Barang Illith: Pengertian, Fungsi, Karakteristik dan Contohnya

Author -  Admin Pengadaan

Kecil jadi kawan, besar jadi lawan. Mungkin itulah perumpaan yang bisa disematkan pada barang illith. Barang illith merupakan barang pemuas kebutuhan manusia yang jumlahnya diharapkan cukup, tidak berlebih. Sebagai contohnya angin dan api. Kedua barang ini jika berlebihan justru malah membahayakan kelangsungan hidup manusia. 

Mungkin dari contoh di atas sudah cukup menjelaskan apa itu barang illith. Barang-barang illith memanglah sering dapat ditemukan di sekeliling kita. Bahkan jika tidak ada sama sekali atau sebaliknya jumlahnya melimpah, manusia akan mengalami kesusahan bahkan kematian. Misalnya, manusia semuanya membutuhkan air, namun jika jumlahnya berlebih atau tidak ada sama sekali justru dapat membahayakan nyawanya.


Apa itu Barang Illith?

Barang illith adalah barang atau benda yang ketersediannya harus dikontrol, tidak karena baik berlebih ataupun jika kekurangan mengundang masalah bagi manusia dan lingkungan.

Barang illith yang jumlahnya terlalu banyak atau berlimpah dapat menimbulkan bahaya atau kerugian. Begitu juga ketika kekurangan dapat juga menimbulkan bahaya.

Fungsi Barang Illith

Barang illith ini memiliki fungsi yang sangat penting baik bagi manusia maupun lingkungan. untuk memenuhi kebutuhan manusia. Adapun fungsi tersebut adalah:

1. Untuk memenuhi kebutuhan primer manusia. Sebagai contohnya, air untuk diminum dan api untuk sarana memasak makanan dan minuman.

2. Untuk bahan baku usaha. Misalnya, usaha depot air minum isi ulang.

3. Matahari yang merupakan barang illith berfungsi untuk fotosintesis tumbuhan, memberi penerangan bagi manusia, dan lain sebagainya.

4. Oksigen yang merupakan barang illith berfungsi untuk menggerakan sistem pernapasan dan sebagai nutrisi penting dalam darah.


Ciri-Ciri Barang Illith


Ada beberapa karakteristik yang dapat menunjukkan bahwa barang tersebut adalah barang illith, yaitu:

  • Umumnya tidak berupa zat padat sehingga kehadirannya hanya dapat dirasakan.
  • Ciptaan Tuhan, bukan hasil dari tangan manusia.
  • Mudah tercemar/terkontaminasi sehingga berdampak pada lingkungan dan manusia.


Contoh Barang Illith

Adapun contoh barang illith adalah:

1. Air

Air dalam jumlah yang cukup dapat memenuhi dan mempermudah kehidupan manusia untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Namun ketika jumlahnya melimpah dapat menimbulkan bencana alam, seperti banjir dan longsor. Dan ketika kekurangan, dapat menyebabkan kekeringan dan kelaparan bagi manusia dan makhluk hidup lainnya.


2. Sel darah putih dalam tubuh


Sel darah putih atau leukosit merupakan barang illith yang ada di dalam tubuh manusia. Ketika jumlahnya berlimpah, leukosit justru sangatlah membahayakan karena ada indikasi mengarah ke penyakit leukimia. Sementara itu jika leukosit rendah , di bawah normal. dapat membuat tubuh lebih rentan terserang infeksi penyakit. 

3. Api

Sering mendengar peribahasa jangan bermain api? Api memang dalam jumlah sedikit dapat membantu kehidupan manusia, sebagai contohnya untuk memasak. Namun, ketika barang illith ini jumlahnya di luar batas wajar, dapat menyebabkan kebakaran.


4. Sinar matahari

Contoh barang illith yang satu ini sangatlah bermanfaat bagi kehidupan, tidak hanya bagi manusia namun juga bumi dan seisinya. Sinar matahari dapat dimanfaatkan untuk panel surya, berjemur di pagi hari untuk meningkatkan vitamin D dalam tubuh, dan untuk tumbuhan sendiri dapat digunakan dalam proses fotosintesis.

Namun dalam jumlah yang berlebihan, sinar matahari dapat menimbulkan kerugian seperti kekeringan.

5. Udara/Angin

Udara yang di dalamnya terkandung oksigen bermanfaat untuk kehidupan manusia. Namun dalam jumlah yang besar, udara akan berubah menjadi angin yang membahayakan seperti terjadinya puting beliung, topan, dan lain sebagainya.

6. Oksigen

Oksigen merupakan unsur vital bagi manusia. Namun ketika jumlah oksigen berlebih atau lebih tinggi dari 1 bar (tekanan normal) yaitu dengan kadar oksigen lebih tinggi dari 21%, maka dapat meracuni manusia.

Kondisi ini biasanya terjadi pada seseorang yang menggunakan alat bantu pernapasan seperti tabung oksigen, orang yang menjalani terapi hiperbarik, dan bayi prematur yang menggunakan oksigen dalam inkubator.

Sementara itu jika tubuh kekurangan oksigen atau oksigen di bawah normal. maka dapat menyebabkan gangguan jantung dan otak, hingga sesak napas yang berujung pada kematian. 


Contoh Dampak Barang Illith yang Jumlahnya Tidak Terkontrol

Ketika barang illith jumlahnya berlebih maka akan menjadi musuh bagi manusia yang berdampak buruk. Berikut ini adalah contoh dampak barang illith ketika jumlahnya di luar batas normal:


1. Banjir



Jumlah air yang sangat banyak dapat membahayakan manusia, tidak hanya di wilayah perkotaan namun juga di kawasan pedesaan atau pegunungan. Air hujan yang turun terus menerus dapat menyebabkan banjir dan longsor ketika sungai, sistem drainase di wilayah perkotaan, dan hutan tidak mampu menampung aliran air hujan tersebut. Bahkan, ketika banjir dan longsor parah dapat merenggut nyawa manusia.

2. Kekeringan

Sinar matahari yang jumlahnya berlebih, tidak ada perubahan musim kemarau ke musim hujan dalam waktu yang lama, dapat menyebabkan terjadinya bencana kekeringan. Jika suatu daerah mengalami kekeringan, maka rentan akan timbul berbagai penyakit dan bahkan risiko bencana kelaparan yang meluas di wilayah tersbeut. 

Selain itu, radiasi sinar matahari yang datang ke bumi dalam bentuk UV dapat menyebabkan sunburn atau terbakarnya kulit dan sangat tidak baik bagi kulit. Apabila kulit terlalu sering terpapar sinar UV, maka hal ini bisa menyebabkan timbulnya kanker kulit atau masalah kulit lainnya.

3. Kebakaran

Si jago merah yang melalap hutan ataupun rumah yang tidak dapat dikendalikan sangking banyakanya tentu sangat membahayakn. Contoh barang illith ini sering kali berdampak luas di kawasan perkotaan atau padat penduduk. Dengan mudah, api akan melalap dan menjalar karena didukung oleh bangunan dan barang-barang yang mudah terbakar. 

4. Angin Topan

Dampak berikutnya yang terjadi ketika jumlah barang illith tidak terkontrol adalah angin topan atau putih beliung. Angin badai tersebut dapat menyebabkan kerusakan rumah, tercabutnya pepohonan, dan lain sebagainya.


Itulah ulasan mengenai pengertian barang illith, karakteristik, fungsi, dan contohnya. Jumlah barang illith yang tidak terkendali dapat menyebabkan kerugian, begitupun juga ketika jumlahnya sangat sedikit. Oleh karenanya, keberadaan barang illith ini harus dijaga dan diawasi sebaik mungkin demi kelangsungan manusia dan lingkungannya.

0 komentar

Post a Comment