Mengenal Liasion Officer, Tugas dan Tanggung Jawab, Serta Skill yang Dibutuhkan

Author -  Admin Pengadaan

Liaison officer adalah seseorang yang dipekerjakan untuk membentuk hubungan kerja antara dua organisasi sehingga antara keduanya memiliki hubungan yang baik. Peran Liasion Officer sangatlah luas, mereka dapat bekerja di sektor publik atau swasta. Tanggung jawab dan tugasnya seringkali berbeda-beda tergantung pada perusahaan atau organisasi tempat mereka bekerja.

Untuk lebih memahami apa itu Liaison officer, yuk baca selengkapnya mengenai pengertian, tugas dan tanggung jawab, skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang liasion officer, dan keuntungnnya berikut ini.



Pengertian Liaison Officer (LO)

Pengertian Liaison Officer adalah profesi yang bertugas dan bertanggung jawab menjadi penengah hubungan antara perusahaan/organisasi satu dengan yang lain. Anda mungkin menemukan Liaison Officer yang bekerja di departemen hubungan masyarakat di sebuah perusahaan. Adalah peran mereka untuk berkomunikasi dengan publik atau organisasi lain atas nama perusahaan atau organisasi mereka. 

Sementara itu dalam struktur kepanitian sebuah acara, LO memiliki peran untuk mengorganisasi kegiatan dalam sebuah acara. Ia bertugas menyambut tamu, menanyakan keperluan dan kebutuhan pembicara tamu atau narasumber, kemudian LO yang bertugas menyampaikan ke tim panitia.


Tugas dan Tanggung Jawab Liaison Officer




Apakah Anda adalah orang yang sangat terorganisir? Apakah Anda bangga menjadi orang yang pandai dan mampu memecahkan masalah secara kreatif? Mungkin Anda cocok untuk menjadi seorang Liasion officer yang mana tugas dan tanggung jawabnya adalah sebagai berikut:

  • Berkomunikasi dengan publik atas nama perusahaan atau organisasi.
  • Menjalin komunikasi antara organisasi profesional lainnya, komunitas, dan vendor produk.
  • Menyampaikan siaran pers atau media di forum publik.
  • Meneliti dan menulis laporan dan korespondensi lainnya untuk memfasilitasi komunikasi.
  • Mengelola dan menilai data yang berkaitan dengan operasi perusahaan.
  • Membantu briefing perusahaan.
  • Bekerja sama dengan departemen lain untuk membantu komunikasi.
  • Bertemu dengan orang-orang dari agensi, perusahaan, atau organisasi lain.
  • Membina hubungan positif dengan profesional lain di industri.



Skill dan Pengetahuan yang Dibutuhkan untuk Menjadi Liaison Officer

Kriteria yang harus dipenuhi jika seseorang ingin menjadi liasion office adalah harus memiliki skill berikut ini:

1. Memiliki Keterampilan dalam Melayani Pelanggan

Seorang liasion officer harus memiliki rasa empati atau peka terhadap lingkungan. Dengen begitu, ia akan memberikan pelayanan yang prima kepada pelanggan.

Selain itu, skill yang dibutuhkan adalah sabar dan mampu tetap tenang meskipun dalam kondisi yang stressfull.

Pekerjaan liasion officer ini banyak berhubungan dengan melibatkan permasalahan konflik. Apakah ini di dalam perusahaan atau ada hubungannya dengan klien perusahaan. Sangat penting untuk memiliki keterampilan mengatasi konflik yang sangat baik sebagai liasion office, untuk menangani potensi masalah yang mungkin timbul.

2. Memiliki Keterampilan Komunikasi dan Public Speaking yang Baik

Untuk menjadi liasion officer yang baik, Anda harus memiliki keterampilan komunikasi yang sangat baik dan keinginan yang kuat untuk menciptakan proses dan prosedur yang menguntungkan perusahaan.

Sebagian besar dari banyak peran liasion officer adalah berbicara di depan umum. Baik itu berbicara dengan perusahaan tempat mereka bekerja secara internal atau berbicara langsung kepada publik. Sangat penting bahwa mereka memiliki keterampilan yang diperlukan untuk berhasil menyampaikan pesan. Keterampilan tersebut dapat mencakup:

  • Suara yang jernih
  • Kontrol suara yang bagus
  • Kontak mata
  • Sikap percaya diri namun santai
  • Bahasa yang mudah dipahami


3. Berwawasan Luas

Seorang liasion officer sebaiknya memiliki wawasan yang luas. Dengan modal tersebut, akan membantunya saat berkomunikasi dengan orang lain. Jika wawasannya luas, maka ia dengan mudah dapat mencairkan suasana sehingga terjadi impresi dan emosi yang nyaman dengan lawan bicara.


4. Problem-solving

Liasion Officer pastinya akan sering menghadapi masalah dalam menjalankan tugas sehari-hari, di mana mereka membutuhkan pemecahan. Mereka harus bertanggung jawab penuh atas hal ini, jadi mereka harus pandai mencari cara untuk menyelesaikan masalah. Jenis masalah yang mungkin muncul seringkali berbeda-beda tergantung pada organisasi tempat mereka bekerja.

5. Mudah Bergaul Dan Menciptakan Rasa Nyaman

Yap, skill liaison officer selanjutnya adalah memiliki kemampuan untuk mudah bergaul. Sulit rasanya jika liaison officer adalah pribadi yang anti sosial dan kaku dengan lingkungan sekitarnya. Bukannya tidak bisa, namun akan membutuhkan effort yang lebih dan tentu saja hal ini akan mempengaruhi kinerjanya sehingga tidak maksimal.


Keuntungan Menjadi Liaison Officer


Selain mendapatkan gaji yang sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya, seorang liaison officer bakal mendapatkan keuntungan lain seperti berikut ini:

1. Memperluas Networking 

Keuntungan yang akan didapat jika Anda menjadi liaison officer adalah semakin luasnya networking yang Anda miliki. Nah, kesempatan ini dapat Anda manfaatkan untuk membangun bisnis atau peluang pekerjaan lain.

2. Mengasah Kemampuan Komunikasi 

Kemampuan komunikasi merupakan skill yang perlu diasah. Dengan bekerja sebagai liasion officer, Anda akan berinteraksi dan berkomunikasi dengan banyak orang baru, tentu saja hal ini membuat kemampuan komunikasi Anda bakalan meningkat. 

Selain itu, Anda pun akan belajar tentang kepribadian dan karakter orang secara tidak langsung juga loh. 

3. Rasa Percaya Diri Semakin Meningkat

Keuntungan selanjutnya adalah mampu meningkatkan rasa percaya diri Anda ketika tampil di depan umum. Setiap kali Anda berinteraksi dengan orang lain, akan mampu meningkatkan wawasan Anda mengenai hal baru dan secara tidak langsung rasa percaya diri Anda akan semakin meningkat karena wawasan yang semakin luas.

4. Membentuk Citra Diri Positif 

Keuntungan menjadi liaison officer adalah mampu membentuk citra diri positif. Hal ini tergantung dengan kinerja Anda. Jika kinerja Anda positif, sudah pasti orang lain menilai Anda sebagai orang yang baik. 

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu liaison officer, tugas dan tanggung jawabnya jika Anda berkecimpung di liaison officer, skill yang dibutuhkan dan keuntungan yang akan didapat. Pekerjaan ini sangatlah menarik karena akan menambah wawasan dan membawa Anda ke hal-hal yang baru.

0 komentar

Post a Comment