Mengenal Perbedaan Ekspedisi dan Kargo, Ini Tips Menggunakan Jasanya!

Author -  Admin Pengadaan

Pengiriman melalui ekspedisi dan kargo merupakan jenis layanan jasa pengiriman yang paling populer di dunia. Kebanyakan orang menganggap bahwa ekpedisi dan kargo memiliki pengertian yang sama. Padahal perbedaan antara ekspedisi dan kargo sangatlah tegas sehingga pelanggannya dapat memilih menggunakan salah satunya.

Pada dasarnya, kedua jenis jasa pengiriman ini memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk mengirim muatan barang untuk dapat sampai di tempat tujuan dengan aman dan sesuai jadwal. Di Indonesia sendiri perkembangan layanan ekspedisi maupun kargo sangatlah pesat seiring dengan semakin banyaknya orang menggunakan e-Commerce atau marketplace untuk jual beli barang.

Nah, untuk lebih jelasnya berikut akan kami uraikan pengertian ekpedisi dan kargo serta perbedaan keduanya. Selain itu, ada juga penjelasan mengenai keunggulan menggunakan jasa layanan ekspedisi dan trik menggunakan jasa kargo untuk Anda.



Definisi Ekspedisi dan Kargo

Pertama untuk membedakan antara ekspedisi dan kargo haruslah tahu definisinya masing-masing. Berikut adalah pengertian dari ekspedisi dan kargo:

1 Ekspedisi

Layanan ekspedisi adalah pengiriman muatan barang dengan jumlahnya yang terbatas atau sedikit. 

Secara umum ada dua jenis ekspedisi yang biasanya ditawarkan oleh perusahaan jasa pengiriman logistik:

  • Ekspedisi khusus, yaitu jasa pengiriman yang orientasinya ke lokasi tertentu, tim pengiriman khusus, hingga waktu kirim lebih cepat.
  • Ekspedisi regular, yaitu jasa pengiriman barang dengan aturan dan layanan standa, seperti penggunaan armadanya, hingga waktu pengiriman yang membutuhkan 3 sampai 5 hari.


2. Kargo

Beda dengan ekpedisi, kargo adalah jasa pengiriman muatan barang dalam jumlah besar dengan menggunakan armada yang dapat memuat banyak barang.

Konsumen layanan ini biasanya para pelaku usaha ingin mendistribusikan produknya ke berbagai daerah. Pihak penyedia jasa ini akan berkoordinasi dengan berbagai jenis armada transportasi, seperti stasiun kereta api, pelabuhan kapal, airport, dan lain sebagainya.


Perbedaan Layanan Ekspedisi dan Kargo

Via koopman.eu


Dari penjelasan pengertian di atas sebenarnya sudah cukup jelas perbedaan ekspedisi dan kargo. Namun untuk selengkapnya silahkan dibaca poin-poin berikut ini agar semakin paham beda antara jasa ekspedisi dan kargo. 

  • Jumlah muatan/barang

Apabila Anda menggunakan jasa pengiriman ekspedisi maka tidak ada syarat minimal berat. Bahkan barang dengan berat sekecil apapun, misalnya batu apung, juga akan diterima oleh penyedia jasa ini dan akan dikirimkan ke alamat tujuan.

Nah, perbedaanya dengan kargo sudah jelas, di mana kargo mensyaratakan kapasitas barang minimal yang harus dipenuhi oleh konsumennya, yaitu minimal 10 kg atau 50 kg (tergantung perusahaan kargonya). 

  • Tarif yang dikenakan

Perusahaan jasa layanan ekspedisi biasanya memasang tarf berdasakan berat per kilogram. Jadi ketika Anda mengirim paket atau barang dengan berat di bawah 1 kg maka ongkos pengiriman-nya dibulatkan menjadi 1 kg.

Berbeda dengan kargo yang perhitungannya menggunakan sistem berat dan volume. Semakin banyak jumlah kapasitas barang yang dikirim, konsumen akan mendapatkan diskon harga sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dengan menggunakan jasa pengiriman kargo pihak pengirim paket akan dikenai tarif kirimnya yang terbilang lebih murah dibandingkan dengan tarif pengiriman ekspedisi. 


  • Layanan Antar Jemput

Jasa ekpedisi memberikan layanan antar jemput, yaitu dengan cara konsumen mengubungi customer service dan menginformasikan soal jenis paket barang dan lokasi penjemputan. Dengan layanan door to door ini kurir akan menjemput barang tersebut di tempat

Layanan ini akan sangat memudahkan bagi Anda yang tidak punya banyak waktu untuk datang ke kantor penyedia layanan ekspedisi.

Sedangkan jasa pengiriman kargo tidak semua menyediakan layanan antar jemput di tempat sehingga konsumen harus mengantarkannya langsung ke tempat jasa logistik ini untuk kemudian didata, dan selanjutnya masuk ke dalam proses pengiriman.

  • Waktu Pengiriman

Pengiriman untuk ekspedisi standar biasanya tiga hari sampai 5 hari, tergantung dengan lokasi tujuan kirim. Sedangkan untuk ekspedisi ekpress tersedia layanan one day service atau paket dapat sampai dalam waktu satu hari, bahkan di hari yang sama dengan syarat lokasi pengiriman masih dalam kawasan yang sama.

Sedangkan perbedaan ekspedisi dan kargo terkait dengan waktu kirim yaitu kargo membutuhkan waktu lebih lama. Meskipun demikian, layanan diberikan sangat jelas terkait dengan penjadwalannya yang mengikuti jadwal pengantaran barang yang ada di pelabuhan atau stasiun kereta api.

  • Jangkauan

Perbedaan ekpedisi dan kargo soal jangkauan layanannya adalah ekspedisi dapat menjangkau berbagai daerah, bahkan 3T sekalipun, dengan ketentuan wilayah tersebut sudah menjadi rute yang dilewati sehari-hari oleh jasa pengiriman ekspedisi. Sedangkan jangkauan layanan kargo terbatas atau tidak terlalu luas. 

Untuk solusinya, biasanya khusus kawasan tertentu, penerima kargo harus menjemput langsung barang yang dikirim di lokasi terdekatnya.


Keunggulan Menggunakan Jasa Ekspedisi dan Kargo


Adapun keunggulan menggunakan jasa pengiriman barang, baik ekspedisi maupun kargo, dibandingkan Anda harus mengirimkan paket/barang secara mandiri adalah:


1. Lebih Praktis

Jika Anda pelaku bisnis jualan online, maka sangat cocok sekali jika menggunakan jasa ekspedisi dan logistik karena akan membuat proses pengiriman barang menjadi lebih praktis, mudah dan cepat.

Mereka akan bekerja sesuai dengan kompetensinya. Dengan adanya jasa pengiriman ini, maka Anda dapat fokus untuk mengurus hal penting lainnya terkait dengan operasional bisnis. 


2. Keamanan Terjamin

Penyedia jasa ekspedisi dan logistik dalam menjalankan tugasnya akan memberikan jaminan keamanan terhadap paket barang milik konsumennya. Bahkan, tersedia juga garansi untuk mengirimkan paket atau barang-barang berharga yang bisa Anda pilih.

Anda dapat memilih penanganan terbaik untuk barang yang rapuh, seperti menggunakan bubble wrap dan palet kayu.

4. Reputasi Tetap Terjaga dan Kepuasan Pelanggan Meningkat

Jasa ekspedisi dan logistik akan bekerja sesuai dengan jadwal pengiriman barang sehingga dapat membantu untuk meningkatkan reputasi bisnis yang Anda jalankan. Saat ini sudah cukup banyak jasa pengiriman yang terpercaya yang mampu membantu untuk menjaga reputasi bisnis Anda dalam hal pengiriman barang yang aman dan tepat waktu.

Dengan menggunakan jasa ekspedisi yang tepat dan terpercaya tersebut, maka pelanggan yang memesan barang kepada Anda akan merasa puas. Hal ini disebabkan proses pengiriman yang aman dan cepat. Jika sudah demikian, maka dengan mudah kepercayaan dan reputasi bisnis Anda akan semakin bagus dan naik.


5. Meningkatkan Pembelian

Jika Anda menggunaan jasa ekspedisi dan logistik yang profesional dan aman, pastinya akan memberikan efek semakin meningkatnya pembelian. Karena pelanggan sudah percaya bahwa jika order produk di toko Anda, maka pengiriman terjamin dan aman sampai di tujuan.


Tips dan Trik Menggunakan Jasa Layanan Pengiriman Kargo

Pengiriman kargo memang sangat cocok untuk Anda yang biasa melakukan pengiriman dalam jumlah besar, seperti pelaku bisnis grosiran

Jika Anda iengin menggunakan jasa pengiriman kargo namun barang yang akan dikirimkan belum memenuhi kuota minimum berat, maka Anda dapat mengajak partner kerja Anda untuk bergabung sehingga barang yang akan dikirimkan memenuhi persyaratan minimal berat. 

Trik ini juga bermanfaat karena ongkos atau tarif kirimnya pun bisa dibagi dua sehingga jauh lebih murah. 

0 komentar

Post a Comment