Apa itu Payroll Services? Ini 11 Payroll Software Terbaik dan Keuntungannya

Author -  Admin Pengadaan

Proses penggajian (payroll) merupakan proses administratif yang rumit dan harus dilakukan dengan teliti. Proses ini juga memakan banyak waktu sehingga staff HR sering harus lembur karenanya. Untuk meningkatkan efisiensi, perusahaan sebaiknya menggunakan salah satu payroll services.

Dengan menggunakan layanan tersebut, staff HR tak perlu pusing lagi dalam menghitung upah, BPJS, tunjangan, lembur, dan pajak tiap karyawan. Peningkatan efisiensi ini dapat membantu perusahaan lebih fokus pada produk atau layanan mereka dan bahkan mengurangi biaya operasional.





Mengenal Payroll Service


Saat ini, terdapat banyak payroll services yang dapat digunakan oleh perusahaan kecil hingga besar. Apa sebenarnya yang disebut payroll service ini? Payroll service, atau dalam Bahasa Indonesia disebut sistem penggajian, adalah sistem yang ditujukan untuk membantu perusahaan menggaji karyawan.

Beberapa orang menyebutnya aplikasi atau software payroll. Meski diberi sebutan yang berbeda, namun ketiganya sebenarnya sama, yaitu sama-sama membantu perusahaan menyederhanakan proses penggajian. Layanan ini disediakan oleh bank maupun non-bank.

Di samping itu, sistem ini juga dapat memastikan bahwa tidak ada kesalahan penggajian. Dengan demikian, perusahaan dapat mengurangi staff HRD mereka karena sebagian tugas HR telah dilakukan sistem ini. 

Payroll service akan membantu perusahaan menggaji karyawan secara akurat dan tepat waktu. Pembayaran gaji tersebut dapat disesuaikan secara langsung dengan data yang ada di komputer perusahaan.

Beberapa pengusaha mungkin meragukan keamanan sistem ini, namun payroll service umumnya menawarkan keamanan data pelanggannya. Untuk memastikan keamanan dan kinerja sistem tersebut, Anda tentu harus memilih payroll service terbaik.

Sistem payroll umumnya tidak hanya menawarkan layanan penghitungan gaji dan pembuatan slip gaji saja. Banyak aplikasi payroll yang menawarkan fitur tambahan, seperti layanan kehadiran online, pengajuan cuti dan lembur, pembuatan laporan, manajemen rekrutmen, dan indikator kinerja karyawan.

Keuntungan Menggunakan Layanan Penggajian




Perusahaan yang menggunakan layanan penggajian atau payroll akan memperoleh beragam keuntungan.

  • Penghitungan dan pembayaran gaji dilakukan secara otomatis
  • Sistem berjalan sesuai dengan keinginan perusahaan 
  • Staff HRD tetap dapat memantau prosesnya sehingga transparansi terjaga
  • Perhitungan lengkap, contohnya payroll, pajak, BPJS, tunjangan, lembur, bonus, dll
  • Data dijamin aman dan dapat diakses perusahaan sewaktu-waktu untuk diubah oleh perusahaan.


11 Best Payroll Services terbaik di Indonesia dan Dunia


Setiap payroll service tentu memiliki kualitas dan fitur yang berbeda-beda. Biaya yang mereka tetapkan juga tidak sama. 


Oleh karena itu, sebelum Anda menggunakan salah satu layanan sistem penggajian yang ada, sebaiknya Anda simak review sistem payroll terbaik di bawah ini. Dengan demikian, Anda dapat memilih layanan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.





A. Layanan Payroll Terbaik di Indonesia


Meski merupakan layanan lokal, sistem payroll asli Indonesia ini sudah mampu memenuhi kebutuhan perusahaan.

1. KaryaOne


Software KaryaOne ini menawarkan solusi yang cukup lengkap untuk pengelolaan administrasi HR. Salah satu keunggulan software ini adalah biaya layanannya yang sangat terjangkau. Besarnya biaya layanan tersebut adalah mulai Rp5.000/bulan untuk satu karyawan.


Beberapa fitur menarik dari software ini adalah:

  • Payroll
  • PPh 21 & 1721 
  • BPJS
  • Manajemen absensi dan kehadiran
  • Multi shift
  • Integrasi dengan fingerprint scanner


2. Talenta


Talenta menawarkan teknologi otomasi software manajemen HR dan penggajian berbasis cloud. Dengan menggunakan software ini, perusahaan Anda dapat tetap produktif. Sayangnya, biaya bulanan/karyawan di Talenta agak mahal, yaitu Rp20.000.


Meski sedikit mahal, namun kualitas layanannya cukup memuaskan dan telah dinikmati oleh lebih dari 3000 perusahaan. Talenta juga sangat handal karena mampu memproses Rp900 miliar gaji per bulan.


Software ini memiliki fitur-fitur menarik dan lengkap, contohnya:

  • Perhitungan gaji dan transfer gaji yang fleksibel
  • Manajemen absensi
  • Mendukung sistem benefit yang fleksibel
  • Pinjaman
  • Manajemen pelatihan
  • Manajemen rekrutmen



3. Gaji.id


Gaji.id merupakan payroll service berbasis website dengan penyimpanan berbasis cloud. Tidak seperti layanan payroll lain yang menerapkan biaya bulanan per karyawan, Gaji.id menawarkan biaya berlangganan/bulan mulai Rp500.000.


Sistem ini memberi kemudahan bagi perusahaan dalam hal penggajian dan semua kebutuhan HRD. Dengan menggunakan sistem tersebut, perhitungan payroll, tunjangan, dll dijamin cepat dan benar.


Beberapa keunggulan Gaji.id adalah:

  • Dukungan pelanggan yang responsif
  • Mengikuti perkembangan regulasi perpajakan dan tenaga kerja.
  • Dapat di-customized


4. GajiHub


GajiHub menawarkan solusi administrasi HR yang lengkap sehingga bisnis menjadi lebih produktif. Khusus untuk karyawan, sistem ini menawarkan aplikasi GajiHub dimana karyawan dapat mengirim absensi dan melihat slip gaji.


Terdapat 3 pilihan biaya berlangganan, yaitu gratis, Rp11.900/karyawan/bulan, dan Rp16.900/karyawan/bulan. Selain menawarkan perhitungan penggajian yang lengkap, GajiHub juga menawarkan:

  • Pengelolaan absensi
  • Pengelolaan aset
  • Analisis data manajemen karyawan
  • Pengelolaan cuti karyawan


5. Gadjian

Gadjian menawarkan pengelolaan keuangan dan karyawan melalui fitur-fiturnya yang lengkap dengan biaya bulanan yang kompetitif, yaitu Rp12.500/karyawan/bulan. Contoh fitur Gadjian adalah:

  • Perhitungan gaji lengkap
  • Analisis kinerja karyawan
  • Absensi
  • Multi approval
  • Pola kerja roster dan shift

6. LinovHR 

Linov HR merupakan software HRD yang dapat digunakan perusahaan dalam mengelola data karyawan. Software ini menawarkan kemudahan atur penggajian karyawan dan data human resource lainnya melalui penerapan HRIS. Keunggulan software ini mampu menunjang bisnis Anda karena memiliki fitur dan kelebihan sebagai berikut:

  • Berbasis cloud
  • Memiliki versi on-premise
  • Payroll outsourcing
  • Tersedia aplikasi absensi

Sedangkan harga untuk membeli payroll service ini tidak dipublikasikan. Silahkan bisa mencoba dengan mengunjungi websitenya.


B. Layanan Payroll Services Terbaik di Dunia

Jika Anda ingin menggunakan sistem penggajian dari luar, beberapa payroll services untuk usaha kecil rekomendasi Forbes di bawah ini wajib Anda pertimbangkan.


1. OnPay

Payroll service yang ada pada urutan pertama dalam daftar rekomendasi Forbes adalah OnPay. Forbes memberi nilai yang hampir sempurna untuk sistem ini, yaitu 4,5 bintang.


OnPay menawarkan kemudahan akses di semua perangkat. Selain itu, fitur yang ditawarkan juga lengkap, contohnya multistate payroll capability, PTO approvals, dan compliance tools. Biaya berlangganan OnPay adalah $36/bulan tambah $4/karyawan.


2. Gusto


Layanan berikutnya yang direkomendasikan oleh Forbes adalah Gusto. Payroll service ini mendapat bintang 4,4 karena menawarkan layanan penggajian dan administrasi HR yang lengkap.


Sayangnya, harga berlangganannya lebih mahal, yaitu $39/bulan tambah $6/karyawan. Selain itu, Gusto tidak menawarkan pengiriman gaji di luar AS.


3. ADP Run


ADP Run adalah anak usaha dari ADP (payroll service terbesar dan terpercaya). Sistem ini cocok untuk perusahaan kecil dengan karyawan kurang dari 50 orang. Namun, jika perusahaan kecil Anda berkembang menjadi lebih besar, Anda dapat pindah ke platform ADP.


ADP Run menawarkan layanan penggajian yang dapat di-customized, add ons for legal and marketing assistance, dan fitur menarik lainnya. Biaya langganan perbulan ADP Run mulai dari $59.


4. Paychex Flex

Sistem penggajian lain yang juga terpercaya dan cocok untuk bisnis kecil adalah Paycheck Flex. Sistem ini menawarkan customized plans, sistem navigasi yang mudah dioperasikan, dan fitur penggajian lainnya. Biaya berlangganan Paychex Flex adalah mulai $39/bulan.


5. Justworks

Untuk memperoleh solusi payroll dan HR yang menyeluruh, Anda dapat menggunakan Justworks. Dengan menggunakan sistem ini, Anda tidak perlu lagi mempekerjakan HR. Selain itu, biayanya juga lebih murah dari gaji HR, yaitu mulai dari $49/bulan untuk 25 karyawan.


Biaya berlangganan payroll services, mungkin berubah kapan saja. Jika Anda tertarik menggunakan salah satu layanan di atas, sebaiknya Anda hubungi CS terkait dan menggali informasi lebih lanjut untuk mengetahui cocok tidaknya sistem tersebut untuk perusahaan Anda.

0 komentar

Post a Comment