5 Ide Bisnis Ikan Laut Pemula Modal Kecil Untung Besar

Author -  Admin Pengadaan

Indonesia adalah negara maritim yang memiliki kelimpahan hewan laut. Bisnis ikan laut pemula pun menjadi ide bisnis yang patut dipertimbangkan. Cakupan dari bisnis ikan laut sangatlah luas. Anda bisa menjadi supplier ikan ke restoran, pabrik, atau mendirikan restoran sendiri. 

Minat masyarakat yang tinggi terhadap ikan laut membuat prospek bisnis ini sangat cerah. Oleh karena itu, pahami cara memulai bisnis ikan laut berikut ini.




Apa itu Bisnis Ikan Laut?

Seperti dengan namanya, bisnis ini berpusat pada penjualan ikan laut, baik dalam bentuk segar, beku atau masakan jadi. Dari banyaknya ide bisnis yang ada, Anda mungkin berpikir, kenapa pilih bisnis ikan laut?

Baca juga: 5 Cara Menyusun Nama Unik Usaha Makanan (Lengkap 50+ Contoh)

Pasalnya, bisnis ini tidak terlalu pasaran. Sehingga tingkat persaingan usaha tidak seketat bisnis yang mainstream. Apabila Anda tertarik untuk menggeluti bisnis ikan laut, hal pertama yang wajib dipertimbangkan adalah jenis usaha. Ada apa saja? Simak pembahasan selanjutnya!


Jenis Bisnis Ikan Laut Pemula

Ada banyak cara untuk menjual ikan laut. Anda dapat menjual ke konsumen langsung atau memasok ke pabrik atau restoran. Selengkapnya, lihat pemaparan berikut ini:

1. Supply ikan ke restoran





Di pusat kota maupun pinggiran kota, banyak sekali restoran yang menjual olahan ikan laut. Melihat hadirnya restoran tersebut, peluang sebagai supplier ikan laut sangatlah baik. 

Untuk memulainya, Anda berperan sebagai perantara, pertama cari supply ikan laut dari nelayan, lalu distribusikan ikan tersebut ke restoran. 

Ajak restoran untuk bekerja sama. Restoran biasanya sangat selektif dalam memilih kualitas ikan laut. Sebab, ikan laut yang tidak segar akan membuat masakannya kurang segar. Gunakan es batu untuk menjaga kesegaran ikan selama pengiriman.


2. Memasok ke pabrik sarden



Sarden adalah makanan yang kaya akan nutrisi. Tak heran, beberapa orang sangat menyukainya. Selain memasok suplai ikan ke restoran, Anda juga bisa memasoknya ke pabrik sarden.


Pabrik sarden menggunakan jenis ikan laut khusus. Sehingga Anda perlu menyesuaikan kebutuhan pabrik dengan jenis ikan yang Anda jual. 


Ikan adalah produk yang rentan rusak. Jadi, Anda harus memikirkan matang-matang solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Lalu, berapa modal awal yang dibutuhkan? Untuk menentukannya, perhitungkan harga ikan dari nelayan, peti penyimpanan, es batu, biaya angkut, dan lain-lain.


3. Bisnis ikan segar


Keuntungan bisnis ikan laut pemula ini sangat baik. Anda dapat mengambil margin profit sebesar 30% sampai 50%. Dalam memulai bisnis ikan segar, ada beberapa hal yang wajib dipersiapkan, yaitu:

  • Modal awal

Dana ini digunakan untuk membeli freezer, sewa tempat, membeli stok ikan, biaya angkut ikan dari pemasok ke tempat jualan, dan lain sebagainya.


  • Tempat untuk berjualan

Dapat berjualan di rumah atau di pasar.


  • Sistem penjualan (online atau offline)

Sebaiknya tidak hanya membuka toko fisik saja. Toko online memudahkan Anda untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.


  • Sumber suplai ikan laut segar

Ikan laut dapat dibeli dari sentra peternak ikan laut atau nelayan ikan laut.


  • Kemampuan memotong ikan

Umumnya pembeli meminta penjual untuk memotong dan membersihkan ikan yang dibeli. Apabila Anda tidak mumpuni melakukan hal itu, tentunya pembeli menjadi kecewa dan tidak mau kembali ke toko Anda.


4. Bisnis ikan beku



Tips bisnis ikan beku modal sedikit laba besar adalah menentukan jenis ikan yang dijual. Langkah awal ini perlu dipertimbangkan, saat membeli pasokan ikan, belilah jenis ikan yang murah, namun berkualitas. Dengan menekan modal awal, laba potensialnya menjadi lebih tinggi.


Selanjutnya tentukan strategi pemasaran. Pikirkan siapa target pasar yang ingin Anda sasar atau tuju. Lakukan riset pasar guna mendapatkan gambaran mendetail. Siapa yang biasanya membeli ikan beku? Apakah ikan bisa laris di pasar atau tidak? Kalau tidak, apa alasannya? 


Berpikir dengan menempatkan diri di sepatu pelanggan dapat membantu menentukan sasaran yang tepat. Tak lupa mencari pemasok ikan terpercaya dan murah. Pilih pemasok dengan harga termurah. Pasalnya jika harga dari pemasok mahal, Anda akan mematok harga yang tinggi pula. 


Otomatis konsumen akan kurang tertarik. Terakhir, bangun bisnis secara perlahan sesuai rencana awal. Gunakan modal seperlunya saja. Kemudian lakukan analisis untuk melihat peluang keuntungan di pasar. Jika dirasa ada potensi yang cerah, maka Anda boleh menaikkan modal.


5. Bisnis olahan ikan laut


D'Cost, Contoh Bisnis Olahan Ikan Laut yang Kini Sukses


Bisnis ikan laut pemula terakhir adalah mendirikan bisnis olahan ikan laut sendiri. Prospek bisnis ini sangat bagus, sebab banyak masyarakat Indonesia yang menyukai olahan ikan laut. Berikut adalah langkah-langkah mendirikan bisnis olahan ikan laut:

  • Mencari pemasok ikan

Biasanya supplier ikan berada di pinggiran pantai, terutama di daerah Tempat Pelelangan Ikan (TPI). TPI ini menjamin kalau ikan bisa dibeli dengan harga murah dan kualitas terbaik, khususnya jika membeli ikan secara grosir.

Cobalah membeli di pagi hari, biasanya nelayan menawarkan harga spesial. Anda bisa berlangganan dengan nelayan-nelayan tersebut agar mendapatkan potongan harga. 


  • Pilih jenis ikan

Preferensi ikan laut yang disukai masyarakat tidak bisa dipukul rata. Karena itu, Anda perlu melihat jenis ikan apa yang paling laris dan yang kurang diminati. 


Untuk mengetahui informasi tersebut, metode yang biasa digunakan adalah riset pasar. Riset ini sangat berperan dalam menjaga siklus bisnis olahan ikan laut Anda.


  • Menentukan tempat

Tempat untuk berjualan bisnis ini dapat dilakukan di mana saja, mulai dari tepi pantai, pusat keramaian di kota, pinggir jalan, mal, dan masih banyak lagi. 


Bahkan Anda bisa menggabungkan bisnis olahan ikan dengan bisnis ikan segar. Jadi Anda menjual ikan segar, Anda baru mengolahnya jika ada pelanggan yang meminta dibuatkan.


Perhatikan pesaing di daerah tersebut, sebaiknya pilih lokasi yang tidak ada pesaing. Tujuannya agar Anda bisa menguasai pangsa pasar di daerah tersebut.


  • Modal

Tanpa adanya modal, bisnis akan sulit berputar. Menghitung modal secara spesifik dalam bisnis ikan laut untuk seorang pemula akan memudahkan dalam mengatur keuangan bisnis dan target penjualan yang harus dicapai. Setiap waktu dan biaya yang Anda keluarkan untuk keperluan bisnis olehan ikan laut ini perlu dicatat agar tidak terjadi kebocoran uang keluar yang tidak diketahui.

Baca juga: Modal dan Laba Usaha Warung Makan Serta Tips Sukses

Estimasi modal dari bisnis olahan ikan laut dapat ditentukan dari total biaya masing-masing aspek, seperti untuk kebutuhan sewa tempat, freezer, kemasan, alat memasak, dan timbangan. Sedangkan modal bahan baku yang dibutuhkan untuk mengolah produk ikan antara lain: bumbu dapur dan ikan laut yang akan diolah. Jangan lupa untuk membuat anggaran biaya transportasi dan biaya juru masak.

Itu adalah rincian modal awal. Itu artinya, modal yang dikeluarkan selanjutnya mungkin tidak akan sebesar modal awal. Sebab ada biaya untuk barang tidak habis pakai, seperti alat memasak, timbangan, peti penyimpanan dan alat makan.

Masih banyak jenis ide bisnis ikan laut pemula potensial lainnya yang bisa ditekuni. Terlebih lagi, margin profit bisnis di bidang perikanan ini sangatlah menguntungkan. Yang menjadi pertanyaan, apakah Anda berminat?

0 komentar

Post a Comment