasi menjadi sesuatu yang amat penting karena nantinya akan diberikan kepada pihak Indomaret ketika mereka sudah menyetujui permintaan Anda untuk bergabung.

Jumlah modal yang wajib untuk diinvestasikan tergantung dari jenis usaha waralaba yang dipilih, contohnya apakah Anda ingin membuka toko sendiri dari awal atau mengambil alih usaha Indomaret yang sudah ada..

Jika Anda ingin membuka investasi Indomaret sendiri, maka jumlah biaya yang harus dikeluarkan adalah 300 hingga 400 juta. Sedangkan jika mengambil alih, maka dana yang diinvestasikan adalah 150 hingga 200 juta.

Dana investasi tersebut sudah termasuk membayar besaran royalti selama masa kontrak. Pada umumnya masa kontrak berlaku sekitar 5 tahun.

5. Mendaftar Melalui Call Center

Buka bisnis Indomaret terbilang cukup mudah karena ketika semuanya sudah siap, maka Anda bisa langsung mendaftar melalui call center. Silahkan melakukan panggilan ke nomor 1600-580 atau langsung pergi ke website resminya.

6. Presentasi

Syarat dan ketentuan selanjutnya setelah Anda melakukan proses pendaftaran dan registrasi, tim verifikator akan menghubungi untuk melakukan presentasi.

Presentasi ini dilakukan dengan 2 tahapan. Pertama adalah menjelaskan keuntungan yang berhasil didapatkan toko dalam sebulan, besaran investasi, mekanisme kerjasama dan bagaimana sistem operasionalnya.

Pada presentasi ini, jangan lupa juga untuk membawa semua dokumen yang dipersyaratkan di atas ya!

7. Pembukaan Toko

Apabila semua item yang disyaratkan tadi sudah dipenuhi dan tim verifikator menyetujui bahwa Anda bisa bergabung ke franchise Indomaret maka langkah selanjutnya adalah melakukan pembukaan toko dan promosi.

Promosi ini ditetapkan oleh pihak Indomaret dan dilanjut dengan tanda tangan kontrak selama 5 tahun. Jika masa berlakunya sudah habis, maka pihak Indomaret akan melakukan evaluasi untuk menentukan apakah Anda masih layak untuk menjalin hubungan kerjasama atau tidak.

Perhitungan Modal dan Keuntungan Buka Usaha Indomaret

Bagi Anda yang ingin bergabung ke franchise Indomaret maka penting sekali untuk mempersiapkan modal atau investasi di gerai nantinya. Setidaknya Anda harus memiliki Rp. 394.000.000 untuk membuka gerai yang baru.

Biaya tersebut sudah mencakup franchise 36 juta, biaya promosi dan persiapan 9,5 juta, renovasi listrik dan lainnya 170,5 juta dan biaya elektronik atau nonelektronik 178 juta. Namun biaya ini belum termasuk gaji karyawan dan sewa bangunan ya.

Sementara itu, untuk biaya franchise Indomaret dengan cara take over atau mengambil alih gerai yang dijalankan, maka Anda harus menyediakan dana sekitar 300 hingga 600 juta. Biaya ini sudah termasuk royalti yang perlu dibayarkan agar Anda bisa buka bisnis Indomaret selama 5 tahun kedepan.

Terkait keuntungan yang diperoleh, berdasarkan estimasi pelaku bisnis yang sudah menjalankan, mereka balik modal dalam kurun waktu 3-5 tahun. Dalam satu hari, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari mulai 7-9 juta dan perbulannya mencapai angka 200-270 juta.

Baca juga: Pengertian Payback Period dan Cara Menghitungnya

Ukuran Bangunan yang Dibutuhkan untuk Membuka Bisnis Indomaret


Untuk ukuran bangunan yang dibutuhkan adalah kurang dari 200 meter persegi. Jadi bagi Anda yang sudah memiliki tanah dengan luas berikut, langsung saja mencoba bergabung ke bisnis indomaret.

Buka bisnis indomaret tidak sesulit yang dibayangkan kan? Anda bisa mulai mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari sekarang!

0 komentar

Post a Comment