Ini Alasan Status On process Paket Barang Tidak Berubah!

Author -  Nidaur Rahmah

Dalam proses pengiriman paket barang kita bisa melakukan tracking untuk melihat status pengirimannya. Salah satu status pengiriman yang banyak ditanyakan oleh pengguna jasa layanan ekspedisi adalah apa itu on process. 

Tak jarang status on process ini membuat gelisah baik bagi si pengirim maupun si penerima, apalagi jika statusnya tidak berubah-ubah meskipun sudah berhari-hari. Mungkin salah satunya adalah Anda yang mengalaminya dan takut paket barang tidak sampai atau barang hilang karena "on process" melulu.




Apa itu Status On process dalam Ekspedisi?


Membeli barang secara online baik melalui marketplace maupun layanan online lainnya memang sudah menjadi kebiasaan masyarakat saat ini, tidak hanya di kota melainkan juga di pedesaan. 

Ketika melakukan transaksi jual beli online, maka tidak bisa terlepas dengan layanan jasa pengiriman ekspedisi untuk mengirim barang yang telah dibelinya. 

Baca juga: Perbedaan Jasa Ekspedisi dan Kargo

Jasa ekspedisi yang terpercaya dan transparan secara umum akan menyediakan layanan tracking yang berguna dan memudahkan konsumen untuk mengecek paket barangnya sudah sampai tujuan ataukah masih dalam proses pengiriman.

Nah, mungkin Anda saat ini Anda masih bertanya-tanya mengenai status pada app tracking yang statusnya masih ‘on process’. Jika dikaitkan dengan layanan pengiriman barang, maka on process berarti ‘barang sedang dalam proses’. Sedangkan ketika barang telah sampai dan diterima oleh penerima barang, otomatis statusnya akan berubah menjadi ‘delivered’.

Dalam pengiriman logistik status on process tersebut akan berubah jika barang telah sampai pada tujuan pengiriman. Perlu diketahui, proses pengiriman barang harus melalui beberapa tahapan. Pertama, konsumen datang ke kantor jasa ekspedisi atau kurir ekspedisi mengambil langsung barang ke rumah konsumen/pengirim. Nah, setelah itu akan didata paket barang tersebut mulai dari ukuran, berat, dan deskripsi barangnya, seperti yang tertera pada gambar berikut:




Setelah pendataan dan penerbitan resi pengiriman, paket barang akan dikirim ke gudang atau warehouse, dan proses yang terakhir adalah diantar ke alamat tujuan.

Nah, pertanyaannya berapa lama sih status ‘on process’ itu akan berubah. Hal ini tentu saja tergantung dengan jenis paket pengiriman yang Anda pilih. Selain itu, juga dipengaruhi oleh alamat lokasi tujuan penerima. Semakin jauh lokasinya, semakin membutuhkan waktu lebih lama untuk barang sampai pada tujuan.

Jadi ketika paket barang yang Anda kirimkan masih berstatus ‘on process’ dalam kurun waktu beberapa hari, jangan terlalu gelisah dan khawatir. Jika status on process tersebut lebih dari perkiraan sampainya barang di alamat tujuan, misalnya perkiraan lama pengiriman adalah 3 hari, namun sudah lebih dari 5 hari barang belum sampai, maka Anda bisa menanyakannya langsung pada pusat pelayanan pelanggan jasa ekspedisi yang Anda pilih.



Ini Beberapa Alasan Status On process Paket Barang Tidak Berubah!

Status On Process JNE Tracking Melalui App Shopee


Status ‘on process’ pada tracking aplikasi jasa ekspedisi tidak berubah-ubah dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu sebagai berikut:

1. Belum Dilakukan Update

Pernahkah Anda mengalami saat membeli barang secara online melaui marketplace ataupun layanan lainnya, selang beberapa hari tiba-tiba paket datang, padahal di dalam status trackingnya barang masih berada di gudang? 

Nah, ini karena pihak ekspedisi belum melakukan updating resi. Hal ini bisa disebabkan oleh lalainya petugas input data ataupun karena sistem sedang mengalami error. 

Jadi ketika status paket pengiriman barang Anda tertulis ‘on process’, bisa jadi karena resi belum diupdate oleh penyedia jasa pengiriman barang.


2. Paket Masih Di Perjalanan

Alasan kedua mengapa status paket barang masih ‘on process’ adalah paket tersebut masih berada di perjalanan. Apalagi jika jarak antara kota pengirim dan daerah lokasi penerimanya sangatlah jauh.

Lamanya proses pengiriman barang juga bisa disebabkan oleh beberapa hal yang menjadi pemicu kendala paket tidak terkirim dengan cepat. Sebagai contoh, cuaca buruk, infrastruktur jalan yang kurang memadai, dan kendala lain yang dialami oleh ekspedisi. 

Oleh karenanya, Anda tidak perlu khawatir dan mengecek berkali-kali pada aplikasi tracking pengiriman barang. Yang terpenting sebelum memutuskan untuk mengirimkan barang dengan jasa ekspedisi, maka pilihlah penyedia jasa pengiriman yang terpercaya dan berkualitas.

0 komentar

Post a Comment