Manfaat dan 20 Ide Game Team Building yang Cocok untuk Perusahaan

Author -  Muzaki L

Dalam sebuah organisasi atau perusahaan, kekompakan dan kebersamaan para pegawai sangat dibutuhkan. Salah satu cara meningkatkan kekompakan adalah dengan game team building. Fungsi dan keuntungan game team building ini, secara tidak langsung meningkatkan produktivitas karyawan yang pada akhirnya menghasilkan pendapatan perusahaan.

Kegiatan game team building ini, dapat dilakukan dengan banyak cara. Terdapat banyak sekali ragam ide permainan atau game yang dapat digunakan. Perusahaan dapat menyesuaikan ide game team building tersebut dengan kebutuhan, tujuan, serta anggaran yang dimiliki.



Fungsi dan Keuntungan Game Team Building


Setiap perusahaan pasti ingin mencapai tujuan perusahaan dengan baik. Hal tersebut harus dibarengi dengan komitmen pegawai yang kuat demi kemajuan perusahaan. Meskipun demikian kadangkala kerjasama antar pegawai kurang maksimal. Disinilah peran dari game team building ini dibutuhkan.


1. Meningkatkan Efisiensi Kerja

Tujuannya dari team building adalah terjadi persamaan visi dan misi dalam bekerja. Persamaan pandangan ini, akan membantu efektifitas pekerjaan. Selain itu juga akan meringankan beban kerja. Efisiensi pekerjaan meningkat, mulai dari ketepatan waktu pekerjaan dan hasilnya.


2. Meningkatkan Kreativitas

Diantara sekian banyak karyawan, pasti terdapat salah satu karyawan yang sulit dalam menemukan ide-ide. Adanya game team building ini, mampu untuk memancing karyawan tersebut, agar bisa menemukan ide kreatif tersebut.


3. Menjalin Komunikasi Dengan Baik

Mengadopsi game dalam team building, karyawan akan dilatih untuk berkomunikasi dengan teman atau rekan kerjanya. Tujuannya adalah agar apa yang ada dalam pemikirannya atau pendapatnya dapat tersampaikan, sehingga permasalahan dapat diselesaikan bersama.


4. Menyatukan Pendapat

Apabila Anda sering mencari solusi atau pemecahan masalah tentang pekerjaan sendirian, tentunya hal ini tidak berlaku di team building. Pekerjaaan yang harus dilakukan secara tim, maka harus bersama-sama mencari solusi bersama dalam menyelesaikan masalah.


5. Membuat Saling Mengenal Satu Sama Lain

Pernahkah Anda mendapati dalam sebuah perusahaan terdapat karyawan yang tidak saling mengenal? Hal tersebut dapat berimbas pada kualitas kerja serta kurangnya rasa percaya antar karyawan. Dengan adanya team building ini, dapat lebih mengenalkan dan mendekatkan para pegawai.


6. Memajukan Perusahaan

Tujuan utama dari sebuah aktivitas team building ini adalah untuk memajukan perusahaan. Semua kegiatan yang dilakukan akan meningkatkan efektifitas dan efisiensi pekerjaan, serta etos kerja yang tinggi. Hasilnya adalah perusahaan menjadi lebih maju dan berkembang.


20 Ide Game Team Building




Game ini diadakan dengan tujuan untuk mempersatukan para pegawai dari beberapa divisi yang berbeda, agar keharmonisan dan kerjasama tim dapat berkembang. Beberapa ide kegiatan game team building adalah sebagai berikut.


1. Menulis dengan Benang


Cara main game team building ini yaitu dengan ikat beberapa helai benang pada spidol, mulai dari tutup hingga ujung belakang. Masing-masing helai benang dipegang oleh satu orang. Tim akan diminta untuk menuliskan kata pada kertas, dengan cara menarik ulur benang tersebut.


2. Menuntun Si “Buta”





Setiap anggota ditutup mata secara bergantian. Satu orang anggota akan memandu rekannya secara verbal, untuk mencapai tujuan, mengambil objek tertentu, atau melakukan tantangan lainnya.


3. Gambar Tanpa Suara


Anggota tim akan mengambil kartu secara bergantian. Anda harus menggambarkan apa yang ada dalam kartu tersebut, atas petunjuk dari rekan lainnya tanpa menggunakan suara.


4. Golongkan Dia


Mintalah tim untuk mengumpulkan benda sejumlah 30 buah. Kemudian, Anda harus mengkategorikan berdasarkan 4 jenis. Misalnya adalah warna, bentuk, komposisi, dan kegunaan.


5. Back-to-Back Drawing


Tim dibagi menjadi berpasangan, kemudian masing-masing anggota diminta untuk duduk berpunggungan. Anda akan diperlihatkan sebuah gambar, lalu Anda harus menyebutkan deskripsinya tanpa menyebut nama benda. Pasangan tim akan menggambarkan sesuai deskripsi.


6. Tebak Kata


Masing-masing anggota menjadi pemeran secara bergantian, lalu akan diberikan kata agar diperagakan oleh anggota lainnya. Jika ada yang bisa menebak kata tersebut, maka akan menggantikan sebagai aktor.


7. Siapa Namaku?


Tuliskan nama profesi pada secarik kertas, lalu masukkan dalam toples. Anggota tim akan memilih kertas secara acak. Anggota yang lain akan menempelkan kertas tersebut di punggungnya. Biarkan pemain saling bertanya, menjawab, dan mengidentifikasi nama profesi tersebut.


8. Pesawat Kertas


Instruksikan anggota tim untuk melipat kertas menjadi bentuk pesawat. Terbangkan pesawat kertas tersebut dari ketinggian. Kertas yang paling jauh terbangnya adalah tim yang menang. Game team building ini berfungsi untuk meningkatkan kerja tim dan komunikasi.


9. Olahraga Beregu

Adakan olahraga seperti sepak bola, basket, atau paintball. Anggota tim terdiri dari beberapa divisi yang berbeda. Tim yang memenangkan perlombaan akan mendapatkan hadiah dari perusahaan, sesuai dengan ketentuan.


10. Zombie Escape


Tempatkan tim dalam ruangan terkunci. Pilih salah satu tim untuk menjadi zombie dan ikat di sudut ruangan. Zombie akan mendatangi anggota tim lainnya dalam kurun waktu yang ditetapkan. Tim harus memperoleh petunjuk kunci rahasia agar bisa keluar ruangan sebelum tertangkap.


11. Pensil Jatuh


Ikat ujung pensil menggunakan beberapa helai tali. Tiap anggota harus menarik tali ke arah yang berbeda. Angkat pensil dengan tali tersebut dan masukkan dalam lubang botol. Tim dilarang berbicara dan hanya berkomunikasi menggunakan gerak tangan.


12. Mengisi Botol dengan Air




Siapkan ember berisi air dan letakkan botol kosong berjarak 10 meter dari ember. Tim harus mengisi botol dengan berbagai cara. Tim yang botolnya lebih dulu penuh, adalah pemenangnya.


13. Menangkap Bola


Tutup mata satu orang tim. Tim yang lainnya berdiri sejauh 10 meter. Anggota yang matanya ditutup harus melempar bola kearah rekannya, dengan menggunakan ember. Anggota lainnya dapat memberikan instruksi arah lemparan yang tepat.


14. Memindahkan Bola


Siapkan 10 bola berukuran sama dan letakkan pada titik tertentu. Anda harus membawa bola tersebut tanpa menggunakan kaki, tangan, dan tidak boleh menyentuh lantai hingga garis finish yang ditentukan.


15. Perburuan Harta Karun


Buat teka teki dan sembunyikan di sekeliling kantor. Jawaban dari teka-teki tersebut akan menuntun pada teka-teki selanjutnya. Tim yang paling cepat menemukan hasil perburuan, adalah tim yang menang.


16. Lakukan yang Dilihat


Tunjukkan video sederhana pada anggota tim. Instruksikan untuk menghafalkan gerakan dalam jangka waktu tertentu. Tim yang paling mirip menirukan gerakan akan menjadi pemenang.


17. Stand Up Together


Ikatlah sepasang tim dalam posisi duduk dilantai. Pasangan ini harus mencoba berdiri bersamaan dalam kondisi masih terikat. Hal ini berlanjut dengan anggota tim lainnya.


18. Merakit Tenda Mata Tertutup


Tutup mata anggota tim, sisakan satu orang yang harus membacakan instruksi. Tim akan mendengarkan instruksi, dan mendirikan tenda tersebut. Pembaca instruksi tidak boleh menyentuh bahan-bahan.


19. Lights, Camera, Action


Bentuk tim dari divisi yang berbeda. Mintalah membuat sketsa sinematik dengan durasi 5-10 menit. Sketsa ini akan ditampilkan pada acara perusahaan yang dilaksanakan dalam 4-8 minggu kedepan.


20. Telur Jatuh


Tim terdiri dari 5 orang yang harus melindungi telur agar tidak pecah jika dijatuhkan dari ketinggian. Tim dapat memanfaatkan material yang disediakan di sekeliling lokasi permainan. 


Aktivitas game team building ini mampu membentuk tim yang solid dan kompak. Masing-masing anggota dilatih akan kerjasama, komunikasi, saling percaya, dan kreativitas melalui permainan yang disediakan tersebut.

0 komentar

Post a Comment