7 Produk Kerajinan Sabut Kelapa Yang Laris Di Pasaran

Author -  Admin Pengadaan

Sabut kelapa banyak dianggap hanyalah sebagai limbah dari buah kelapa. Kemungkinan yang paling sering dimanfaatkan dari sabut kelapa ini adalah digunakan sebagai bahan bakar. Namun, sabut kelapa sejatinya tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk itu saja. Di tangan orang kreatif, produk kerajinan sabut kelapa dapat diciptakan. 

Bahkan, dari limbah buah kelapa ini dapat dibuat barang-barang yang bernilai ekonomis, estetik, dan fungsional. Sebagai contohnya, sabut kelapa dimanfaatkan sebagai bahan utama untuk produksi pot bunga, keset, sapu, tali, boneka, dan lain sebagainya.


Via IG @trug_and_lettuce/


Seluruh Bagian dari Pohon Kelapa itu Bermanfaat!


Pernahkah Anda mendengar bunyi quotes, “Hidup itu harus seperti pohon kelapa, setiap bagiannya dapat bermanfaat bagi manusia”.

Bahkan, tunas kelapa sendiri digunakan sebagai lambang pramuka. Harapannya seluruh anggota pramuka bisa bermanfaat bagi banyak orang dan bisa hidup atau tinggal di manapun layaknya pohon kelapa.

Adapun bagian-bagian pohon kelapa yang dapat dimanfaatkan, yaitu sebagai berikut:
  • Bagian buah kelapa, yaitu daging dan air buah kelapa dapat dikonsumsi, dibuat bahan makanan dan minuman.
  • Batang pohon kelapa, yaitu dapat dimanfaatkan sebagai bahan konstruksi bangunan rumah, jembatan kayu, dan lain sebagainya.
  • Daun pohon kelapa, yaitu dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembungkus ketupat, dekorasi acara pernikahan, dan lain sebagainya.
  • Bunga pohon kelapa, yaitu dapat dimanfaatkan untuk produk kerajinan membuat topi atau tas, dan untuk pengobatan tradisional
  • Batok dan sabut kelapa, yaitu dapat digunakan untuk membuat kerajinan hingga bahan arang.



Daftar Produk Kerajinan dari Sabut Kelapa


Sabut kelapa memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya cocok untuk dijadikan beberapa produk kerajinan. Strukturnya yang kuat membuat produk kerajinan dari sebut kelapa ini akan lebih awet dan tahan lama.

Selain itu, warna coklat pada sabut kelapa membuatnya terkesan natural sehingga sangat bagus jika ingin membuat kerajinan bertemakan rustic dan vintage.

Karena produk kerajinan dari sabut kelapa ini memiliki nilai ekonomis, maka tak ada salahnya jika dijadikan ladang bisnis, yang bisa menghasilkan uang.

Nah, ide apa saja sih untuk mengubah sabut kelapa menjadi pundi-pundi rupiah? Berikut 6 produk kerajinan dari sabut kelapa yang bernilai ekonomis dan sangat fungsional dalam kehidupan sehari-hari.





1. Keset Sabut Kelapa





Produk kerajinan dari sabut kelapa yang pertama adalah keset. Keunggulan keset yang terbuat dari sabut kelapa adalah dapat mencegah ular masuk rumah, karena ular takut dengan sabut kelapa.

Tersedia berbagai ukuran dan model keset sabut kelapa. Ukuran keset yang semakin besar akan semakin sulit proses pengerjaannya dan sudah barang tentu semakin mahal harganya.



2. Tali Rami dari Sabut Kelapa





Kerajinan dari sabut kelapa selanjutnya adalah tali rami. Produk kerajinan ini biasanya digunakan untuk mengikat kado, hiasan figura foto, aksesoris, tali paper bag, dan lain sebagainya.

Tali rami ini akan memberikan kesan vintage dan natural. 

3. Sapu Sabut Kelapa




Jika sabut kelapa dianggap limbah, maka sejatinya bagian dari buah kelapa ini dapat dibuat menjadi alat pembersih sampah lho. Ya, sabut kelapa dapat diubah menjadi sapu.

Meskipun kualitasnya lebih rendah dari sapu-sapu modern yang terbuat dari bahan plastik sintesis, sapu dari sabut kelapa ini sangat fungsional. Bahan yang digunakan juga termasuk bahan yang lebih ramah lingkungan. Harganya pun lebih murah.


Harga sapu dari sabut kelapa ini dibanderol mulai dari Rp10.000 hingga Rp35.000 saja.


4. Pot Tanaman



Apabila Anda termasuk orang yang suka tanaman, maka tak ada salahnya untuk mempunyai kerajinan dari sabut kelapa ini. Ya, pot tanaman dari sabut kelapa.

Pot ini cocok untuk digunakan pada jenis bunga anggrek. Warna pot sabut kelapa yang natural akan  membuatnya jadi terlihat lebih indah, cantik, dan natural.


5. Media Tanam (Cocopeat) Sabut Kelapa




Selain dapat dibuat menjadi pot tanaman, sabut kelapa juga bisa dijadikan sebagai media tanam. Sebagai pengganti tanah, sabut kelapa menjadi sebagai media tanam hidroponik maupun organik, media pembibitan, hingga pencangkokan tanaman.

Sabut kelapa mengandung klor yang tinggi, sehingga ketika bereaksi dengan air maka akan terbentuk asam klorida. 

Karena tanaman menghendaki kondisi media tanam yang netral maka sebaiknya cuci dahulu untuk mengurangi kadar klor tersebut.

Media tanam dari sabut kelapa ini lebih cocok ketika dicampurkan dengan tanah yang berpasir. Campuran kedua material tersebut akan menghasilkan tanaman yang dapat tumbuh subur. Namun, karena tidak terdapatnya kandungan unsur hara pada media ini, maka dibutuhkan pemupukan untuk memenuhi nutrisi tanaman.


6. Boneka dari Sabut Kelapa


Kerajinan boneka dari sabut kelapa ini sendiri sebetulnya bukanlah barang yang benar-benar baru. Produk kerajinan ini cukup familiar, terutama ketika Anda datang di tempat-tempat wisata. 

Memiliki potensi ekonomi yang cukup besar, kerajinan boneka dari sabut kelapa ini dapat dikembangkan lebih jauh dalam industri kerajinan secara jangka panjang.

Untuk membuat kerajinan boneka dari sabut kelapa dibutuhkan alat dan bahan. Sebenarnya bahan yang digunakan tergantung dengan kreasi yang ingin ditampilkan. Namun, secara umum alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat boneka ini, yaitu:

  • Sabut kelapa dengan kualitas baik
  • Benang wol berbagai macam warna
  • Gunting
  • Manik-manik
  • Cat kayu dan kuasnya
  • Kertas manila berbagai warna
  • Lem tembak dan lem kertas
  • Box kardus
  • Ranting dan hiasan dari daun

7. Bahan Isian Jok Mobil, Sofa, dan Kasur

Selain keenam produk kerajinan dari sabut kelapa di atas, ternyata ada produk yang termasuk bisa dijual dengan harga mahal. Sebagai contohnya adalah sabut kelapa yang digunakan sebagai bahan utama untuk pembuatan jok mobil, sofa, dan kasur. 


Produk-produk kerajinan tersebut bahkan dapat dijual hingga ke mancanegara, seperti ke Tiongkok dan beberapa negara Eropa.



Itulah ulasan mengenai beberapa produk kerajinan dari sabut kelapa yang estetik dan fungsional. Bahan baku sabut kelapa sangat mudah ditemukan dan harganya pun sangat murah. Jadi Anda tinggal membeli bahan pelengkap lainnya untuk membuat produk kerajinan yang Anda inginkan.

0 komentar

Post a Comment