Daftar Referensi Kain Sofa yang Bagus

Author -  Muzaki L

Sofa adalah salah satu perabot rumah yang dimiliki hampir semua orang. Fungsi sofa adalah sebagai tempat duduk, pelengkap, dan juga sebagai penambah keindahan ruangan. Sebelum membeli sofa, penting untuk mengetahui kain sofa yang bagus sebagai bahan bakunya.

Kenapa harus memilih kain sofa yang bagus? Sebab masing-masing kain memiliki karakter yang berbeda. Misalnya saja tentang ketahanan pada noda, kekuatan kain, dan juga gaya hidup pemiliknya. Pemilihan kain yang tepat juga akan berpengaruh pada model sofa yang dipilih.





Daftar Kain Sofa yang Bagus


Jenis bahan sofa yang Anda pilih, dapat berpengaruh pada tingkat kenyamanan dan keawetan sofa. Bukan hanya menampilkan keindahan sofa, namun juga kualitas dari sofa tersebut. bahan apa sajakah yang dapat dipilih untuk pembuatan sofa ini. Simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Mengenal Kain Furing, Fungsi, Jenis, Keunggulan, dan Harganya


1. Katun


Salah satu jenis kain sofa yang bagus adalah kain katun. Bahan ini merupakan material yang paling sering digunakan untuk membuat furniture termasuk sofa. Dengan menggunakan kain katun ini, sofa yang dibuat akan memiliki tekstur yang lembut dan halus.


Kain katun juga lebih tahan lama, dengan tingkat kekuatan yang tinggi. Katun ini memiliki tingkat kerapatan benang, sehingga kualitasnya cukup teruji. Namun kain katun ini juga memiliki kekurangan, yaitu tidak mampu menahan api dan mudah kusut.


2. Linen


Penggunaan kain linen lebih banyak dipakai oleh orang dewasa. Meskipun elegan, namun sulit dibersihkan apabila terkena noda dan lebih mudah berkerut. Bahan linen ini lebih cocok jika tingkat aktivitas dan penggunaannya rendah.


3. Leather


Orang umum lebih mengenal kain ini dengan sebutan bahan kulit. Material ini cukup terkenal sebagai bahan pelapis sofa. Kain ini cukup bagus untuk dipilih karena sifatnya yang tahan terhadap segala situasi. Selain itu, leather juga mudah dibersihkan dan gampang perawatannya.


4. Akrilik


Akrilik merupakan imitasi dari hasil pengembangan bahan wool. Untuk kualitasnya hampir sama dengan bahan wool. Material ini menghasilkan ketahanan yang baik dari berbagai gangguan. Contohnya adalah kotoran, keausan, bahan memudar, dan kerutan.


5. Polyester


Pada umumnya, polyester ditambahkan dengan bahan lainnya sebagai pelapis pada sofa. Bahan ini termasuk dalam kategori polimer, yang dibuat dari campuran asam terafalik dan etilen glikol. Polyester juga menjadi salah satu kain sofa yang bagus.


Keunggulan dari jenis kain polyester ini adalah tidak mudah sobek, awet, dan tidak mudah kusut. Penggunaannya sering dikombinasikan dengan bahan lainnya seperti rayon dan wool. Kain ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki sofa dengan tingkat penggunaan yang tinggi.


6. Nylon


Nylon juga masuk dalam kategori bahan pelapis kain sofa yang paling kuat. Alasannya adalah nylon ini mampu bertahan dari campuran warna kain. Keunggulannya adalah nylon tidak mudah pudar warnanya, sehingga lebih bertahan lama dibanding jenis yang lainnya.


Material nylon juga banyak digunakan sebagai pelapis sofa karena sifatnya yang tidak mudah sobek. Nylon juga memiliki berat yang ringan, tahan terhadap air, anti jamur, serta mudah dicuci. Dengan memilih kain ini akan memudahkan dalam perawatan sofa.


7. Beludru/ Velvet


Karakter dari kain bludru ini adalah memiliki permukaan kain yang berbulu halus. Hal ini akan memberikan kenyamanan ketika Anda duduk di sofa. Beludru dibuat dari material fiber sintetis maupun fiber alami. Kesan mewah juga ditampilkan dari sofa berbahan beludru ini.


8. Vinyl


Alternatif kain sofa yang bagus lainnya adalah bahan vinyl. Keunggulan dari material ini adalah memiliki harga yang cenderung murah, sehingga harga sofa juga akan terjangkau. Memilih kain ini cocok bagi Anda yang ingin melakukan penghematan namun tetap mendapatkan kualitas yang baik.


9. Oscar


Apabila dilihat secara sepintas, karakteristik kain Oscar ini hampir sama dengan material leather. Namun kualitas dari kedua jenis bahan tersebut tentu saja berbeda. Oscar memiliki sifat yang kuat dan lembut, namun tetap menunjukkan kenyamanan ketika digunakan.


10. Olefin


Salah satu bahan untuk sofa yang ramah bagi kulit adalah tipe olefin. Keunggulan dari bahan ini adalah memiliki ketahanan yang baik terhadap noda. Selain itu, olefin juga tahan dari ancaman bahan kimia serta sinar matahari. Bahan olefin ini cocok untuk sofa yang sering digunakan.


11. Wool


Bahan wool adalah bahan pelapis kain yang sangat bagus dalam menahan aneka campuran warna. Wool juga tahan dari kemungkinan warna berubah pudar atau terjadinya kerutan. Kain wool ini sering dicampurkan dengan bahan lain, agar daya tahannya meningkat.


12. Vienna


Kain untuk sofa dari material Vienna ini, hadir dalam beberapa pilihan warna. Hal ini tentu saja memberikan nilai lebih pada estetika sofa. Nilai lebih dari Vienna juga sangat nyaman ketika digunakan untuk melapisi sofa. Daya tahannya kuat sehingga fungsionalitas sofa menjadi maksimal.


13. Sutra


Material ini memiliki tekstur yang sangat lembut. Sayangnya kain sutra ini mudah rapuh, sehingga Anda harus berhati-hati merawat dan menjaga penampilannya tetap baik. Apabila sofa kotor, bersihkan secara profesional dan jangan asal-asalan.


14. Viscose


Kain ini juga sering disebut dengan rayon. Secara umum, rayon hampir mirip dengan kain linen, sutra, dan juga katun. Harga kain viscose ini jauh lebih murah dibandingkan dengan jenis kain yang lainnya. Namun kain ini mudah mengkerut dan mudah terbakar.


15. Chennile


Kain sofa ini terlihat seperti rajutan dengan tekstur pilinan benang yang tebal. Keunggulan dari kain ini yaitu kuat, tidak mudah robek, serta lebih tahan lama. Namun kekurangannya adalah sulit dibersihkan ketika terkena noda. 


Ide Memilih Motif Kain Sofa


Seperti halnya kain pada umumnya, kain sofa yang bagus juga memiliki beberapa motif yang dapat dipilih. Anda bisa menyesuaikan motif kain dengan konsep atau warna ruangan. Hal yang paling penting adalah memilih motif yang sesuai dengan selera. Beberapa ide motif kain sofa yang dapat dipilih antara lain.


1. Kain sofa motif salur



2. Kain sofa motif abstrak





3. Kain sofa motif bulat





4. Kain sofa motif daun


5. Kain sofa motif kembang



6. Kain sofa motif rubix cube





7. Kain sofa motif zigzag





8. Kain sofa motif bulu macan





9. Kain sofa polos




10. Kain sofa motif diamond




11. Kain sofa motif bunga klasik





12. Kain sofa motif kulit jeruk



13. Kain sofa motif hexagon




Memilih sofa baik untuk hunian maupun tempat kerja, pastinya selalu memilih yang terbaik. Agar bisa mendapatkan sofa berkualitas, penting untuk mengetahui kain sofa yang bagus sesuai dengan konsep, ruangan, dan kegunaannya.

0 komentar

Post a Comment