Cara Kirim Barang ke Luar Negeri: Ini Tips Memilih Jasa Ekspedisi

Author -  Admin Pengadaan

Perkembangan teknologi yang semakin maju dan didukung dengan pasar bebas seakan-akan telah menghilangkan sekat-sekat teritorial antar daerah, bahkan antar negara. Transaksi perdagangan barang di zaman modern ini sudah sangat mudah dilakukan. Cara kirim barang ke luar negeri pun sekarang dapat dilakukan dengan hanya duduk dan mengkases aplikasi penyedia jasa kirim barang melalui smartphone.

Saat ini penyedia jasa ekspedisi barang memberikan pelayanan jemput paket ke rumah atau door to door (DTD) agar customer tidak perlu repot mengantarkannya ke kantor ekspedisi.



Tips Memilih Penyedia Ekspedisi yang Memberikan Layanan Kirim Barang ke Luar Negeri


Sebelum masuk ke dalam pembahasan tata cara kirim barang ke luar negeri, berikut ada informasi tips memilih perusahaan ekspedisi agar barang yang Anda kirimkan aman sampai tujuan:

1. Pilih ekspedisi yang mengutamakan customer satisfaction atau kepuasan pelanggan

Saat ini jumlah penyedia jasa ekspedisi cukup banyak, yang tersebar di berbagai wilayah atau kota. Pilihlah perusahaan yang memang benar-benar mengutamakan kepuasan pelanggan. Carilah review atau ulasan yang sudah banyak tersebar di internet terkait dengan perusahaan tersebut.

2. Pilih ekspedisi profesional

Untuk mengetahui apakah sebuah perusahaan ekspedisi tersebut profesional ataukah tidak dapat dilihat dari berapa lama pengalamannya dalam dunia pengiriman barang. Selain itu, Anda juga dapat menanyakannya kepada orang yang sudah pernah memakai jasa ekspedisi tersebut.

Coba tanyakan penawaran layanan apa saja yang disediakan oleh penyedia jasa ekspedisi tersebut. Jika menyediakan berbagai layanan jasa pengiriman, bisa dikatakan perusahaan tersebut cukup profesional.

3. Pilih ekspedisi yang memiliki sistem layanan tracking atau pelacakan paket

Saat ini layanan ekspedisi sudah banyak yang menyediakan tracking paket baik di aplikasi maupun pada webiste penyedia. Fungsi dari sistem ini adalah untuk melacak paket yang dikirim sudah sampai di lokasi mana.

Jika ternyata ekspedisi yang akan Anda pilih tidak memiliki sistem tracking, sebaiknya beralih ke layanan ekspedisi lain.

4. Pilih ekspedisi yang memberikan garansi atau asuransi

Perusahaan ekspedisi terpercaya biasanya menyediakan beragam asuransi dan garansi untuk pengiriman barang. Fungsi dari layanan ini adalah untuk melindungi pengiriman barang, terutama untuk paket ke luar negeri. 

Dengan adanya layanan asuransi pengiriman paket ini juga penting karena membuktikan bahwa barang-barang yang terdapat di dalam paket tersebut telah diasuransikan. Nah, ketika terdapat kerusakan dalam perjalanan, pihak asuransi akan mengganti kerugian tersebut. Jadi, sebaiknya pilihlah perusahaan ekspedisi yang memberikan layanan seperti ini.


Cara Kirim Barang Ke Luar Negeri


Nah, sekarang akan dibahas tata cara kirim barang ke luar negeri yang harus memperhatikan ketentuan-ketentuan yang sudah diatur oleh Pemerintah. Ketentuan tersebut pastinya sudah dipenuhi oleh perusahaan ekspedisi yang sudah mengantongi izin legalitas.

Nah, sebenarnya tugas Anda hanya mengisi data-data dalam dokumen yang diperlukan untuk pengiriman paket ke luar Indonesia. Berikut ini tahapan sederahana dalam proses pengiriman barang ke luar negeri:


1. Siapkan barang yang ingin dikirimkan

Barang yang dikirimkan haruslah bukan barang yang terlarang. Anda perlu menyiapkannya dengan kemudian melakukan pengemasan (packing). Kemasan barang harus sesuai dengan ketentuan yang sudah ada.

2. Pilih perusahaan jasa ekspedisi

Saat ini sudah cukup banyak perusahaan ekspedisi di Indonesia yang menyediakan layanan pengiriman paket ke luar negeri. Anda bisa memilih ekspedisi yang terdekat di sekitar tempat tinggal Anda. 

Pilihlah ekspedisi yang profesional dan terpercaya. Berikut ini adalah daftar ekspedisi yang melayani pengiriman paket ke luar negeri:

  • Pos Indonesia
  • DHL Express
  • TNT Express
  • FedEx
  • United Parcel Service (UPS)
  • JNE International
  • Titipan Kilat (TIKI)


3. Formulir pengiriman paket harus dilengkapi

Lengkapilah dokumen pengiriman barang. Anda harus memastikan informasi yang dituliskan di badan paket sesuai dengan ketentuan yang sudah ada. Tulis alamat tujuan penerima dengan jelas, cantumkan nomor telepon pengirim dan penerima, dan lain sebagainya.

4. Lakukan pembayaran ongkos kirim

Jika sudah ditimbang dan dilakukan penginputan ke dalam sistem, maka langkah selanjutnya adalah Anda harus membayarkan ongkos kirim paket.

5. Minta nomor resi kepada pihak ekspedisi

Ketika sudah dilakukan pembayaran, maka Anda akan menerima nomor resi yang sangat penting untuk dapat digunakan sebagai tracking atau pelacakan terhadap paket yang sedang dikirimkan. 


Biaya Ongkos Kirim dan Estimasi Barang Sampai di Alamat Tujuan




Jika Anda sudah setuju dengan syarat & ketentuan, akan dilakukan penimbangan berat barang sehingga akan didapatkan biaya ongkos kirim yang harus Anda bayarkan nantinya. 

Murah atau mahalnya tarif ongkir ini tergantung dengan kebijakan dan layanan ekspedisi. Tarif ongkir juga berbeda-beda tergantung dengan negara tujuannya. Sebagai contoh, jika Anda mengirimkan paket barang ke negara – negara tetangga seperti Thailand, Singapore atau Malaysia tentunya akan lebih murah jika dibandingkan ke negara Amerika Serikat, Eropa, dan negara di benua lainnya.

Estimasi waktu pengiriman biasanya dapat Anda lihat saat mengecek biaya ongkir. Secara umum untuk pengiriman ke wilayah negara di Asia Tenggara sendiri biasanya hanya memakan waktu 3 – 4 hari kerja. Untuk pengiriman di sekitaran wilayah benua Asia biasanya memakan waktu 5 – 6 hari.

Untuk melakukan pengiriman ke luar benua Asia, pengiriman akan membutuhkan waktu lebih lama, terlebih ketika harus menggunakan layanan pengiriman via laut. Biasanya pengiriman dokumen/ barang dari Jakarta tujuan ke Amerika Serikat saja membutuhkan waktu 1 minggu hingga 2 minggu.



Cara Kirim Barang Ke Luar Negeri Melalui Layanan Pos Indonesia



Pos Indonesia memberikan layanan pengiriman paket barang ke luar negeri. Perusahaan BUMN ini sudah cukup lama menyediakan layanan ini untuk memenuhi kebutuhan customer.

Jika Anda hendak mengirimkan paket barang ke luar negeri dengan menggunakan jasa dari Pos Indonesia, sebaiknya baca dahulu syarat dan ketentuannya seperti yang dijelaskan di bawah ini:

  1. Anda dapat memilih beberapa layanan pengiriman ke luar negeri dari Pos Indonesia dari mulai EMS, QIX (Quick International Express), Paket pos Cepat Internasional, atau pos ekspor. 
  2. Syarat dari negara tujuan adalah termasuk ke dalam jaringan EMS (Express Mail Services).
  3. Anda akan diminta untuk mengisi EMS-5 dalam bahasa Inggris yang harus diisi secara lengkap, jelas dan mudah dibaca.
  4. Packaging harus cukup kuat sesuai dengan sifat isi, kiriman, pola penanganan dan waktu tempuh kiriman.

Setelah semua proses packing dan input data ke dalam sistem selesai, nanti Anda akan menerima dua resi, yaitu resi dalam negeri dan resi luar negeri. Resi dalam negeri berfungsi untuk Anda ketika ingin melakukan checking di website Pos Indonesia. Sedangkan untuk resi luar negeri, bisa Anda berikan ke penerima, sehingga ia dapat melakukan pengecekan resi jika barang sudah sampai di luar negeri. 



Cara Kirim Barang ke Luar Negeri melalui Layanan JNE Internasional


JNE sendiri sebagai perusahaan swasta tidak hanya melayani ekspedisi domestik dan dalam negeri saja, melainkan juga memiliki produk layanan yang dinamakan JNE internasional untuk pengiriman paket barang ke luar negeri. 

Berikut ini informasi dan ketentuan jika Anda ingin melakukan pengiriman paket ke luar negeri melalui layanan JNE, yaitu:

  1. Untuk berat kiriman dengan volume berat sampai dengan 50 kg akan dikenakan biaya jasa packing sebesar Rp. 200.000,00.
  2. Untuk berat kiriman dengan volume berat 50 kg – 100 kg akan dikenakan biaya jasa packing sebesar Rp. 500.000,00.
  3. Untuk berat kiriman dengan volume berat 100 kg – 150 kg akan dikenakan biaya jasa packing sebesar Rp. 700.000,00.
  4. Untuk berat kiriman dengan volume berat di atas 150 kg akan dikenakan biaya jasa packing yang dihitung secara khusus
  5. Extra biaya akan dikenakan jika membutuhkan proses fumigasi, yaitu sebesar Rp. 650.000 per kiriman per CBM.

Itulah ulasan lengkap mengenai cara kirim barang ke luar negeri. Masyarakat sudah dimudahkan dengan hadirnya berbagai jasa ekspedisi yang memberikan tarif yang kompetitif dengan pelayanan yang prima. Anda tidak perlu khawatir ketika ingin mengirim paket barang ke luar negeri, perusahaan ekspedisi akan membantu Anda dengan profesional.

0 komentar

Post a Comment