6 Kendala dalam Berwirausaha dan Faktor Penyebab: Ini Solusinya!

Author -  Admin Pengadaan

Banyak yang bercita-cita menjadi pengusaha karena dianggap enak dan bisa kaya. Faktanya, berwirausaha tidak semudah yang dibayangkan. Perjalanan untuk sukses cukup panjang bahkan terjal. Guna mempermudahnya, calon pengusaha perlu tahu kendala dalam berwirausaha dan solusinya. 

Memahami kendala bisnis dan solusinya ini ibarat Anda sudah memiliki taktik sebelum turun ke medan perang. Bahkan meskipun Anda belum tahu seperti apa fakta di lapangan, namun berbekal ilmu dan wawasan yang Anda miliki, Anda tidak akan kaget saat menghadapi situasi tertentu yang tidak diinginkan.




Apa Itu Kendala dan Risiko Usaha?


Sebelum membahas lebih lanjut mengenai kendala dalam berwirausaha dan solusinya, pertama Anda perlu tahu dan memahami apa definisi dari istilah kendala itu sendiri. Selain kendala, ada juga istilah risiko usaha. Apakah keduanya sama atau berbeda berikut penjelasannya:


  • Kendala Usaha

Berdasarkan definisi dari KBBI, kata kendala diartikan sebagai rintangan atau halangan, maka kendala usaha dapat didefinisikan sebagai suatu keadaan atau faktor yang dapat menghalangi, membatasi, atau mencegah usaha untuk sukses atau berkembang.

Kendala berwirausaha bisa datang dari berbagai sisi, bisa dari dalam, luar, atau juga keduanya. Kendala juga bisa dari hal yang terlihat sangat sepele / kecil hingga yang besar seperti dana.


  • Risiko Usaha

Jika kendala merupakan hal yang menyebabkan bisnis dapat gagal atau susah berkembang, maka risiko usaha adalah akibat yang akan didapatkan oleh bisnis karena adanya kendala tadi. Risiko yang dimaksud bisa berupa kerugian materi seperti hilangnya modal atau juga kesehatan yang menurut karena bisnis gagal.


Apa Saja Kendala dalam Berwirausaha


Inilah beberapa jenis kendala kewirausahaan yang paling umum ada (di berbagai bidang/industri) yang wajib Anda ketahui:


1. Takut Gagal


Gagal adalah salah satu ketakutan terbesar bagi sebagian besar calon pengusaha terutama untuk pemula yang minim wawasan dan tanpa mentor.

Membayangkan skenario terburuk saat bisnis harus gulung tikar karena tidak berjalan sesuai rencana dan angan, serta menghilangnya modal berupa uang, peralatan, waktu, tenaga, pikiran, dan sebagainya adalah yang paling menghantui pikiran. 

Hal ini membuat keinginan terjun ke dunia bisnis menjadi tertunda atau bahkan mengurungkan niat dan tekad untuk berwirausaha.


2. Bingung Menentukan Bisnis


Serupa tapi tak sama dengan poin pertama, kebingungan dalam menentukan bisnis juga merupakan jenis kendala dalam usaha yang muncul dari dalam diri sendiri alias internal. 

Kebingungan ini sebenarnya sangat umum namun berhasil membuat pusing. Bersamaan dengan bingung, biasanya calon pebisnis juga akan merasa takut gagal tadi karena merasa belum ada pengalaman dalam menjalankan jenis bisnis yang sudah dipilih. Akhirnya, rencana bisnis pun hanya menjadi angan.


3. Kendala Modal dalam Berwirausaha



Selain menentukan jenis bisnis, modal juga menjadi salah satu hal utama lain yang perlu disiapkan dari awal dan secara matang. Namun masalahnya, modal untuk memulai berwirausaha justru tidak dimiliki oleh semua orang karena tidak setiap orang memiliki kondisi finansial yang berlimpah. 

Ada yang modalnya masih kurang setengah dari jumlah keseluruhan, bahkan ada juga yang sama sekali belum memiliki dana tapi punya tekad dan niat yang kuat untuk berwirausaha.


4. Tempat Bisnis Tidak Ada

Serupa dengan modal dana / uang, tempat untuk memulai bisnis juga kerap menjadi hambatan dalam berwirausaha yang cukup memusingkan. Tempat untuk bisnis tentu haruslah yang strategis, namun biasanya yang seperti ini mahal bahkan untuk sistem sewa.

Rumah sebenarnya juga bisa dijadikan tempat usaha namun kadang ruangan yang terbatas, lahan yang sempit, atau bahkan lokasi yang masuk ke gang/jauh dari jalan raya utama juga menjadi kendala lainnya.


5. Kurang/Tidak PD

Dana mungkin sudah ada tapi lokasinya kurang strategis, atau lokasi strategis namun dana terbatas sehingga harus berhutang dulu misal. Kedua contoh situasi ini kerap membuat calon pengusaha tidak percaya diri untuk memulai usaha. 

Ada juga yang modal awal sudah matang termasuk dana dan lokasi namun merasa tidak memiliki skill yang mumpuni sehingga kurang percaya diri dalam memulai dan mengelola usaha.


6. Masih Memiliki Pekerjaan Utama

Sebagian besar pengusaha sukses saat ini awalnya adalah seorang karyawan di suatu perusahaan. Biasanya, sebagian pekerja ini merasa bosan, monoton, atau memang menginginkan pemasukan tambahan sehingga ingin mencoba usaha tapi di sisi lain juga tidak siap untuk kehilangan pekerjaan utama. 

Sementara jika tidak resign, usaha mungkin tidak dapat ditangani dengan maksimal. Dilema inilah yang merupakan penghambat dari dimulainya suatu usaha.


Faktor Penyebab Munculnya Kendala dalam Berwirausaha


Sejumlah kendala atau kesulitan dalam berwirausaha seperti yang disebutkan di atas datang karena adanya beberapa faktor seperti berikut:

  • Visi misi kurang jelas.
  • Minimnya modal.
  • Tidak berani mengambil risiko.
  • Kurang wawasan dan informasi.
  • Malu bertanya kepada yang lebih ahli.


Cara Mengatasi Kendala dalam Berwirausaha




Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi kendala wirausaha sesuai dengan enam daftar kendala berwirausaha yang sudah disebutkan di atas tadi:


1. Kegagalan


Pada dasarnya, setiap rencana (tidak hanya bisnis namun juga rencana pribadi) selalu disertai dengan risiko untuk gagal. Namun, resiko ini dapat diminimalkan jika Anda memiliki cara yang tepat. 

Misalnya dalam mencoba usaha budidaya ikan lele, Anda bisa berguru kepada pembudidaya yang lebih senior, membaca pedoman budidaya dari Google, melihat dari YouTube, membeli buku, bergabung ke forum dan bertukar pengalaman dengan pembudidaya lain, dan sebagainya. 

Tapi sebelum melakukan berbagai hal di atas, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah hilangkan rasa takut gagal dan cobalah untuk lebih tenang serta berpikir positif.


2. Bingung 

Jenis bisnis yang tepat adalah yang paling sesuai dengan skill dan minat karena dengan begitu nantinya bisnis akan lebih mudah dikelola. Jadi, jangan mudah tergiur dengan bisnis musiman.


3. Modal

Jika modalnya kurang, maka bisa mengajak teman atau saudara untuk berbisnis bersama, mencari investor, atau meminjam dana ke orang / tempat terpercaya. 


4. Tempat Bisnis

Jika modal pas-pasan dan rumah kurang strategis sebagai tempat usaha misal, maka bisa mencoba bisnis rumahan yang dipasarkan secara online atau menitipkan produk ke tempat lain.


5. Tidak PD


Tingkatkan rasa percaya diri dengan menambah ilmu dari berbagai sumber termasuk bertanya kepada senior atau ikut seminar. Minta juga dukungan dan doa dari keluarga, lalu tingkatkan skill yang sudah ada.


6. Pekerjaan Utama 


Jika belum siap kehilangan pekerjaan utama, Anda bisa memilih jenis bisnis yang bisa dikerjaan secara fleksibel (tidak menuntut waktu seharian). Tapi bersamaan dengan ini, Anda harus pintar membagi waktu dan pikiran serta energi harus double.


Kendala dalam berwirausaha dan solusinya wajib diketahui dan dipahami agar risiko dari usaha bisa lebih minimal. Jadi, lebih besar peluang untuk sukses dan bisnis juga bisa cepat berkembang.  

0 komentar

Post a Comment